Awal Februari, Uji Coba Belajar Tatap Muka Tingkat SMA/SMK di Bengkulu
Logo BeritaSatu

Awal Februari, Uji Coba Belajar Tatap Muka Tingkat SMA/SMK di Bengkulu

Jumat, 29 Januari 2021 | 09:09 WIB
Oleh : Usmin / JEM

Bengkulu, Beritasatu.com - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, belajar tatap muka tingkat SMA/SMK akan dilakukan uji coba pada awal Februari mendarang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Selain itu, jumlah siswa dalam setiap kelas hanya 30 persen dari kapasitas semestinya. Hal ini dilakukan agar penerapan jaga jarak di kelas benar-benar dilaksanakan dengan baik sesuai protokol kesehatan.

"AWal Februari nanti kita akan melakukan uji coba belajar tatap muka tingkat SMA/SMK dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Jika uji coba ini berhasil maka semua sekolah kita upayakan belajar tatap muka," kata Gubernur Rohidin Mersyah di Bengkulu, Jumat (29/1/2021).

Rohidin mengatakan, uji coba belajar tatap muka dipilih siswa SMA/SMK karena ketahanan tubuh mereka lebih baik dari siswa SD dan SMP. Namun, jika uji coba belajar tatap muka sukses, maka tidak menutup kemungkinan siswa SD dan SMP juga melakukan hal yang sama.

"Yang penting sekarang kita uji coba dulu siswa SMA/SMK belajar luar jaringan (luring) atau tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir dan menjaga jarak. Saya yakin jika ini dapat dilaksanakan dengan baik oleh siswa SMA/SMK akan terhindar dari ancaman terpapar Covid-19," ujarnya.

Selain menerapkan protokol kesehatan ketat, setiap kelas hanya diisi 30 persen dari kapasitas yang ada. Jika hasilnya bagus akan ditingkatkan menjadi 50 persen. Uji coba ini akan dievaluasi setiap akhir bulan.

Bila hasilnya bagus maka jumlah siswa di setiap kelas akan ditingkatkan menjadi 50 persen dan seterusnya hingga 100 persen atau seluruh siswa SMA/SMA di Bengkulu, kembali belajar tatap muka seperti sebelum wabah Covid-19 melanda Tanah Air, termasuk Bengkulu.

Meski demikian, katanya kepastian uji coba belajar tatap muka tingkat SMA/SMK akan melihat dulu perkembangkan virus corona pada Januari ini. Jika perkembanganya menunjukan penurunan, maka belajar tatap muka tiingkat SMA/SMK akan dilaksanakan.

"Jadi, kuncinya jadi atau tidak uji coba pelaksanaan belajar tatap muka SMA/SMK di Bengkulu, dari hasil perkembangan kasus virus corona di daerah ini. Kita berharap kasus Covid-19 di Bengkulu, akan terus menurun pada Januari ini," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Diknas Bengkulu, Eri Yulian Hidayat. Ia mengatakan, pelaksanaan uji coba belajar tatap muka tingkat SMA/SMK masih dalam persiapan di masing-masing sekolah, termasuk surat izin dari orang tua yang membolehkan anaknya ikut belajar tatap muka.

"Hampir sebagian besar orang tua siswa menyetujui belajar tatap muka kembali dilaksanakan. Pasalnya, belajar tatap muka lebih baik ketimbang belajar daring. Jadi, kalau soal izin orang tua siswa tidak ada masalah karena mereka mengizinkan semua asalkan sekolah menerapkan protokol kesehatan ketat," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Siloam Gandeng RSUD Yowari Hadirkan Laboratorium RT-PCR Covid-19 di Jayapura

Kehadiran laboratorium RT-PCR Covid-19 kerja sama Siloam Hospitals Group dan RSUD Yowari akan menjadi salah satu upaya meningkatkan pelayanan kesehatan.

NASIONAL | 29 Januari 2021

Pemkab Serang Akan Manfaatkan Rusunawa untuk Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

Rusunawa tersebut terdapat di Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

NASIONAL | 29 Januari 2021

Kasus Positif Covid-19 di Kota Serang Meningkat dari Klaster Keluarga

“Di Kota Serang, jumlah pasien yang masih dirawat jauh lebih banyak dibandingkan jumlah pasien yang sembuh,” kata Ati.

NASIONAL | 29 Januari 2021

BPIP Sarankan Pancasila Masuk dalam Kurikulum Pendidikan

Berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, tepatnya Pasal 2 disebutkan pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

NASIONAL | 28 Januari 2021

Longsor di Tanah Karo, Tiga Warga Tertimbun

Bencana tanah longsor kembali terjadi di Desa Kuta Galoh, Kecamatan Tiga Binanga, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (28/1/2021) dini hari.

NASIONAL | 29 Januari 2021

Peta Jalan Pendidikan Diharapkan Mampu Akomodir Kebutuhan Madrasah

Siswa madrasah berasal dari keluarga sosial ekonomi kurang beruntung maka perlu diberikan perlakuan khusus.

NASIONAL | 28 Januari 2021

Bobby Nasution Dukung Pengangkatan Akhyar Sebagai Wali Kota Definitif

Bobby Nasution mendukung pengangkatan Akhyar Nasution sebagai Wali Kota Medan definitif sisa masa jabatan 2016-2021 atau hingga 17 Februari 2021 nanti.

NASIONAL | 28 Januari 2021

Nadiem Lantik Dua Pimpinan Perguruan Tinggi dan 9 Pejabat Struktural Kemdikbud

Mendikbud Nadiem Makarim secara virtual melantik Rektor UNY, Direktur Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta dan 9 pejabat struktural Kemdikbud.

NASIONAL | 28 Januari 2021

Pemerintah Akan Tegas terhadap ASN Terlibat Organisasi Terlarang

Pemerintah berkomitmen untuk melakukan langkah tegas guna mencegah aparatur sipil negara (ASN) terpapar paham radikalisme.

NASIONAL | 28 Januari 2021

Panglima TNI Tinjau Fasilitas Baru di Lanud Iswahjudi Madiun

Panglima TNI beserta rombongan meninjau fasilitas latihan Air Combat Manuvering Instrumentation (ACMI) yang saat ini masih dalam proses pengembangan.

NASIONAL | 28 Januari 2021


TAG POPULER

# Penganiayaan Perawat


# Reshuffle Kabinet


# Vaksinasi Covid-19


# Larangan Mudik


# Vaksin Nusantara



TERKINI

Kementerian Perhubungan Resmikan Penggunaan GeNose di Tanjung Perak

NASIONAL | 4 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS