Di Tangan Gibran dan Wishnutama, Lokananta Bakal Disulap Jadi Ruang Kreatif untuk Anak Muda Solo
Logo BeritaSatu

Di Tangan Gibran dan Wishnutama, Lokananta Bakal Disulap Jadi Ruang Kreatif untuk Anak Muda Solo

Kamis, 4 Maret 2021 | 22:13 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / IDS

Solo, Beritasatu.com - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengajak mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio untuk membicarakan masa depan Studio Lokananta Solo.

Mengaku belum ada rencana pasti, namun Gibran mengemukakan alasannya mengajak Wishnutama ke studio rekaman tertua Indonesia itu.

"Belum ada rencana apa-apa ini. Baru mau lihat, makanya saya bawa senior kita Pak Wishnutama biar melihat potensi di Kota Solo itu seperti apa. Beliau kan ahlinya" kata Gibran dalam keterangan yang diterima Beritasatu, Kamis (4/3/2021).

Namun Gibran menegaskan bahwa ia ingin segera membangun ruang ruang publik kreatif untuk anak muda Solo. Lokananta dinilainya tepat karena memiliki narasi yang kuat sebagai pusat budaya pada zamannya. Hanya perlu dilakukan upgrade agar studio bersejarah itu sesuai dengan zaman sekarang.

Sementara Wishnutama yang juga merupakan komisaris utama Telkomsel, mengaku dirinya diajak Gibran untuk melihat potensi yang bisa dibangun di kota Solo, khususnya di bidang digital dan ekonomi kreatif.

"Saya diundang Mas Gibran, untuk melihat salah satu potensi ke depan yang bisa dibangun di Kota Solo. Dan saya melihat, ini (Lokananta) kan bisa menjadi ruang baru buat generasi muda di Indonesia. Menurut saya cocok sekali dijadikan sandbox" ujar Tama, sapaan akrab Wishnutama.

Sandbox adalah sebuah pusat inkubasi yang melahirkan startup-startup baru. Biasanya diisi oleh anak anak muda yang berbakat, memiliki gagasan, pekerja keras dari berbagai latar belakang, baik teknologi, desain, bisnis dan pemasaran. Di Indonesia, istilah sandbox sendiri mulai popular saat drama Korea serial berjudul “Startup” viral.

Ia mencontohkan, salah satunya adalah untuk pusat ajang adu inovasi kreativitas yang bisa dikembangkan di Kota Solo. Bisa juga menjadi tempat pertemuan investor dan lainnya.

Menurut Tama, ada beberapa potensi yang bisa diimplementasikan di studio musik yang dibangun 29 Oktober 1956 itu.

Selain dimanfaatkan sebagai sandbox, creative hub, atau pusat UMKM kreatif, ruang-ruang yang ada juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kreatif lainnya. Tama mengaku baru pertama kali mengunjungi Lokananta, sehingga akan mempelajari terlebih dulu.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

KTP Elektronik Bukan Bukti Kepemilikan Atas Tanah

Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau (KTP-El) bukan bukti kepemilikan atas tanah atau lahan.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Paspor AS Milik Orient Kedaluwarsa, Dirjen Dukcapil: Bukan Kesimpulan Saya

Paspor Amerika Serikat (AS) milik Bupati Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), terpilih Orient Patriot Riwu Kore sudah kedaluwarsa.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Garuda Sediakan Tes Antigen Gratis untuk Penumpang Rute Domestik

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia meluncurkan program layanan rapid test antigen gratis bagi seluruh penumpang rute domestik.

NASIONAL | 4 Maret 2021

IPB Kampus Terbaik di Asia Tenggara Bidang Pertanian dan Kehutanan

IPB terbaik di Asia Tenggara di bidang Pertanian dan Kehutanan, peringkat ke-62 di dunia berdasarkan QS World University Ranking by Subject 2021.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Layanan Panggilan Darurat 112 Raih Penghargaan CCW

Layanan panggilan darurat 112 meraih penghargaan dalam ajang ContactCenterWorld (CCW) Top Ranking Performance Competition Tahun 2020 untuk tingkat dunia.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Jasa Marga Luncurkan Aplikasi Travoy 3.0 Penuhi Kebutuhan Pengguna Jalan

PT Jasa Marga meluncurkan aplikasi Travoy 3.0 sebagai asisten digital yang membuat perjalanan di jalan tol menjadi lebih aman dan nyaman.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Pemerintah Sedang Susun Jadwal Penerimaan ASN dan Guru PPPK

Pemerintah tengah susun penerimaan aparatur sipil negara (ASN) dan guru dengan skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

NASIONAL | 4 Maret 2021

BPK Puji Program Akselerasi Transformasi Digital Kemkominfo

Program transformasi digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menuai apresiasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

NASIONAL | 4 Maret 2021

Pelanggaran Mantan Direksi AISA Diungkap OJK

Terdakwa dengan sengaja menuliskan enam perusahaan afiliasi sebagai pihak ketiga dalam laporan keuangan AISA tahun 2017.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Pusat Peraga Iptek Mulai Aktifkan Layanan Pembelajaran Digital

Menristek menyebut digitalisasi adalah transformasi konsep science center dari konvensional menjadi virtual.

NASIONAL | 4 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS