CPI dan YKMI Aktifkan Tim Pokja Kelurahan Siaga Covid-19
Logo BeritaSatu

CPI dan YKMI Aktifkan Tim Pokja Kelurahan Siaga Covid-19

Jumat, 22 Januari 2021 | 23:23 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Pekanbaru, Beritasatu.com - Kesadartahuan dan peran aktif masyarakat sangat penting dalam menekan penyebaran Covid-19. Menyadari hal tersebut, PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) mendorong pemberdayaan Tim Pokja Kelurahan Siaga Covid-19 di tiga kecamatan di Pekanbaru dan Bengkalis.

Langkah proaktif ini, dapat mendukung pemerintah dalam peningkatan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat menuju kebiasaan baru yang lebih sehat.

Sebanyak 24 Tim Pokja Kelurahan Siaga Covid-19 di Pekanbaru dikukuhkan langsung oleh Wali Kota Dr H Firdaus ST MT, pada Kamis (21/1/2021). Pokja-pokja itu merupakan perwakilan dari beberapa di wilayah Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir.

Setiap pokja beranggotakan sekitar 15 orang yang mewakili unsur masyarakat seperti tokoh masyarakat, kader kesehatan, pengurus RT/RW, guru, PKK, Babinkamtibmas. Dalam pelaksanaan program, PT CPI menggandeng Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI) sebagai mitra pelaksana.

"Segala bentuk upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 merupakan hal yang bermakna bagi masyarakat. Mari sama-sama kita putus rantai penyebaran Covid-19, salah satunya dengan pengukuhan Tim Pokja Kelurahan Siaga Covid-19 ini,” ucap Firdaus, dalam sambutannya.

Selain pengukuhan tim pokja kelurahan, CPI dan YKMI juga menyerahkan secara simbolis 800 paket hygiene kit dan 20 unit sarana cuci tangan portabel. Hygiene kit akan dibagikan kepada masyarakat, dimana masing-masing berisikan sabun cuci tangan, sabun mandi, shampoo, masker, hand sanitizer, dan handuk. Sedangkan sarana cuci tangan portabel akan dipasang di berbagai fasilitas umum, seperti kantor kelurahan, kantor camat, puskesmas, sekolah, atau rumah ibadah.

GM Corporate Affairs Asset PT CPI, Sukamto Tamrin mengatakan, pembentukan Kelurahan Siaga Covid-19 merupakan bentuk kontribusi perusahaanuntuk turut membangun kesadartahuan dan mendorong peran-serta masyarakat dalam mencegah penularan Covid-19. "Mari kita lindungi diri, keluarga, dan orang-orang di sekitar kita,” tutur Sukamto Tamrin.

Selain di Pekanbaru, pemberdayaan Kelurahan Siaga Covid-19 juga dilaksanakan di Kecamatan Mandau, Bengkalis. Para anggota pokja telah dibekali pengetahuan untuk memperkuat kampanye Gerakan 4M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga jarak, Menghindari Keramaian) kepada masyarakat di kelurahan masing-masing.

Program Manager YKMI, Tatang Husaini mengatakan, lewat sosialisasi pokja, kepedulian bersama dan partisipasi masyarakat diharapkan semakin tumbuh dalam mencegah penyebaran Covid-19. "Sejauh ini, kami merasa sangat terbantu atas dukungan berbagai pihak khususnya Pemko Pekanbaru, pihak kecamatan, puskesmas, aparat kelurahan, dan berbagai elemen masyarakat lain yang sangat kooperatif,” ungkap Tatang Husaini.

Pemberdayaan Kelurahan Siaga Covid-19 merupakan bagian dari Program Chevron untuk Riau Sehat Sejahtera (Cherish) yang dijalankan PT CPI saat ini. Dua kegiatan utama lainnya di bawah Program Cherish adalah Ketahanan Pangan dan Pembangunan Sumur Air Bersih. Program-program tersebut didesain untuk turut mendukung program pemerintah dalam menanggulangi dampak pandemi Covid-19.

Pada masa pandemi ini, total nilai bantuan PT CPI mencapai Rp 11,6 miliar. Sebelumnya, SKK Migas - PT CPI juga telah menyalurkan lebih dari 2.000 pakaian dekontaminasi (hazmat), 99.000 masker, 6.000 botol hand sanitizer, 73 tempat tidur dan matras medis, termometer inframerah, dan 8.050 paket sembako yang disalurkan melalui gugus tugas di tingkat kabupaten, kota, dan provinsi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Petisi Tolak Galon Sekali Pakai Tembus 28.000 Dukungan

Kehadiran galon sekali pakai dianggap sebuah kemunduran di tengah upaya pengurangan sampah plastik di Indonesia.

NASIONAL | 22 Januari 2021

JCUIM Harapkan Kapolri Baru Bawa Polri Lebih Profesional

Penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon Kapolri baru menggantikan Jendral Pol Idham Azis disambut baik Yayasan JCUIM.

NASIONAL | 22 Januari 2021

Skin Solution Foundation Bantu Korban Bencana Longsor Sumedang

Bantuan yang diberikan berupa 500 kilogram beras, 100 dus mi instan, 100 hand sanitizer, dan 1.600 masker.

NASIONAL | 22 Januari 2021

Kejati Bali Diminta Hati-hati Tangani Aset Tri Nugraha

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali diminta berhati-hati dalam menangani aset milik mantan Kepala BPN Denpasar dan Badung, Tri Nugraha.

NASIONAL | 22 Januari 2021

Wakil Wali Kota Kupang dan Istri Positif Covid-19

Wakil Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Hermanus Man, bersama istri positif Covid-19 sesuai hasil tes swab PCR.

NASIONAL | 22 Januari 2021

Puluhan Hektare Tanaman Padi di Halmahera Utara Tersapu Banjir

Banjir bandang menyapu puluhan hektare sawah yang ditanami padi di dua kecamatan yakni Kao Barat dan Galela Barat.

NASIONAL | 22 Januari 2021

SiCepat Ringankan Beban Korban Gempa Sulbar dan Banjir Kalsel

Bantuan tersebut nantinya akan didistribusikan langsung kepada korban bencana oleh Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (Paskhas TNI AU).

NASIONAL | 22 Januari 2021

KPK Dalami Arahan Eks Bupati Kampar Menangkan WIKA di Proyek Waterfront City

Penyidik mencecar Jefry mengenai pengembalian uang yang diduga terkait proyek tersebut.

NASIONAL | 22 Januari 2021

Lingkungan Pascabanjir Kalsel akan Dipulihkan

KLHK memastikan lokasi pascabencana banjir di Kalimantan Selatan akan dipulihkan.

NASIONAL | 22 Januari 2021

Hadir di Pontianak, Electronic City Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Electronic City yang baru hadir di Pontianak menjalankan protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah secara ketat.

NASIONAL | 22 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS