Rakernas 2021, AMSI Rumuskan Strategi Dorong Ekosistem Digital yang Adil bagi Media Online
Logo BeritaSatu

Rakernas 2021, AMSI Rumuskan Strategi Dorong Ekosistem Digital yang Adil bagi Media Online

Minggu, 24 Januari 2021 | 19:13 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) sukses menyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2021 untuk merumuskan program kerja organisasi selama setahun ke depan, Sabtu (23/1/2021). Kegiatan yang berlangsung virtual dihadiri 65 peserta. Mereka adalah perwakilan dari 21 AMSI wilayah, Pengurus Nasional AMSI, Majelis Etik, serta Badan Pertimbangan dan Pengawasan Organisasi.

Meski diselenggarakan secara virtual, rapat kerja melibatkan partisipasi seluruh cabang. Setiap wilayah diminta menyampaikan paparan kondisi eksternal yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi di tingkat lokal, serta memaparkan kondisi internal AMSI wilayah dari aspek kepengurusan dan kondisi anggota.

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut ketika membuka rakernas mengatakan fokus pembahasan mencakup pembenahan internal organisasi agar ke depan lebih profesional dan membahas kondisi eksternal untuk mendorong ekosistem digital yang lebih sehat.

“Lanskap media saat ini lebih rumit, sisi bisnis dan distribusi menjadi komoditi terbesar yang tidak seluruhnya dikuasai oleh media tapi menjadi ceruk bisnis bagi platform. AMSI harus membantu menjaga agar ekosistem digital ini lebih fair untuk media online,” ujar Wens Manggut yang juga Chief Content Officer Kapan Lagi Youniverse, dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Minggu (24/1/2021).

Sekjen AMSI Wahyu Dhyatmika menambahkan sinkronisasi kondisi eksternal dan internal AMSI Pusat dan wilayah penting dilakukan untuk membangun persepsi yang sama antara pengurus pusat dan wilayah. “Mensinkronkan kebutuhan program AMSI nasional dan AMSI wilayah diperlukan agar terbangun persepsi yang searah dalam mencapai tujuan dan sasaran yang ingin dicapai,” ujar Pemimpin Redaksi Majalah Tempo ini.

Perwakilan Majelis Etik, Yosep Adi Prasetyo, mendorong AMSI mengubah cara berpikir sebagai organisasi perusahaan pers. “AMSI perlu mengubah cara berpikir dari wartawan menjadi cara berpikir pebisnis untuk kesejahteraan pers. Karena itu diperlukan panduan dan prinsip etika bisnis perusahaan-perusahaan media siber,“ ujarnya.

Mantan Ketua Dewan Pers ini mengatakan panduan kelak tidak hanya berisi nilai-nilai, tapi juga mencakup kebijakan, etika dan prinsip bisnis anggota AMSI serta sanksi.

“AMSI perlu panduan dan prinsip etika bisnis yang mempertajam etika AMSI sebagai asosiasi perusahaan pers. Pada dasarnya AMSI adalah organisasi non profit, namun juga perlu meluaskan misi agar profitable,” ujarnya.

Perwakilan Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI I’in Yumiyanti mengatakan sebagai organisasi pers, AMSI perlu melakukan inisiatif-inisiatif baru sebagai rintisan, untuk memperkuat organisasi. Langkah strategis tersebut penting untuk membantu anggota agar survive dari krisis akibat Pandemi Covid-19 dan tetap menjalankan muruah pers yang independen, serta dapat dipercaya publik.

I'in menekankan penguatan kapasitas anggota mencakup segi editorial, cek fakta, dan bisnis, perlu diluaskan sampai anggota yang berada di wilayah-wilayah. Hal ini agar tercapai pemerataan kualitas media dan keberlangsungan bisnis media anggota AMSI.

Dia menambahkan untuk meningkatkan kredibilitas, program eksisting Cek Fakta AMSI menjadi brand “member Cek Fakta AMSI”, sehingga ke depan menjadi kuat sebagai “jaminan mutu” anggota AMSI.

Selain itu, I’in menekankan AMSI perlu tetap memberi perhatian serius terhadap kesejahteraan dan masalah-masalah penting wartawan.

“Meskipun AMSI beranggotakan perusahaan pers bukan beranggotakan wartawan, perlu diingat wartawan merupakan pilar utama pers,” ujar Wakil Direktur Detiknetwork ini.

Rakernas yang berlangsung selama 9 jam ini berhasil merumuskan langkah-langkah strategis organisasi untuk penguatan internal dan eksternal organisasi.

Tim Internews membantu proses persiapan, serta Erwien Djayoesman (M&E Specialist) dan Firmansyah Syamsi (Media Engagement Specialist) menjadi fasilitator utama rakernas tahun ini.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Harga Daging Sapi di Cirebon Naik

Harga daging sapi baik impor maupun lokal di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengalami kenaikan sebesar Rp 10.000 per kilogram selama hampir dua bulan terakhir.

NASIONAL | 24 Januari 2021

P2G Minta Bantuan Subsidi Kuota Internet Dievaluasi

P2G menilai, bantuan subsidi kuota tahap pertama yang berlangsung selama empat bulan kurang optimal.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Rizieq Minta Didoakan Umat Islam Seluruh Dunia Agar Lekas Sembuh

Rizieq Syihab saat ini masih mendekam di sel tahanan Rutan Bareskrim Polri.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Satpol PP DIY Akan Sita KTP Pelanggar Protokol Kesehatan

Sanksi sosial yang selama diterapkan seperti menyapu jalan, dinilai tidak efektif.

NASIONAL | 24 Januari 2021

31 Kabupaten dan Kota di Jateng Canangkan Vaksinasi Serentak

Pencanangan vaksinasi serentak akan diikuti 31 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah, Senin (25/1/2021).

NASIONAL | 24 Januari 2021

Wartawan Harus Dorong Persatuan untuk Atasi Covid-19

Dunia termasuk Indonesia tengah menghadapi cobaan yang sangat berat yakni, pandemi Covid-19 yang memukul seluruh sendi-sendi kehidupan.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Situasi Belum Kondusif, DIY Masih Berlakukan Belajar di Rumah

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 harian di DIY masih tinggi, bahkan cenderung meningkat.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Dentuman di Bali Terekam Sensor Gempa BMKG, Beberapa Warga Lihat Meteor

Sensor BMKG merekam sinyal seismik tersebut dalam durasi sekitar 20 detik.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Mengabdi Tanpa Pamrih, Alumni IPB Bantu Rumah untuk Keluarga Kasim Arifin

Menjalani masa KKN di Waimital dan tinggal bersama rakyat di Pulau Seram itu selama 15 tahun.

NASIONAL | 24 Januari 2021

3 Daerah di Jateng Siapkan Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

Vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Kota Semarang, Kota Solo dan Kabupaten Semarang akan dilaksanakan pada 28 Januari mendatang.

NASIONAL | 24 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS