Uji Covid-19, GeNose Resmi Digunakan di Stasiun KA dan Rumah Sakit di Yogyakarta
Logo BeritaSatu

Uji Covid-19, GeNose Resmi Digunakan di Stasiun KA dan Rumah Sakit di Yogyakarta

Rabu, 10 Februari 2021 | 15:33 WIB
Oleh : Jeis Montesori / JEM

Yogyakarta, Beritasatu.com - GeNose, alat deteksi Covid-19 melalui hembusan nafas telah diterapkan di stasiun-stasiun kereta api (KA) seperti Stasiun KA Tugu, Yogyakarta dan Stasiun KA Pasar Senen, Jakarta.

Produk inovasi berbasis hidung elektronik pendeteksi Volatile Organic Compound ini, mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan pada Desember 2020 lalu, digunakan sebagai alat screening Covid-19 bagi penumpang kereta api jarak jauh di wilayah Pulau Jawa oleh Satgas Penanganan Covid-19. Hal itu berdasarkan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri di Masa Pandemi Covid-19.

Selain di beberapa stasiun kereta api, masyarakat yang ingin melalukan tes Covid-19 dengan menggunakan GeNose produksi UGM, kini dapat mengunjungi beberapa rumah sakit di Yogyakarta.

Salah satu tim Pengembang GeNose UGM, dr Dian Kesumapramudya mengatakan, tes GeNose bisa dilakukan di RS Bhayangkara Yogyakarta dan RSUP dr Sardjito Yogyakarta. Menyusul berikutnya, RSA UGM, RS DKT Dr. Soetarto, RSPAU dr. S. Hardjolukito, dan RS Lapangan Khusus Covid Bambanglipuro Bantul.

Soal tarif, dr Dian mengungkapkan, kepada tiap orang yang tes dengan GeNose, bergantung dari masing-masing lokasi yang menentukannya.

UGM tidak menetapkan tarif khusus ketika berkerja instansi untuk pemasangan GeNose. “Dari KAI kemarin untuk sekali tes biayanya Rp 20.000. Sementara yang lain kurang tahu, tetapi kisarannya paling Rp 20.000 hingga Rp 50.000 saja,” terangnya, Rabu (10/02/2021).

Dikatakan, GeNose segera digunakan di seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia, khususnya yang bergerak di alur penanganan Covid-19.

“Untuk memasukan GeNose di alur penanganan Covid memang tidak mudah dan membutuhkan penelitian lebih lanjut serta validasi eksternal. Kini kami masih berjuang untuk hal itu,” paparnya.

Oleh karena itu, Dian berharap dukungan dari instansi berwenang serta masyarakat agar proses tersebut berjalan lancar.
"Tes menggunakan GeNose, sifatnya murah, tidak invasif, dan mudah.

GeNose sangat diperlukan untuk melakukan screening Covid-19. Bisa mendeteksi kasus positif dengan cepat sehingga bisa melakukan penanganan, seperti isolasi lebih awal,” katanya.

Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM, Hargo Utomo menambahkan, biayanya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan tes rapid antigen dan PCR, yakni Rp 20 ribu rupiah untuk calon penumpang KA. Di Stasiun Tugu Yogya tersedia enam alat GeNose.

Pada setiap bilik yang terpusah, terdapat petugas yang akan memberikan penjelasan serta instruksi yang harus diikuti oleh calon penumpang untuk mengembuskan napas ke dalam kantong.

Harapannya, dengan GeNose, seseorang akan lebih mudah mengetahui kondisi tubuhnya, juga dengan biaya yang relatif terjangkau untuk semua kalangan.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Putuskan Kontrak, Garuda Tak Akan Bayar Lagi Sewa 12 Pesawat CRJ1000

Garuda Indonesia memutus sepihak kontak sewa 12 pesawat Bombardier tipe CRJ1000 dengan penyedia sewa Nordic Aviation Capital (NAC) per 1 Februari 2021.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Pembahasan RUU Pemilu Tidak Dilanjutkan

Komisi II DPR bersepakat tidak melanjutkan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu.

NASIONAL | 10 Februari 2021

DPR Setujui 3 Hakim Ad Hoc Mahkamah Agung

Rapat Paripurna DPR menyetujui 3 nama hakim ad hoc pada Mahkamah Agung (MA).

NASIONAL | 10 Februari 2021

Dihukum 10 Tahun atas Skandal Joko Tjandra, Jaksa Pinangki Belum Putuskan Banding

Sebelumnya, Jaksa menuntut agar Pinangki dihukum 4 tahun pidana penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Beri Bantuan Gempa Majene, DrW Sasar Lokasi Pelosok Desa

DrW Skincare bersama tim medis Hilal Ahmar Yogyakarta mendatangi Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, untuk memberikan bantuan secara langsung.

NASIONAL | 10 Februari 2021

DPR Sahkan Komisioner Ombudsman Masa Jabatan 2021-2026

Rapat Paripurna DPR, di gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/2/2021), mengesahkan 9 komisioner Ombudsman masa jabatan 2021-2026.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Polda Kalbar Siapkan Pengamanan Perayaan Imlek dan Cap Go Meh

target Operasi Liong Kapuas 2021 ialah menempatkan personel pada setiap titik-titik vital dan mengawal perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Mustika Ratu Berikan Bantuan Suplemen Herbal ke Pusat Krisis Kesehatan Kemkes

Mustika Ratu sebagai wellness holistic company berkomitmen untuk selalu mendukung pola hidup bersih dan sehat dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

NASIONAL | 10 Februari 2021

Azis Syamsuddin Jelaskan Mekanisme Pencabutan RUU Pemilu dari Prolegnas

Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin menegaskan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu dapat dicabut dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.

NASIONAL | 10 Februari 2021

KPK Sita Dokumen Terkait Gratifikasi Pejabat Kota Batu

"Pada para saksi tersebut dilakukan penyitaan barang bukti, di antaranya berbagai dokumen terkait perkara ini," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri

NASIONAL | 10 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS