Tiga RSUD di Bengkulu Dapat Bantuan Alat PCR
Logo BeritaSatu

Tiga RSUD di Bengkulu Dapat Bantuan Alat PCR

Jumat, 15 Januari 2021 | 18:50 WIB
Oleh : Usmin / CAH

Bengkulu, Beritasatu.com - Tiga rumah sakit di Bengkulu, mendapatkan bantuan alat polymerase chain reaction (PCR) dari Pemprov Bengkulu. Alat ini diberikan untuk meningkatkan kapasitas pemeriksaan sampel swab Covid-19 di rumah sakit bersangkutan.

"Bantuan 3 alat PCR ini diserahkan langsung oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah kepada pihak rumah sakit bersangkutan. Penyerahannya dilakukan di RSUD M Yunus Bengkulu, seusai Pak gubernur mendapatkan suntikan vaksin Covid-19," kata Kepala Dinkes Bengkulu, Herwan Antoni, di Bengkulu, Jumat (15/1/2021).

Ia mengatakan, rumah sakit yang mendapat bantuan alat PCR dari Pemprov Bengkulu itu, yakni RSUD M Yunus Bengkulu, RSUD Curup, Rejang Lebong dan RSUD Hasanudin Damrah, Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Pemprov Bengkulu berharap dengan diberikan bantuan alat PCR tersebut, kapasitas hasil pemeriksaan sampel swab Covid-19 di 3 rumah sakit tersebut, dapat ditingkatkan lagi dari yang ada sekarang.

Saat ini, kapasitas pemeriksaan sampel swab di RSUD Yunus Bengkulu sebanyak 100-150 spesimen, RSUD Curup, Rejang Lebong sebanyak 50 spesimen dan RSUD Hasanudin Damrah sebanyak 50 spesimen.

Dengan diberikan bantuan PCR ini, maka pemeriksaan sampel swab yang dapat dilakukan masing-masing rumah sakit lebih baiknya lagi, sehingga hasil pemeriksaan sampel swab Covid-19 lebih cepat diketahui dari biasanya.

"Jika selama ini hasil uji swab baru dapat diketahui paling cepat 2-3 hari kemudian, tapi dengan adanya tambahan PCR ini hasil swab di masing-masing rumah sakit penerima bantuan lebih cepat lagi sehingga masyarakat yang melakukan uji swab Covid-19 hasilnya dapat diketahui paling lambat 1-2 hari saja," ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Yunus Bengkulu, Zulkip Maulub Ritonga mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Rohidin Mersyah yang sudah memberikan bantuan PCR kepada RSUD Yunus setempat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur Rohidin yang sudah memberikan bantuan alat PCR ke RSUD Yunus Bengkulu, sehingga kami bisa meningkatkan jumlah pemeriksaan sampel swab di laboratorium RSUD Yunus setempat," ujarnya.

Selain itu, dengan diberikan bantuan alat PCR ini, pemeriksaan sampel swab Covid-19 masyarakat di RSUD Yunus Bengkulu, hasilnya akan cepat diketahui dari sebelumnya, karena sampel swab yang diperiksa lebih banyak lagi.

Dengan demikian, akan mempermudah Dinkes Bengkulu untuk melakukan tracing jika ditemukan kasus baru positif Covid-19 di klaster terentu. "Kami berharap dengan dibantu PCR kinerja di RSUD Yunus Bengkulu semakin meningkat, khususnya dalam hal pemeriksaan uji swab Covid-19," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Anak-anak Kurang Dapat Edukasi Terkait Covid-19

Kasus infeksi Covid-19 terhadap anak-anak di Indonesia termasuk salah satu yang tertinggi di kawasan Asia.

NASIONAL | 15 Januari 2021

KPK Minta Pemerintah Siapkan Payung Hukum Vaksinasi Mandiri

Payung hukum vaksinasi mandiri dinilai penting untuk mencegah terjadinya penyimpangan.

NASIONAL | 15 Januari 2021

Pakar: Vaksin Covid-19 Jadi Sia-Sia Tanpa Protokol Kesehatan

Vaksin dan protokol kesehatan adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan untuk memutus rantai penularan.

NASIONAL | 15 Januari 2021

Rizieq dan Menantu Diperiksa Sebagai Tersangka Kasus Swab

Rizieq diperiksa bersama dengan Muhammad Hanif Alatas (menantu Rizieq) yang juga jadi tesangka dalam kasus swab di RS Ummi Bogor.

NASIONAL | 15 Januari 2021

Anggota Komisi VII DPR Minta Vaksin Merah Putih Segera Diproduksi

Kehadiran vaksin Merah Putih dinilai penting agar Indonesia tidak tergantung vaksin impor.

NASIONAL | 15 Januari 2021

PT PPI Distribusikan Sodium Sianida Sesuai GCG

PPI sebagai BUMN perdagangan, mengelola importasi sodium sianida atau sodium cyanide sesuai Peraturan Menteri Perdagangan nomor: 47 tahun 2019.

NASIONAL | 15 Januari 2021

Beacon dan Badan CVR Sriwijaya Air Sudah Ditemukan, Memori CVR Masih Dicari

Memori CVR berisi percakapan di kokpit.

NASIONAL | 15 Januari 2021

Novel Baswedan Harap Komjen Listyo Sigit Berani Reformasi Polri

Novel Baswedan menaruh harapan besar kepada Komjen Listyo Sigit agar dapat melakukan reformasi di internal Polri.

NASIONAL | 15 Januari 2021

Jokowi Dukung Pendirian Universitas Insan Cita Indonesia

Jokowi menegaskan, pendirian Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) akan memperkaya inovasi pendidikan tinggi di Indonesia.

NASIONAL | 15 Januari 2021

Kasus Grabtoko.com, Polisi Periksa Supervisor

Pelaku melancarkan aksinya dengan cara membuat sebuah situs GrabToko yang menawarkan berbagai macam barang elektronik dengan harga sangat murah.

NASIONAL | 15 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS