Polisi Tangkap Pembakar Lahan di Pontianak
Logo BeritaSatu

Polisi Tangkap Pembakar Lahan di Pontianak

Minggu, 28 Februari 2021 | 13:26 WIB
Oleh : JEM

Pontianak, Beritasatu,com - Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menangkap seorang tersangka pembakar lahan di wilayah Kelurahan Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Pontianak, berinisial SB (41).

"Tersangka diamankan, Sabtu (27/2) tidak jauh dari lokasi tanah miliknya tersebut dan dibawa ke Mapolda Kalbar guna proses hukum selanjutnya," kata Kasubdit 4 Tipiter Ditreskrimsus Polda Kalbar AKBP Sardo Mangatur Pardamean Sibarani dalam keterangan tertulisnya di Pontianak, Minggu (28/2/2021).

Tersangka diduga membakar lahan miliknya supaya menjadi bersih dan dapat digunakan untuk bercocok tanam, namun api meluas hingga ke lahan milik orang lain.

"Setelah membakar lahan miliknya yang berukuran 10 x 20 meter, tersangka meninggalkan lokasi sehingga api merembet hingga ke lahan milik orang lain di sekitarnya dengan luas kebakaran sekitar lima hektare," kata Sardo.

Pembakaran lahan tersebut terjadi pada Senin (22/2/2021) lalu, dan tersangka membakar lahan tersebut dengan korek api gas dan karet ban bekas ban dalam sepeda motor.

"Saat di lokasi tersangka melilitkan karet ban dalam ke satu batang kayu kecil, kemudian karet itu dibakar dan saat api menyala tersangka masukkannya ke dalam tumpukan akar pakis yang telah ditumpuknya di atas tunggu kayu akasia yang telah ia potong-potong sebelumnya,” jelasnya.

Kemudian, tersangka meninggalkan lahan yang dibakarnya hingga meluas ke lahan warga lain, dan menyebabkan kabut asap dampak terbakarnya lahan gambut di kawasan Jalan Wak Sidiq, Gang Amali, di Kecamatan Pontianak Tenggara tersebut.

Tersangka SB salah seorang warga Jalan Sungai Raya Dalam, Gang Syukur II No. 02, Desa Sungai Raya, Kecamatan, Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, yang kini sedang menjalani proses pemeriksaan.

Sebelumnya, Pemkot Pontianak telah menetapkan status siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dampak dalam seminggu terakhir Februari 2021 telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di sejumlah lokasi sehingga mulai menyebabkan kabut asap di kota itu.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, mengatakan saat ini pihaknya tengah membentuk Tim Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla di Kota Pontianak.

"Dalam tim tersebut akan melibatkan unsur TNI/Polri, Pemkot Pontianak, masyarakat mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan hingga tingkat RT/RW, termasuk pemadam kebakaran swasta," katanya.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Gubernur Sulsel Khianati Kepercayaan Rakyat dan Penghargaan Antikorupsi

Diketahui, KPK menetapkan Nurdin Abdullah bersama Sekretaris Dinas PUPR Pemprov Sulsel, Edy Rahmat dan Direktur PT Agung Perdana Bulukumba, Agung Sucipto.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gowes Bareng PDI Perjuangan, Eriko: Cara Partai Dekatkan Diri ke Masyarakat di Tengah Pandemi

Eriko mengatakan Gowes Bareng PDI Perjuangan ini masih dalam rangkaian peringatan HUT Ke-48 PDIP yang pelaksanaannya sejak Januari sampai Mei 2021 mendatang.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Perhutanan Sosial Dorong Desa Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menjadi lokasi pilot project model pengembangan wilayah terpadu dengan basis hutan sosial.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Gowes Bareng PDI Perjuangan, Hasto: Banggakan Sepeda Ontel Kakeknya

Saat bersepeda, Hasto diiringi juga oleh anggota DPR Deddy Yevri Sitorus, dan sekitar 20-an orang kader PDIP yang semuanya memakai atribut merah.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Pengamat: Perlu Edukasi Publik untuk Ciptakan Dunia Maya yang Sehat

Masyarakat bisa lapor atau bertanya kepada akun resmi kepolisian apakah konten yang dibuat melanggar UU ITE atau tidak.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Jadi Tersangka Suap dan Gratifikasi, Nurdin Abdullah Mengaku Ikhlas Jalani Proses Hukum

Kepada awak media, Nurdin mengklaim tak tahu menahu mengenai transaksi suap antar Agung dan Edy yang merupakan orang kepercayaannya.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Ada Tawar-menawar Fee Proyek untuk Nurdin Abdullah

Saat itu Nurdin mengatakan yang penting operasional kegiatan Nurdin tetap bisa dibantu oleh AS.

NASIONAL | 28 Februari 2021

5 Anak Keracunan Makanan Pesta Ulang Tahun Dirawat di RSMM Timika

Saat acara pesta ulang tahun berlangsung, tuan rumah menyediakan hidangan berupa nasi kuning.

NASIONAL | 28 Februari 2021

Dua Awak KM Uty Star Ditemukan di Pantai Kasuari Asmat, 4 Masih Dicari

Operasi pencarian terhadap awak KM Uty Star telah ditutup sejak Senin (22/2/2021).

NASIONAL | 28 Februari 2021

Kronologi OTT Nurdin Abdullah

Sekitar pukul 21.00 WIB, IF kemudian mengambil koper yang diduga berisi uang dari dalam mobil milik AS dipindahkan ke bagasi mobil milik ER di Jalan Hasanuddin

NASIONAL | 28 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS