Komjen Sigit Akan Ubah Citra Negatif Polri dan Kedepankan Soft Approach
Logo BeritaSatu

Komjen Sigit Akan Ubah Citra Negatif Polri dan Kedepankan Soft Approach

Rabu, 20 Januari 2021 | 12:13 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menyatakan Polri ke depan tak bisa sekedar mengandalkan gelar kekuatan dalam menjalankan tugasnya. Polri harus mengedepankan soft approach atau pendekatan lebih lunak sehingga citra negatif kepolisian bisa hilang.

"Kita tidak hanya bisa mengedepankan penggelaran kekuatan, tetapi juga perlu kedepankan pendekatan soft approach yang akan menjadi pendekatan utama strategi Kepolisian, dengan penegakan hukum yang akan jadi upaya terakhir, manakala proses di awal tidak menemui penyelesaian," kata Sigit dalam fit and proper test di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021).

Sigit melanjutkan, Polri harus bekerja bagaimana ke depan mewujudkan program yang menciptakan keadilan bagi semua lapisan dan golongan masyarakat. "Atau yang biasa disebut justice for all," imbuh Sigit.

Menurutnya, Polri berupaya mewujudkan harapan masyarakat di tengah banyaknya tantangan yang harus dihadapi seperti lingkungan strategis baik global, regional, domestik, serta dinamika sosial yang hidup di ruang siber.

Sementara kritik yang menyoroti kinerja Polri, Listyo berpendapat, harus menjadi perhatian serius. Dia menyontohkan pelayanan Polri yang dirasakan sebagian masyarakat masih berbelit-belit, serta ucapan dan sikap perilaku anggota Polri yang kasar atau arogan.

Kritk lainnya seperti pungli di sektor pelayanan, kebiasaan mencari-cari kesalahan, dan mengutamakan kekerasan dalam menyelesaikan suatu masalah. Selain itu, penanganan kasus yang terkesan tebang pilih, keberpihakan terhadap proses penanganan tindak pidana, dan menampilkan perilaku yang menimbulkan kebencian di masyarakat.

"Meskipun ada pandangan negatif terhadap Polri, namun kami dapat gambaran kepuasan publik terhadap institusi yang semakin menunjukkan arah optimistis," kata Sigit sambil memaparkan sejumlah hasil survei yang menunjukkan kepuasan atas Polri.

Walau demikian, Sigit mengatakan bahwa tampilan dan postur Polri yang belum jadi harapan masyarakat, harus diubah.

Apabila diberikan amanah jadi Kapolri, Sigit akan melakukan transformasi menuju Polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan. "Kami perkenalkan konsep Polri yang presisi yang menjadi dasar mewujudkan harapan masyarakat, konsep ini yang akan mewarnai Polri masa depan," kata Sigit.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Afirmasi Pesantren, Kemag Siapkan Beasiswa, BOS, PIP hingga Bantuan Sarpras

Menteri Agama(Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan afirmasi terhadap pendidikan pesantren.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Tegakkan Disiplin ASN, Tjahjo: Jangan Sampai Terjadi Pembiaran

Penegakan disiplin bagi ASN di lingkungan instansi pemerintah dilakukan secara terus-menerus, termasuk saat pandemi Covid-19.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Waspadai Erupsi Susulan Gunung Sinabung

Meski akvivitasnya meningkat, Gunung Sinabung masih berada pada status siaga atau Level III.

NASIONAL | 20 Januari 2021

TNI AL Berangkatkan 150 Ton Bantuan untuk Korban Gempa Sulbar

Bantuan tersebut akan didistribusikan di area bencana sekitar Mamuju dan Majene.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Suap di Banggai Laut, KPK Konfrontir Bupati Wenny dengan Orang Kepercayaannya

Penyidik mencecar Wenny mengenai aliran dana dari para kontraktor yang diduga digunakannya untuk kepentingan Pilbup Banggai Laut 2020.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Staf Legislator Gerindra Diduga Tampung Suap Eksportir Benur untuk Edhy Prabowo

Rekening Ainul Faqih menerima Rp 3,4 miliar dari Ahmad Bahtiar, pemegang saham PT Aero Citra Kargo (ACK) yang diduga nominee Edhy Prabowo.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Satgas: Kemungkinan Masih Ada yang Tertimbun, Pencarian Warga Jadi Prioritas Utama

Tim Satgas juga fokus memperlancar transportasi untuk menghubungkan wilayah yang satu dengan yang lainnya untuk memperlancar evakuasi di lokasi bencana.

NASIONAL | 20 Januari 2021

2.000 Hektare Lahan Kritis di DAS Bengkulu Direhabilitasi

lahan kritis tersebut akan direhabilitasi dengan menanam berbagai jenis tanaman kayu, dan buah-buahan untuk menahan laju erosi.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Elnusa Petrofin Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir Kalsel

BPBD Kalsel mencatat, banjir kali ini berdampak pada kehidupan 70.000 warga. Rumah mereka pun digenangi air dengan ketinggian bervariasi.

NASIONAL | 20 Januari 2021

Kunjungi Pengungsi Banjir Halmahera Utara, Mensos Serahkan Bantuan Sembako dan Uang Tunai

Mensos akan segera berkordinasi dengan Kementerian PUPR agar jembatan yang ambruk segera dibangun kembali.

NASIONAL | 20 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS