Pusat Peraga Iptek Mulai Aktifkan Layanan Pembelajaran Digital
Logo BeritaSatu

Pusat Peraga Iptek Mulai Aktifkan Layanan Pembelajaran Digital

Kamis, 4 Maret 2021 | 19:46 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / IDS

Jakarta, Beritasatu.com – Situasi pandemi Covid-19 mendorong adaptasi dalam segala hal termasuk ilmu pengetahuan. Itulah sebabnya, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP Iptek), yaitu layanan publik dalam bidang pembelajaran sains di bawah Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek), memulai digitalisasi agar lebih mudah diakses terutama oleh generasi muda.

“Digitalisasi science center merupakan sebuah transformasi konsep science center dari konvensional menjadi virtual. Hal ini memberikan kemudahan bagi masyarakat terutama generasi muda di manapun berada untuk mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa harus datang langsung,” kata Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dalam webinar nasional bertajuk “Digital Science Center Sebagai Alternatif Praktik Sains di Era 4.0” yang diadakan PP Iptek, Kamis (4/3/2021).

Menristek menyebut digitalisasi adalah transformasi konsep science center dari konvensional menjadi virtual. Menurutnya, digitalisasi science center adalah sebuah langkah tanggap pandemi yang tepat dan cepat dari PP Iptek sebagai science center di bawah naungan Kemenristek/BRIN.

Transformasi tersebut harus mendorong penerapan kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), meningkatkan pemakaian produk dalam negeri, serta mendorong penguasaan teknologi digital mutakhir oleh semua anak bangsa.

“Dalam proses transformasi digital saya menekankan bahwa implementasinya juga harus menumbuhkan kedaulatan dan kemandirian digital yang merupakan prinsip penting transformasi digital Indonesia,” kata Bambang.

Direktur PP Iptek, Mochammad Syachrial Annas menjelaskan, PP Iptek berupaya secepat mungkin melakukan transformasi menjadi science center dengan layanan berbasis digital. Transformasi digital PP Iptek melahirkan beberapa layanan digital baru guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk tetap dapat mengakses Iptek setiap saat.

“Melalui layanan digital PP Iptek yang baru yakni aplikasi PP Iptek virtual dan Science E-Trip akan menjadi solusi bagi permasalahan pembelajaran sains di masyarakat saat ini,” kata Syachrial.

Menurutnya, pandemi Covid-19 menyelipkan berkah karena PP Iptek bisa mempercepat penyediaan fasilitas berbasis digital berupa aplikasi PP Iptek Virtual.

“Layanan digital ini kami sajikan untuk melengkapi model pembelajaran sains sehingga dengan kondisi saat ini anak didik dan masyarakat luas tetap dapat mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi secara online,” lanjut Syachrial.

Webinar nasional terkait digitalisasi PP Iptek diharapkan dapat memberi pengetahuan dan inspirasi baru kepada peserta dalam mengembangkan model-model praktik pembelajaran sains jarak jauh (virtual). Masyarakat khususnya sekolah juga diharapkan semakin memanfaatkan layanan-layanan digital PP Iptek.

PP Iptek sebagai science center dan wahana pembelajaran Iptek bagi masyarakat Indonesia khususnya generasi muda, semakin memiliki peran strategis dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kasus Nurdin Abdullah, KPK Amankan Rp3,5 Miliar Pecahan Rupiah dan Mata Uang Asing

Total uang yang diamankan dari penggeledahan itu masing-masing Rp1,4 miliar, US$10 ribu, dan S$190 ribu.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Warga Kerap Diminta Fotokopi E-KTP, Ini Dugaan Dirjen Dukcapil

Zudan Arif Fakrulloh merespons soal banyak warga yang kerap diminta fotokopi e-KTP untuk urusan birokrasi.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Kemdikbud: Operator Harus Siap 24 Jam Layani Keluhan Terkait Bantuan Kuota Internet

Pasalnya, operator telah terikat kontrak dengan Kemdikbud untuk mendukung peserta didik dan pendidik dalam memanfaatkan bantuan kuota.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Pernah Gagal di Indonesian Idol, Billy Mambrasar Justru ke Istana Negara

Billy Mambrasar mengaku sempat mengalami depresi karena langkahnya terhenti di 30 besar ajang pencarian bakat Indonesian Idol pada 2006.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Sulsel Raih TPAKD Award , Plt Gubernur: Penghargaan Ini untuk Nurdin Abdullah

Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Award 2020.

NASIONAL | 4 Maret 2021

P2G Sayangkan Penurunan Drastis Bantuan Kuota Internet Kemdikbud

Saat ini, kuota turun hingga 60% dibandingkan dengan kuota sebelumnya.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Selama Pandemi, 500.000 Lebih Persidangan Virtual Dijalankan Kejaksaan

Pandemi tidak membuat hak para pencari keadilan terganggu. Sudah merupakan tugas Kejaksaan menjaga hak para pencari keadilan.

NASIONAL | 4 Maret 2021

BPPT Kembangkan Empat Teknologi Pendukung Mitigasi Gempa dan Tsunami

Empat teknolgi dalam mitigasi gempa dan tsunami yang dikembangkan BPPT adalah Ina Buoy, Ina CBT, Ina Cat, dan PEKA Tsunami.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Danone Dukung Kemdikbud Pemberian Akses Pendidikan Anak Selama Pandemi

Danone Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendukung Kemdikbud dalam pemberian akses pendidikan pada anak selama pandemi.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Wapres: Tahun Ini Pemerintah Angkat 1 Juta Guru Baru

Pemerintah akan melakukan rekrutmen terhadap 1,3 juta aparatur sipil negara (ASN) yang baru pada tahun 2021.

NASIONAL | 4 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS