IPB Kampus Terbaik di Asia Tenggara Bidang Pertanian dan Kehutanan
Logo BeritaSatu

IPB Kampus Terbaik di Asia Tenggara Bidang Pertanian dan Kehutanan

Kamis, 4 Maret 2021 | 20:46 WIB
Oleh : Vento Saudale / JAS

Bogor, Beritasatu.com - Lembaga pemeringkatan QS kembali merilis QS World University Ranking by Subject 2021. Institut Pertanian Bogor (IPB) terbaik di Asia Tenggara di bidang Pertanian dan Kehutanan, peringkat ke-62 di dunia.

Pada tahun ini sebanyak 51 bidang keilmuan (subject) yg dievaluasi dengan 4 indikator, yaitu academic reputation, employer reputation, citation, dan h-index.

IPB menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara di bidang Pertanian dan Kehutanan (Agriculture and Forestry), menduduki peringkat ke-62 dunia, lebih tinggi dibandingkan Kasetsart University (63), Nanyang Technological Singapore (71), University Putra Malaysia (80).

Rektor IPB, Arif Satria menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada seluruh warga institusinya atas capaian prestasi ini.

"Selamat, prestasi ini sungguh luar biasa. Terima kasih atas kerja keras seluruh warga IPB University sehingga kita bisa ada di posisi ini pada tahun ini," katanya Kamis (4/3/2021).

Pihaknya berharap semua pihak terkait untuk terus bersemangat meningkatkan prestasi dan reputasi, sehingga peringkat IPB semakin meningkat.

"Growth mindset kita perkuat agar terus optimistis untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu," ungkap Arif.

Secara keseluruhan nilai (total score) IPB di bidang Pertanian dan Kehutanan tahun ini 71,3 lebih tinggi dibandingkan tahun lalu (70,8).

Kenaikan ini terutama karena adanya peningkatan signifikan pada skor employer reputation dari 81,3 menjadi 86,1 dan juga skor citation dari 62,5 menjadi 72,0. Hasil penilaian ini memperlihatkan kinerja akademik dan lulusan IPB dinilai sangat baik.

Sementara, Wakil Rektor bidang Internasionalisasi, Kerja Sama dan Hubungan Alumni, Dodik R Nurrochmat mengatakan, QS World University Ranking adalah salah satu sistem pemeringkatan universitas dunia yang menjadi rujukan utama berbagai perguruan tinggi di dunia, termasuk Indonesia.

"Pada tahun ini dari sekitar 5.500 perguruan tinggi, ada 1.000 perguruan tinggi yang masuk dalam daftar pemeringkatan. Di antaranya ada delapan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dari Indonesia," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa tahun ini, IPB juga mencatatkan lagi satu bidang keilmuan yang masuk dalam pemeringkatan, yaitu Ekonomi & Ekonometrika.

"Sehingga menjadi empat bidang keilmuan yang masuk pemeringkatan (Pertanian dan Kehutanan, Biologi, Ilmu Lingkungan, dan Ekonomi & Ekonometrika)," katanya.

IPB juga mendapat peringkat ke 601-620 dalam bidang Ilmu Biologi (Biological Science), peringkat 351-400 dalam bidang Ilmu Lingkungan (Environmental Science) dan menjadi yang terbaik di Indonesia, peringkat 401-450 dalam bidang Economics and Econometrics yang merupakan terbaik ketiga di Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Layanan Panggilan Darurat 112 Raih Penghargaan CCW

Layanan panggilan darurat 112 meraih penghargaan dalam ajang ContactCenterWorld (CCW) Top Ranking Performance Competition Tahun 2020 untuk tingkat dunia.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Jasa Marga Luncurkan Aplikasi Travoy 3.0 Penuhi Kebutuhan Pengguna Jalan

PT Jasa Marga meluncurkan aplikasi Travoy 3.0 sebagai asisten digital yang membuat perjalanan di jalan tol menjadi lebih aman dan nyaman.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Pemerintah Sedang Susun Jadwal Penerimaan ASN dan Guru PPPK

Pemerintah tengah susun penerimaan aparatur sipil negara (ASN) dan guru dengan skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

NASIONAL | 4 Maret 2021

BPK Puji Program Akselerasi Transformasi Digital Kemkominfo

Program transformasi digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menuai apresiasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

NASIONAL | 4 Maret 2021

Pelanggaran Mantan Direksi AISA Diungkap OJK

Terdakwa dengan sengaja menuliskan enam perusahaan afiliasi sebagai pihak ketiga dalam laporan keuangan AISA tahun 2017.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Pusat Peraga Iptek Mulai Aktifkan Layanan Pembelajaran Digital

Menristek menyebut digitalisasi adalah transformasi konsep science center dari konvensional menjadi virtual.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Kasus Nurdin Abdullah, KPK Amankan Rp3,5 Miliar Pecahan Rupiah dan Mata Uang Asing

Total uang yang diamankan dari penggeledahan itu masing-masing Rp1,4 miliar, US$10 ribu, dan S$190 ribu.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Warga Kerap Diminta Fotokopi E-KTP, Ini Dugaan Dirjen Dukcapil

Zudan Arif Fakrulloh merespons soal banyak warga yang kerap diminta fotokopi e-KTP untuk urusan birokrasi.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Kemdikbud: Operator Harus Siap 24 Jam Layani Keluhan Terkait Bantuan Kuota Internet

Pasalnya, operator telah terikat kontrak dengan Kemdikbud untuk mendukung peserta didik dan pendidik dalam memanfaatkan bantuan kuota.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Pernah Gagal di Indonesian Idol, Billy Mambrasar Justru ke Istana Negara

Billy Mambrasar mengaku sempat mengalami depresi karena langkahnya terhenti di 30 besar ajang pencarian bakat Indonesian Idol pada 2006.

NASIONAL | 4 Maret 2021


TAG POPULER

# Sepeda Motor Masuk Tol


# Pemerasan Wali Kota


# KRI Nanggala


# Universitas Nusa Mandiri


# Larangan Mudik



TERKINI

Satgas Tak Anjurkan WNI Pulang ke Indonesia pada Masa Pandemi

KESEHATAN | 53 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS