Abupi Jateng Sambut Antusias Rencana Kemhub Bangun 1.301 Pelabuhan
Logo BeritaSatu

Abupi Jateng Sambut Antusias Rencana Kemhub Bangun 1.301 Pelabuhan

Minggu, 28 Februari 2021 | 13:37 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (Abupi) Koordinator Wilayah Jawa Tengah (Korwil Jateng) menyambut antusias rencana Kementerian Perhubungan (Kemhub) yang akan membangun 1.301 pelabuhan.

Ketua Abupi Korwil Jateng Mindo H Sitorus mengungkapkan, pelabuhan merupakan penggerak perekonomian nasional dan sebagai titik simpul jaringan tranportasi laut sekaligus sebagai pintu gerbang perdagangan regional dan internasional.

"Kebijakan pelabuhan nasional yang disampaikan menhub (menteri perhubungan) pada peringatan HUT ke-6 Abupi lebih diarahkan pada upaya mendorong investasi swasta, mendorong persaingan pemberdayaan dan peran penyelenggara pelabuhan, serta mewujudkan sistem operasi pelabuhan yang aman dan terjamin tentu kita sambut positif dan dukung secara optimal," ujar Mindo dalam keterangannya, Minggu (28/2/2021).

Mindo siap mendukung tiga kebijakan menhub terkait pengembangan pelabuhan nasional, yakni bagaimana bisa mendorong investasi swasta yang friendly; mendorong persaingan pemberdayaan melalui peran penyelenggaraan pelabuhan secara profesional; serta mewujudkan sistem operasi pelabuhan yang aman, nyaman, dan terjamin keberlangsungan bisnis.

Sinergi
Mindo menegaskan, kesiapan anggota Abupi bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui sinergi dengan Pemprov Jateng dalam pengembangan lima pelabuhan terbaik, yakni pelabuhan yang berlokasi di Semarang, Kendal, Rembang, Brebes, dan Blora.

Mindo mengajak, semua pemangku kepentingan terkait di sektor maritim untuk tetap optimistis dan mengutamakan semangat gotong-royong dengan melakukan kolaborasi guna mempercepat pemulihan perekonomian nasional di saat Indonesia telah melaksanakan program vaksinasi nasional dalam rangka melawan pandemi Covid-19.

"Pengembangan lima pelabuhan di Jateng dapat menggunakan skema konsorsium antara pemprov/pemkab/pemkot, BUMN, BUMD, dan swasta. Dengan skema konsorsium, dikonkretkan sharing saham masing-masing di dalamnya sehingga diharapkan dari sisi permodalan dan perizinan pengembangan pelabuhan kian cepat. Dengan begitu asa untuk pemulihan dan kebangkitan ekonomi pun tercapai secara cepat,” jelas dia.

Mindo mengingatkan, upaya pemulihan perekonomian juga akan melalui proses yang panjang. Peran pelabuhan menjadi sangat penting dan perlu adanya sinergitas di antara pemangku kepentingan, kepelabuhanan, pelayaran, logistik, dan political will dari pemerintah untuk memastikan transaksi perdagangan berjalan lancar. Dengan begitu rantai pasok pasokan dan permintaan kebutuhan pokok rakyat akan selalu terjaga.

"Di sinilah pentingnya Pemprov Jateng membangun lima pelabuhan, agar roda perekonomian bisa segera pulih dan ketika manajemen rantai pasok efektif, dapat menurunkan biaya keseluruhan perusahaan dan meningkatkan profitabilitas. Jika satu tautan rusak, itu dapat memengaruhi sisa rantai pasok dan bisa mahal biayanya," ujar Mindo.

Kolaborasi
Saat ini, lanjut Mindo, salah satu konsesi yang sedang berproses adalah Pelabuhan Rembang Terminal Sluke. Sejak 2007, Bangun Arta Group melalui PT Pelabuhan Rembang Kencana telah mengembangkan pelabuhan ini dan kini bakal berkolaborasi dengan pemda dan BUMD setempat.

“Pelabuhan Rembang Terminal Sluke sedang menuju konsesi. Konsep kolaborasi itu bisa kita terapkan di Pelabuhan Kendal, dan juga pelabuhan lainnya,” jelas Mindo.

Direktur Utama PT Pelabuhan Rembang Kencana ini berharap dalam tiga bulan ke depan pihaknya bersama pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dapat membuat hasil konkret mengenai rencana pengembangan Pelabuhan Rembang Terminal Sluke.

Mindo memastikan saat ini Pelabuhan Rembang Terminal Sluke sedang melalui proses pengapalan barang yang nilainya sudah mencapai jutaan ton. Hal itu tentunya turut mendongkrak perekonomian dan daya beli masyarakat setempat serta multiplier effect-nya sangat berpengaruh signifikan bagi pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya sangat berharap agar Abupi dan asosiasi lainnya dapat makin meningkatkan komitmennya untuk terus melahirkan berbagai inovasi terkait aktivitas bisnis. Pemerintah juga berkeinginan meningkatkan kinerja saling sinergis di situasi sulit akibat dampak pandemi Covid-19.

"Ini yang pada akhirnya akan berkontribusi terhadap perekonomian nasional," ungkap Menhub Budi Karya.

Selain asosiasi, Budi Karya juga mengajak kepada para pemangku kepentingan terkait lainnya untuk meningkatkan sinergi bersama pemerintah, khususnya dalam rangka memajukan sektor pelabuhan di Indonesia sehingga impian Ibu Pertiwi untuk memiliki pelabuhan yang berdaya saing dapat terealisasi dalam waktu dekat.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Gubernur Bali Ajak Masyarakat Dukung Program Vaksinasi Covid-19

Wayan Koster mengatakan, masyarakat tidak perlu takut untuk divaksinasi, sebab ia telah membuktikan manfaat vaksin.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Polisi Tangkap Pembakar Lahan di Pontianak

Tersangka diduga membakar lahan miliknya supaya menjadi bersih dan dapat digunakan untuk bercocok tanam, namun api meluas hingga ke lahan milik orang lain.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gubernur Sulsel Khianati Kepercayaan Rakyat dan Penghargaan Antikorupsi

Diketahui, KPK menetapkan Nurdin Abdullah bersama Sekretaris Dinas PUPR Pemprov Sulsel, Edy Rahmat dan Direktur PT Agung Perdana Bulukumba, Agung Sucipto.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gowes Bareng PDI Perjuangan, Eriko: Cara Partai Dekatkan Diri ke Masyarakat di Tengah Pandemi

Eriko mengatakan Gowes Bareng PDI Perjuangan ini masih dalam rangkaian peringatan HUT Ke-48 PDIP yang pelaksanaannya sejak Januari sampai Mei 2021 mendatang.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Perhutanan Sosial Dorong Desa Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi lokasi pilot project model pengembangan wilayah terpadu dengan basis hutan sosial.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gowes Bareng PDI Perjuangan, Hasto: Banggakan Sepeda Ontel Kakeknya

Saat bersepeda, Hasto diiringi juga oleh anggota DPR Deddy Yevri Sitorus, dan sekitar 20-an orang kader PDIP yang semuanya memakai atribut merah.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Pengamat: Perlu Edukasi Publik untuk Ciptakan Dunia Maya yang Sehat

Masyarakat bisa lapor atau bertanya kepada akun resmi kepolisian apakah konten yang dibuat melanggar UU ITE atau tidak.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Jadi Tersangka Suap dan Gratifikasi, Nurdin Abdullah Mengaku Ikhlas Jalani Proses Hukum

Kepada awak media, Nurdin mengklaim tak tahu menahu mengenai transaksi suap antar Agung dan Edy yang merupakan orang kepercayaannya.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Ada Tawar-menawar Fee Proyek untuk Nurdin Abdullah

Saat itu Nurdin mengatakan yang penting operasional kegiatan Nurdin tetap bisa dibantu oleh AS.

NASIONAL | 28 Februari 2021

5 Anak Keracunan Makanan Pesta Ulang Tahun Dirawat di RSMM Timika

Saat acara pesta ulang tahun berlangsung, tuan rumah menyediakan hidangan berupa nasi kuning.

NASIONAL | 28 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS