Warga Kerap Diminta Fotokopi E-KTP, Ini Dugaan Dirjen Dukcapil
Logo BeritaSatu

Warga Kerap Diminta Fotokopi E-KTP, Ini Dugaan Dirjen Dukcapil

Kamis, 4 Maret 2021 | 19:04 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Direktur Jenderal (dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Zudan Arif Fakrulloh merespons informasi soal KTP elektronik atau e-KTP. Secara khusus, hal itu terkait banyak warga yang kerap diminta fotokopi e-KTP untuk urusan birokrasi. Penggunaan e-KTP dibandingkan dengan uang elektronik atau e-money yang begitu simpel.

Zudan menduga lembaga yang meminta fotokopi, belum bekerja sama dengan Direktorat Jenderal (ditjen) Dukcapil, dan belum menggunakan card reader. Sebab, lazimnya sudah ada beberapa lembaga yang tidak memakai fotokopi e-KTP.

“Kalau ada lembaga yang meminta fotokopi, saya menduga belum kerja sama dengan Dukcapil. Jadi masih kerja manual,” kata Zudan, Kamis (4/3/2021).

“Coba lihat contoh urusan di BPJS Kesehatan, itu kan sudah tidak minta lagi. KTP-el (e-KTP) sudah dibaca dengan card reader. Sebagian besar bank seperti Bank BRI, Bank BCA, Bank Mandiri, BNI itu sudah tidak menggunakan fotokopi lagi,” tegas Zudan.

Zudan menuturkan verifikasi tamu yang datang ke kantor Kemdagri di Jalan Merdeka Utara, termasuk Ditjen Dukcapil di Jalan Pasar Minggu, hanya perlu tap layaknya e-money.

“Kalau datang ke kantor Kemdagri, sudah di-tap seperti itu,” ungkap Zudan.

Zudan menjelaskan, e-KTP sudah dilengkapi cip yang berisi data kependudukan.

“Cip dalam KTP elektronik itu bisa terbaca hanya dengan men-tap di card reader,” kata Zudan.

Zudan menambahkan, ada tiga cara untuk proses verifikasi e-KTP.

“Pertama dengan NIK. Kedua, akses biometrik berupa foto dan sidik jari. Ketiga menggunakan alat baca yang bernama card reader,” ungkap Zudan.

“Jadi kalau lembaga-lembaga sudah menggunakan tiga cara itu, maka tidak perlu fotokopi. Jadi kalau ada bank sudah membuka data nasabah akses NIK, dia nggak perlu fotokopi. Lembaga sudah menggunakan sidik jari atau sidik wajah, dia enggak perlu fotokopi. Atau yang ketiga tadi, pakai card reader,” imbuh Zudan.

Zudan menambahkan, fungsi utama e-KTP dengan NIK yakni untuk penunggalan data. Dengan begitu, penduduk tidak terdata lebih dari satu kali.

“Data ini bisa diakses oleh lembaga-lembaga untuk penunggalan data. Mereka melakukan verifikasi dengan mencocokkan NIK. Sudah ada 2.851 lembaga yang sudah bekerja sama dengan Dukcapil,” ucap Zudan.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kemdikbud: Operator Harus Siap 24 Jam Layani Keluhan Terkait Bantuan Kuota Internet

Pasalnya, operator telah terikat kontrak dengan Kemdikbud untuk mendukung peserta didik dan pendidik dalam memanfaatkan bantuan kuota.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Pernah Gagal di Indonesian Idol, Billy Mambrasar Justru ke Istana Negara

Billy Mambrasar mengaku sempat mengalami depresi karena langkahnya terhenti di 30 besar ajang pencarian bakat Indonesian Idol pada 2006.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Sulsel Raih TPAKD Award , Plt Gubernur: Penghargaan Ini untuk Nurdin Abdullah

Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Award 2020.

NASIONAL | 4 Maret 2021

P2G Sayangkan Penurunan Drastis Bantuan Kuota Internet Kemdikbud

Saat ini, kuota turun hingga 60% dibandingkan dengan kuota sebelumnya.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Selama Pandemi, 500.000 Lebih Persidangan Virtual Dijalankan Kejaksaan

Pandemi tidak membuat hak para pencari keadilan terganggu. Sudah merupakan tugas Kejaksaan menjaga hak para pencari keadilan.

NASIONAL | 4 Maret 2021

BPPT Kembangkan Empat Teknologi Pendukung Mitigasi Gempa dan Tsunami

Empat teknolgi dalam mitigasi gempa dan tsunami yang dikembangkan BPPT adalah Ina Buoy, Ina CBT, Ina Cat, dan PEKA Tsunami.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Danone Dukung Kemdikbud Pemberian Akses Pendidikan Anak Selama Pandemi

Danone Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendukung Kemdikbud dalam pemberian akses pendidikan pada anak selama pandemi.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Wapres: Tahun Ini Pemerintah Angkat 1 Juta Guru Baru

Pemerintah akan melakukan rekrutmen terhadap 1,3 juta aparatur sipil negara (ASN) yang baru pada tahun 2021.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Sulsel Akan Jadi Wilayah Percontohan Katalog Elektronik

Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menjadi wilayah percontohan katalog dan marketplace elektronik.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Resmikan Kompleks Untirta Banten, Jokowi: Kampus Harus Jadi Menara Air

Perguruan tinggi harus memfungsikan diri sebagai menara air dimana hasil penelitian maupun inovasi-inovasi yang dihasilkan bisa dirasakan oleh masyarakat.

NASIONAL | 4 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS