Wartawan Harus Dorong Persatuan untuk Atasi Covid-19
Logo BeritaSatu

Dubes L Amrih Jinangkung

Wartawan Harus Dorong Persatuan untuk Atasi Covid-19

Minggu, 24 Januari 2021 | 18:03 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM




Jakarta, Beritasatu.com - Dunia termasuk Indonesia tengah menghadapi cobaan yang sangat berat yakni, pandemi Covid-19 yang memukul seluruh sendi-sendi kehidupan. Semua pihak yang dimotori wartawan tanpa terkecuali harus bersatu mencurahkan perhatian, tenaga dan pikiran untuk dapat mengatasi pandemi dan dampaknya di segala bidang. Perpecahan hanya akan semakin memperlemah sehingga semakin sulit kita menghadapi bahaya dan serangan pandemi.

Demikian dikemukakan Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan Laurentius Amrih Jinangkung dalam sambutannya di acara Buka Tahun Bersama PWKI (Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia) dari Roma, Sabtu (23/1/2021).

Acara yang bertema “Mempererat Ikatan NKRI di Tengah Pandemi” ini diikuti sekitar 250 anggota PWKI secara live streaming di Jakarta, dan sejumlah kota dari Sabang sampai Merauke.

“Saya menyambut baik tema acara kali ini sangat tepat karena memang sangat diperlukan persatuan dan kesatuan di tengah cobaan yang berat kali ini. Perpecahan hanya akan semakin memperlemah kita dari dalam, sehingga semakin sulit menghadapi bahaya dan serangan pandemi dari luar,” ujar Amrih Jinangkung.

Amrih meyakini, memupuk persatuan, mempererat ikatan akan semakin memperkuat kita menghadapi cobaan apapun, termasuk pandemi Covid-19.

Ia menambahkan bahwa setiap warga negara bisa memberikan kontribusi masing-masing melalui cara mereka sendiri-sendiri untuk semakin mempererat ikatan NKRI.

“Wartawan, dalam hal ini adalah profesi istimewa yang memiliki peran dan kontribusi yang justru penting untuk mempererat ikatan NKRI di tengah pandemi ini,” katanya.

Amrih mengharapkan para wartawan, dalam tulisan-tulisan dan narasinya, dapat menyebarkan energi positif. Warta yang ditulis secara profesional dan bertanggungjawab akan memberikan kesejukan di tengah masyarakat.

Energi Positif

Penanganan Covid-19 di Indonesia, isu vaksin dan lain-lain, lanjut Amrih, memberikan gambaran betapa perlunya menyebarkan energi positif ke tengah-tengah masyarakat. Memang banyak fakta yang membuat sedih terkait Covid-19, misalnya jumlah penderita dan korban yang meninggal. Tetapi banyak pula fakta-fakta positif, bahkan sangat positif yang terjadi.

“Namun demikian, kalau kita baca terutama di media sosial, kita bisa lihat betapa mudah dan cepatnya orang-orang membuat judgement negatif. Dan hal negatif ini yang lebih banyak berseliweran, membuat gaduh, masyarakat bingung, dan cepat menguras energi kita semua,” ucap Amrih.

Diuraikan lebih lanjut oleh Dubes Amrih, jargon para wartawan, biasanya “bad news is good news”. Dalam hal ini, ada tantangan terhadap nurani dan profesionalisme para wartawan untuk men-define, menilai how bad is bad, how good is good. Sesuatu itu apakah bad atau good, biasanya relatif. Bahkan kadang perlu pembanding untuk menentukan sesuatu baik atau tidak. Perlu parameter jelas dan obyektif untuk menentukan sesuatu jelek, atau baik.

“Terlepas apakah baik atau buruk, selama masih berita faktual lebih bisa dipertanggungjawabkan. Tetapi kalau sudah judgement, ceritanya akan menjadi lain. Dan ini yang lebih sering kita lihat berseliweran di media sosial, misalnya dalam kasus vaksin,” ucapnya..

Lebih jauh terkait vaksin Covid-19, Dubes menyampaikan beberapa hal. Pertama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menyatakan bahwa vaksin Covid-19 produksi Sinovac “halal dan suci”. Kedua, Vatikan juga sudah menyatakan bahwa vaksin Covid-19 morally acceptable, dapat diterima secara moral.
Ketiga, Banyak tokoh dunia maupun nasional, termasuk para pemimpin pemerintahan seperti Presiden Jokowi, Presiden AS Joe Biden, tokoh agama seperti Paus Fransiskus dan Paus Emeritus Benediktus dan lain-lain sudah memberi contoh dengan melakukan vaksinasi.

Menurut Dubes Amrih, banyak pihak termasuk Gereja juga menegaskan bahwa vaksinasi merupakan bentuk tanggungjawab.

“Mengikuti vaksinasi berarti melindungi keselamatan keluarga dan sesama di sekitar kita,” tuturnya.
Di akhir sambutannya, Dubes Amrih Jinangkung mengimbau kepada semua saja untuk menyikapi berbagai upaya yang sedang dilakukan Pemerintah, tidak saja di Indonesia tetapi di seluruh dunia, secara dewasa dan bertanggungjawab.

“Akan lebih baik apabila setiap diri kita menjadi bagian dari upaya mencari solusi, bukan sebaliknya,” pungkasnya.



Misa konselebrasi dan Terima kasihku kepadamu
Acara Buka Tahun Bersama sudah menjadi tradisi tahunan PWKI. Tahun ini Buka Tahun Bersama yang digelar untuk kali ke-16 juga diawali dengan Misa Syukur. Misa Syukur dipimpin RP Markus Solo Kewuta SVD,sebagai konselebrans utama, didampingi RP Agustinus Purnomo MSF (Superior General Kongregasi MSF), dan RP Paulus Laurentius Pitoy MSC (Assistant Superior General Kongregasi MSC) dan ketiga konselebran itu berasal dari Indonesia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Buka Tahun Baru Bersama PWKI juga memberikan Anugerah “TERIMA KASIHKU KEPADAMU” untuk Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri, Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wanita inspiratif Anne Avantie, yang berprofesi sebagai perancang busana.



Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Situasi Belum Kondusif, DIY Masih Berlakukan Belajar di Rumah

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 harian di DIY masih tinggi, bahkan cenderung meningkat.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Dentuman di Bali Terekam Sensor Gempa BMKG, Beberapa Warga Lihat Meteor

Sensor BMKG merekam sinyal seismik tersebut dalam durasi sekitar 20 detik.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Mengabdi Tanpa Pamrih, Alumni IPB Bantu Rumah untuk Keluarga Kasim Arifin

Menjalani masa KKN di Waimital dan tinggal bersama rakyat di Pulau Seram itu selama 15 tahun.

NASIONAL | 24 Januari 2021

3 Daerah di Jateng Siapkan Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

Vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Kota Semarang, Kota Solo dan Kabupaten Semarang akan dilaksanakan pada 28 Januari mendatang.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Jokowi Teken Perpres Kebijakan Umum Pertahanan Negara

Kebijakan Umum ini diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan negara.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Arah Erupsi Merapi ke Barat Daya, Pengungsi Sleman Segera Dipulangkan

Pemerintah Kabupaten Sleman segera memulangkan pengungsi yang berada di barak pengungsian balai desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Satgas Covid-19 Sumut Intensifkan Pelacakan Kontak Erat

Kemampuan pelacakan atau tracing kontak erat dari kasus baru terkonfirmasi, menjadi kunci utama untuk menekan penyebaran Covid-19 di Sumut.

NASIONAL | 24 Januari 2021

KAI Akan Pasang GeNose di Berbagai Stasiun Kereta Api

KAI berencana membeli GeNose C19 yang nantinya akan digunakan di berbagai stasiun kereta api, untuk mendeteksi virus Covid-19.

NASIONAL | 24 Januari 2021

4.313 Tenaga Kesehatan di Kawasan Mebidang Sudah Divaksin Covid-19

Pemprov Sumut menargetkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga kesehatan di Mebidang dapat dituntaskan sesuai target.

NASIONAL | 24 Januari 2021

Polda Sumut Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Kalsel

Polda Sumut kembali kirim bantuan untuk korban banjir di Kalsel.

NASIONAL | 24 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS