Hasto: PDIP Siap Jadi Tuan Rumah Dialog Partai Politik Asia - Afrika
Logo BeritaSatu

Hasto: PDIP Siap Jadi Tuan Rumah Dialog Partai Politik Asia - Afrika

Kamis, 4 Maret 2021 | 09:22 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan kesiapan partainya untuk menjadi tuan rumah dialog partai politik se-Asia dan Afrika.

"Dialog partai politik lintas benua ini merupakan ajakan untuk membangun peradaban dan perdamaian yang bermartabat. Ini sebagai langkah lanjut yang sejalan dengan semangat Dasa Sila Bandung," kata Hasto, dalam keterangannya, Kamis (4/3/2021).

Dasa Sila Bandung adalah hasil Konferensi Asia Afrika (KAA) 1955 yang digagas oleh Bung Karno dan para pendiri bangsa, yang menyatukan negara-negara di Asia dan Afrika untuk bersatu-padu dan lepas dari penjajahan dan kolonialisme.

Kesiapan itu sudah disampaikan Hasto ketika menerima serta berdiskusi dengan Duta Besar Suriah Abdul Mu’nim Annan, yang berlangsung di kantor DPP PDI Perjuangan, di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2021) sore.

Dalam pertemuan itu, Hasto didampingi oleh Ahmad Basarah (Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri), Zuhairi Misrawi (Calon Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi), Helmy Fauzi (mantan Duta Besar Indonesia untuk Mesir), Hanjaya (Direktur Luar Negeri), dan Helmy (Direktorat Luar Negeri).

Sementara itu, Dubes Annan menyatakan PDIP adalah partai yang memiliki roh ideologis dan berakar kuat di masyarakat. Dubes Annan yakin bahwa PDIP, sebagai partai yang berkuasa saat ini, akan mampu membawa Indonesia menjadi negara yang kuat dan turut terlibat aktif di kancah diplomasi Internasional.

Dubes Annan juga menyampaikan tawaran kerjasama dan undangan kepada Ketua Umum Megawati Soekanoputri, untuk berkunjung ke Damaskus. Dubes memastikan bahwa Damaskus aman untuk dikunjungi.

Soal keamanan Suriah, Dubes Annan menyampaikan keluhan soal media massa yang cenderung melakukan distorsi pemberitaan terhadap situasi yang sebenarnya di Suriah.

“Kondisi Suriah tahun 2010 adalah Suriah yang modern dengan 65% kelas menengah. Pendidikan, kesehatan, air dan lainnya disediakan secara gratis oleh pemerintah. Semua itu hancur ketika tahun 2011 terjadi konflik dan perang saudara.” papar Dubes Annan.

Hasto Kriatiyanto menyatakan pihaknya menyambut baik tawaran kerjasama yang disampaikan. PDIP terbuka untuk bekerjasama dalam kerangka Party to Party Cooperation sebagai upaya bersama membangun peradaban.

Kata Hasto, merjasama antar partai ini dapat dielaborasi lebih lanjut meliputi: pelatihan kepemimpinan dan manajemen, kunjungan persahabatan, dan dialog antar pimpinan partai. "Kami juga menawarkan bantuan partai untuk menjembatani komunikasi dengan pemerintah Indonesia," ujar Hasto.

Hasto juga sempat menceritakan kondisi Indonesia kepada Dubes Annan. Menurut Hasto, demokrasi saat ini tidak mencerminkan praktik demokrasi yang sesuai dengan Pancasila.

"Maka adalah tugas PDI Perjuangan untuk membumikan Pancasila, sehingga Pancasila tidak hanya sekedar jargon, tapi menjadi living ideology yang hidup dan berkembang di tengah rakyat,” pungkas Hasto.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kuota Belajar Berlanjut, Dana BOS Majemuk Lebih Afirmatif

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melanjutkan kebijakan bantuan kuota data internet selama tiga bulan dimulai dari bulan Maret 2021.

NASIONAL | 4 Maret 2021

Bupati Dogiyai Bantu Korban Konflik Intan Jaya

Bupati Dogiyai, Papua, Yakobus Dumupa, Rabu (3/3/2021) memberikan bantuan berupa beras dua ton untuk pengungsi konflik di Kabupaten Intan Jaya.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Khofifah: Capaian Vaksinasi Jawa Timur Tertinggi di Indonesia

Menurut Khofifah, penerapan PPKM ikut berkontribusi dalam menurunkan angka penyebaran Covid-19 di Jatim.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Pandemi Ajarkan Masyarakat Disiplin Jalankan Hidup Sehat

Pandemi Covid-19 mengajarkan kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin menjalankan hidup sehat dan bersih.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Resmikan IPAL di Kota Batu, Dirjen PPKL: Ini yang Terbaik di Indonesia

Karliansyah menegaskan pembangunan IPAL adalah bentuk upaya mewujudkan lingkungan yang baik dan bersih di Indonesia.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Polri Tersangkakan 6 Laskar FPI yang Tewas di KM 50

Bareskrim Polri menetapkan enam anggota laskar FPI yang tewas tertembak di tol Jakarta-Cikampek KM 50, Karawang, Jawa Barat, sebagai tersangka

NASIONAL | 3 Maret 2021

Soal Papua Ingin Merdeka, Ini Jawaban Bupati Teluk Bintuni

Petrus mengatakan, dengan merdeka secara ekonomi maka aset-aset kekayaan alam di Papua, dapat dikuasai oleh orang asli Papua untuk kepentingan pembangunan.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Perkuat Keandalan Sistem Jawa-Bali, PLN Bangun GITET 500 KV di Indramayu

Guna memperkuat keandalan sistem kelistrikan Jawa-Bali, PLN tengah membangun GITET 500 kV di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

NASIONAL | 3 Maret 2021

Kasus Asabri, Kejagung Sita Tiga Mobil hingga Puluhan Jam Mewah Milik Tersangka Jimmy Sutopo

Kejagung) terus mengejar aset para tersangka dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana Investasi di Asabri

NASIONAL | 3 Maret 2021

Kemdikbud Minta Guru dan Siswa Manfaatkan Bantuan Kuota Secara Bijak

Bantuan kuota diharapkan bisa mengoptimalkan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang saat ini dijalani oleh satuan pendidikan.

NASIONAL | 3 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS