BPK Puji Program Akselerasi Transformasi Digital Kemkominfo
Logo BeritaSatu

BPK Puji Program Akselerasi Transformasi Digital Kemkominfo

Kamis, 4 Maret 2021 | 20:21 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Program transformasi digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menuai apresiasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Anggota III BPK Achsanul Qosasi mengapresiasi kinerja Kemkominfo dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur digital sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, hasil pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT) Menkominfo beserta jajaran berhasil karena dilihat dari backbone serat optik di seluruh Indonesia saat ini sudah tersedia.

“(Membangun infrastruktur TIK) bukan kerja yang mudah, itu pasti kerja dengan begitu banyak fitnah, begitu banyak isu, begitu banyak tantangan di lapangan terutama di kawasan-kawasan yang daerahnya tidak seperti pulau Jawa,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Kamis (4/3/2021).

Achsanul juga mengapresiasi capaian lainnya seperti pembangunan Base Transceiver Station (BTS) sampai di daerah terpencil, program Digital Talent Scholarship (DTS) untuk pengembangan talenta digital, serta program lainnya.

“Bapak (Menkominfo) tidak hanya menyiapkan platform tapi juga menyediakan aplikasi, bahkan kontennya juga disiapkan. Itu kan bagian dari partisipasi Menkominfo kepada negara, yang dibiayai oleh negara dan dilaksanakan secara cepat,” imbuhnya.

Diketahui, Kemkominfo telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) empat kali berturut-turut sejak tahun 2016 dari BPK. Pada Agustus lalu, BPK menyerahkan opini WTP atas Laporan Keuangan Kemkominfo tahun 2019 kepada Menkominfo Johnny G. Plate.

Menurut Menkominfo Johnny, penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan syarat mendorong masyarakat untuk bermigrasi dari ruang fisik ke ruang digital. Di saat yang bersamaan, upaya tersebut perlu diukur dengan aspek akuntabilitas dan hasil capaian kinerja.

“Kominfo mempunyai tugas untuk menyiapkan semua sarana dan prasarana infrastruktur yang memungkinkan migrasi itu berjalan dengan baik dan cepat, ini tentu tidak mudah,” kata Johnny.

Ia menambahkan, dalam membangun infrastruktur TIK khususnya di wilayah terdepan, terluar dan terpencil (3T), terdapat sejumlah tantangan. Misalnya, tantangan geografi. Namun meski dihadapkan banyak tantangan, seluruh pengabdian sivitas Kemkominfo merupakan komitmen yang tidak akan dipisahkan dari capaian yang juga harus didukung dengan dua indikator akhir.

“Yang pertama adalah pekerjaan kita akuntabilitasnya harus bisa dipertanggungjawabkan, akuntabilitas dan prudennya proses itu dari apa? Dari laporannya BPK, laporan itu yang menentukan bahwa itu dilaksanakan dengan baik," kata Johnny.

Capaian kedua, lanjutnya, adalah output atau hasil dari seluruh program Kementerian Kominfo dirasakan oleh masyarakat. Ia mengibaratkan ketika membangun bendungan yang berkualitas baik tapi ketika air tidak sampai di sawah, maka bendungan itu tidak ada gunanya.

“Demikian pula Kominfo, kita boleh bersama operator seluler membangun backbone besar-besaran kalau signal tidak tersedia maka tidak ada gunanya. Air sampai di sawah belum tentu rakyat bisa panen dengan berhasil, signal sampai di pemukiman rakyat belum tentu bisa dimanfaatkan dengan baik, masih ada tugas-tugas lanjutannya yang luar biasa yang harus kita lakukan,” tandas Johnny.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pelanggaran Mantan Direksi AISA Diungkap OJK

Terdakwa dengan sengaja menuliskan enam perusahaan afiliasi sebagai pihak ketiga dalam laporan keuangan AISA tahun 2017.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Pusat Peraga Iptek Mulai Aktifkan Layanan Pembelajaran Digital

Menristek menyebut digitalisasi adalah transformasi konsep science center dari konvensional menjadi virtual.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Kasus Nurdin Abdullah, KPK Amankan Rp3,5 Miliar Pecahan Rupiah dan Mata Uang Asing

Total uang yang diamankan dari penggeledahan itu masing-masing Rp1,4 miliar, US$10 ribu, dan S$190 ribu.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Warga Kerap Diminta Fotokopi E-KTP, Ini Dugaan Dirjen Dukcapil

Zudan Arif Fakrulloh merespons soal banyak warga yang kerap diminta fotokopi e-KTP untuk urusan birokrasi.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Kemdikbud: Operator Harus Siap 24 Jam Layani Keluhan Terkait Bantuan Kuota Internet

Pasalnya, operator telah terikat kontrak dengan Kemdikbud untuk mendukung peserta didik dan pendidik dalam memanfaatkan bantuan kuota.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Pernah Gagal di Indonesian Idol, Billy Mambrasar Justru ke Istana Negara

Billy Mambrasar mengaku sempat mengalami depresi karena langkahnya terhenti di 30 besar ajang pencarian bakat Indonesian Idol pada 2006.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Sulsel Raih TPAKD Award , Plt Gubernur: Penghargaan Ini untuk Nurdin Abdullah

Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Award 2020.

NASIONAL | 4 Maret 2021

P2G Sayangkan Penurunan Drastis Bantuan Kuota Internet Kemdikbud

Saat ini, kuota turun hingga 60% dibandingkan dengan kuota sebelumnya.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Selama Pandemi, 500.000 Lebih Persidangan Virtual Dijalankan Kejaksaan

Pandemi tidak membuat hak para pencari keadilan terganggu. Sudah merupakan tugas Kejaksaan menjaga hak para pencari keadilan.

NASIONAL | 4 Maret 2021

BPPT Kembangkan Empat Teknologi Pendukung Mitigasi Gempa dan Tsunami

Empat teknolgi dalam mitigasi gempa dan tsunami yang dikembangkan BPPT adalah Ina Buoy, Ina CBT, Ina Cat, dan PEKA Tsunami.

NASIONAL | 4 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS