KPK Bentuk Satgas Khusus Buru Buronan, Termasuk Harun dan Sjamsul
Logo BeritaSatu

KPK Bentuk Satgas Khusus Buru Buronan, Termasuk Harun dan Sjamsul

Kamis, 21 Januari 2021 | 10:31 WIB
Oleh : Fana Suparman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berjanji bakal terus memburu tujuh tersangka yang saat ini masih berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buronan. KPK menyatakan akan membentuk tim satgas khusus untuk memburu para buronan tersebut, termasuk mantan caleg PDIP, Harun Masiku serta taipan Sjamsul Nursalim dan istrinya Itjih Nursalim.

"Kita di pimpinan juga telah menginisiasi dan meminta kepada Pak Deputi (Deputi Penindakan KPK Karyoto) mencoba untuk membuat sebuah satu satgas yang memang fokus melakukan pencarian kepada orang-orang DPO," kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Lili menyatakan, tim satgas ini khusus dibentuk untuk fokus mencari buronan tanpa disibukkan kegiatan penyidikan atau penyelidikan sehari-hari. Dalam kesempatan ini, Karyoto mengakui satgas yang mencari buronan merupakan tim yang juga menangani kasus terkait buronan tersebut. Hal ini membuat proses perburuan para buronan tidak maksimal. "Biasanya satgas yang menangani sambil dia menyidik yang lain sambil mencari. Ini untuk efektivitas waktu dan pencarian, KPK akan membentuk satgas khusus," kata Karyoto.

Dikatakan, saat ini pihaknya masih merancang bentuk satgas khusus untuk memburu buronan, termasuk mengenai susunan dan anggota satgas. Namun, Karyoto menyebut satgas ini nantinya melibatkan tim monitoring, IT, dan surveillance. "Tidak bisa hanya penyidiknya sendiri atau penyelidiknya sendiri, tentu harus terintegrasi antara tim supporting, pencari dan pengolah data," kata Karyoto.

Diketahui, terdapat tujuh tersangka korupsi yang menjadi buronan dan hingga kini masih diburu KPK. Mereka yakni, Harun Masiku yang menjadi tersangka kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024; Sjamsul Nursalim dan istrinya Itjih Nursalim yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI) kepada Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI); Kirana Kotama, tersangka kasus dugaan suap terkait Penunjukan Ashanti Sales Inc sebagai agen eksklusif PT PAL Indonesia (Persero) dalam pengadaan kapal SSV untuk Pemerintah Filipina Tahun 2014 sampai 2017.

Kemudian terdapat nama pemilik PT Darmex Group/PT Duta Palma Grup, Surya Darmadi yang merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau kepada Kementerian Kehutanan tahun 2014; Bos PT Borneo Lumbung Energy and Metal Tbk (BORN), Samin Tan tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan terminasi kontrak Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) PT Asmin Koalindo Tuhup di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM); serta Izil Azhar, tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi terkait pembangunan proyek Dermaga Sabang tahun 2006-2011.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Cuaca Ekstrem, Warga 16 Kecamatan di Banten Selatan Diminta Waspada

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar wilayah berpotensi terjadi cuaca ekstrem.

NASIONAL | 21 Januari 2021

Kehadiran Komponen Cadangan Akan Memperkuat TNI

Komcad tidak akan menjadi tentara bayaran, karena tunduk pada disiplin TNI dan ditempa memiliki disiplin tinggi TNI.

NASIONAL | 21 Januari 2021

Kebijakan Pembatasan di DIY, Kasus Covid-19 Turun 5%

kasus terkonfirmasi Covid-19 di DIY sebanyak 287 kasus pada Rabu, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 17.802 kasus.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Hari Ini DPR Ambil Keputusan Pengangkatan Komjen Sigit

Komisi III DPR menyetujui penunjukan Komjen Sigit sebagai kapolri setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam rapat internal.

NASIONAL | 21 Januari 2021

BMKG Minta Masyarakat Waspadai Puncak Musim Hujan Januari-Februari

BMKG mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem puncak musim hujan yang diperkirakan terjadi pada Januari hingga Februari 2021.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Pemprov Sulsel Tanggung Biaya Pulang Kampung Korban Gempa Sulbar

Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah menyatakan akan menanggung semua biaya pulang kampung korban gempa Sulawesi Barat asal Jateng dan Jatim.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Ketua MPR Harapkan Wartawan Masuk Prioritas Penerima Vaksin Covid-19

Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong pemerintah memasukan kalangan wartawan menjadi salah satu klaster prioritas yang mendapatkan vaksinasi Covid-19.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Jokowi Dikritik soal Banjir di Kalsel, Moeldoko Bela Presiden

Moeldoko mengatakan pemerintah sudah melakukan mitigasi bencana sebaik-baiknya.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Mantan Mensos Juliari Bungkam Soal Suap Bansos, Ini Pandangan KPK

KPK tidak ambil pusing dengan bungkamnya mantan Mensos Juliari P Batubara.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur, Ini Penjelasan BMKG

Menurut BMKG puting beliung yang terjadi di waduk Gajah Mungkur terbentuk dari awan cumolonimbus.

NASIONAL | 20 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS