Jokowi Luncurkan Program Konektivitas Digital dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Covid-19
Logo BeritaSatu

Jokowi Luncurkan Program Konektivitas Digital dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 26 Februari 2021 | 10:39 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Program Konektivitas Digital 2021 dan Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional Covid-19 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Menkominfo Johnny G Plate menandatangani sampul hari pertama Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional Covid-19.

"Dalam lima tahun terakhir ini, pemerintah telah bekerja keras membangun konektivitas nasional kita. Selain melalui tol laut, melalui jaringan rel kereta api, pembangunan jalan tol, pembangunan jalan-jalan di perbatasan, pembangunan bandara, pembangunan pelabuhan-pelabuhan, kita juga membangun konektivitas digital yang menghubungkan seluruh pelosok Nusantara melalui tol langit," kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, pembangunan ini dilakukan pemerintah bukan untuk kepentingan ekonomi semata, tetapi untuk merangkai negara Indonesia yang sangat besar dan terdiri atas ribuan pulau.

"Untuk mempercepat pelayanan pendidikan, untuk mempercepat pelayanan kesehatan, untuk mendukung sinergi budaya Nusantara dan tentu saja, untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan kita sebagai sebuah bangsa besar," ujarnya.

Disebutkan, pembangunan konektivitas digital dan talent digital telah diupayakan pemerintah melalui berbagai program, penyediaan kapasitas satelit multifungsi pemerintah (Satria), pembangunan menara-menara BTS, Program Digital Talent Scholarship, dan Gerakan Nasional Literasi Digital.

"Saya mengapresiasi semua pihak, terutama Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang telah bekerja keras. Namun saya mempunyai beberapa catatan," katanya.

Menurut Kepala Negara, utilisasi Satelit Palapa Ring harus ditingkatkan. "Jangan hanya 50% saja. Utilisasi di Indonesia Tengah dan Timur yang masih sekitar 20%. Ini harus digenjot terus," kata Kepala Negara.

Peranan Lebih
Presiden Jokowi meminta Kementerian dan Kominfo agar keberadaan Palapa Ring tidak hanya berperan sebagai backbone, tetapi harus memainkan peranan lebih.

"Tidak hanya berhenti di situ tetapi harus tersambung sampai ke rumah tangga agar investasi besar di Palapa Ring segera bisa dimanfaatkan seluruh rakyat kita dan sangat dibutuhkan dalam masa pandemi seperti sekarang ini," kata Presiden Jokowi.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan, program Konektivitas Digital 2021 adalah program strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional saat pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 telah menunjukkan pentingnya digitalisasi, terutama dalam memastikan bahwa tata kelola, kegiatan ekonomi, dan pendidikan dapat bertahan pada waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya ini.

Sedangkan Peluncuran Prangko Seri Gerakan Vaksinasi Nasional Covid-19 merepresentasikan Indonesia yang dengan cepat dan sigap memerangi Covid-19, melalui vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat agar mendapatkan kekebalan komunal atau herd immunity.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pandeglang Diguncang Gempa Magnitudo 5,1

Sejauh ini, belum ada laporan terkait korban maupun kerusakan akibat gempa tersebut.

NASIONAL | 26 Februari 2021

Tanoto Student Research Award 2021 Dorong Generasi Muda Berinovasi

Mendorong inovasi di lingkungan perguruan tinggi guna meningkatkan kualitas SDM dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

NASIONAL | 26 Februari 2021

Istri Ketua MK Meninggal Dunia

Almahumah akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sela Pajang Jaya, Kota Tangerang, bada salat Jumat.

NASIONAL | 26 Februari 2021

Dilantik Langsung Kerja, Gibran: Kami Bukan Orang Kantoran

Bekerja tidak harus dimulai Senin, tetapi seusai dilantik.

NASIONAL | 26 Februari 2021

Daring, Ganjar Lantik Gibran sebagai Wali Kota Surakarta

Gubernur Jateng berada di Gedung Gradhika Bhakti Praja kompleks Kantor Gubernur.

NASIONAL | 26 Februari 2021

Wapres Ajak Dunia Akademi Lawan Disrupsi Informasi Covid-19

Ma’ruf Amin mendorong seluruh akademisi, khususnya di perguruan tinggi negeri, untuk berinovasi dan mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi disrupsi informasi

NASIONAL | 26 Februari 2021

Tani Center IPB Gelar Pelatihan Menulis

Acara pelatihan menulis siaran pers ini diikuti sebanyak 80 peserta yang berasal dari petani, mahasiswa, pendamping desa, ASN, dan sebagainya.

NASIONAL | 25 Februari 2021

Menag: Pendidikan Agama Islam Harus Perkuat Moderasi Agama

Lembaga pendidikan termasuk perguruan tinggi memiliki peran dan fungsi yang penting untuk menyemai prinsip-prinsip keagamaan yang moderat.

NASIONAL | 25 Februari 2021

Aktivis: Bijak Bermedsos Tidak Cukup dengan Regulasi

Hal itu demi membangun iklim dan ruang dunia maya menjadi sehat dan beradab.

NASIONAL | 25 Februari 2021

Telkom University Gelar Bedah Buku "PR Crisis"

Tugas utama PR adalah membantu perusahaan bisa tetap bertahan atau sustain.

NASIONAL | 25 Februari 2021


TAG POPULER

# Pembelajaran Tatap Muka


# Anggaran Covid-19


# Edhy Prabowo


# Ayu Dyah Andari


# Anggota Brimob Tewas



TERKINI

Forum Pemuda Kebangsaan: Capres 2024 Harus Lahir dari Figur Kepala Daerah Teruji

POLITIK | 12 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS