Logo BeritaSatu

Hina SBY dan AHY di Media Sosial, Guru Besar USU Dilaporkan ke Polisi

Kamis, 14 Januari 2021 | 17:58 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / CAR

Medan, Beritasatu.com - Cuitan Guru Besar Universitas Sumatera Utara (USU), Yusuf Leonard Henuk yang dianggap melakukan penghinaan terhadap Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Partai Demokrat yang merasa gerah dengan postingan Yusuf, membuat pengaduan atas penghinaan itu ke Markas Polda Sumatera Utara (Sumut).

Laporan disampaikan melalui kader Partai Demokrat, Subanto. Laporan itu diterima polisi sesuai dengan nomor laporan: STTLP/75/I/2021/SUMUT/SPKT 'I'.

“Rabu sore kemarin, saya sudah melaporkan akun twitter atas nama Profesor Yusuf L Henuk, terus akun facebook atas nama Profesor Yusuf L Henuk. Orang bersangkutan memposting unggahan penghinaan terhadap SBY dan Ketua Umum Demokrat,” ujar Subanto saat dihubungi, Kamis (14/1/2021).

Dalam postingan itu, Yusuf menyebutkan “SBY itu bodoh”, “AHY itu bodoh”. Kemudian, “semua kader dan militan SBY itu bodoh dan penjilat”. Subanto menilai unggahan sang profesor itu menghina SBY dan AHY.

Postingan Profesor Yusuf Leonard di media sosial itu tidak mencerminkan sebagai pendidik. Tidak seharusnya dia menampilkan postingan yang mengundang kemarahan. Seharusnya, sebagai pendidik dia memberikan pernyataan atau mem-posting bahasa yang membawa keteduhan,” katanya.

Subanto berharap, laporan pengaduan itu dapat ditindaklanjuti oleh Polda Sumut. Sebab, sudah ada dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan Yusuf. Sebagai warga negara yang baik dan selaku kader Partai Demokrat, Subanto mempunyai hak melaporkan Yusuf.

Sebelumnya, Yusuf melalui akun media twitter-nya menyerang SBY dan AHY. Dalam akun media sosial itu, Yusuf melemparkan postingan yakni “Yth.@SBYudhoyono,tahu dirilah kau sudah mantan jadi jangan sok mengajari @jokowi soal pembangunan proyek strategis nasional,karena kau memang gagal&telah dijuluki:"Bapak Mangkrak Indonesia", jadi tak pantas kau ajari @jokowi "ikan berenang", karena pasti malu kalipun kau, paham!."

Kemudian, Yusuf kembali menyampaikan cuitan terhadap AHY. “YthKetua Umum @ PDemokrat, @AgusYudhoyono, @ProfYLH udah harus buktikan memang kau BODOH sekali, karena sepanjang sejarah jatuhnya pesawat di Indonesia tak pernah ada" GOVERNMENT ERROR "penyebabnya. Tapi" 7 FAKTOR "(http://indonesiabaik.id/infografis /7-faktor-penyebab-jatuhnya-pesawat). Maaf kau bodoh turunan, belajar lagi AHY!,” tulis Yusuf.

Yusuf mengaku tidak takut jika dilaporkan ke polisi. Yusuf bahkan menantang SBY dan AHY untuk langsung membuat laporan pengaduan.

“Jadi saya sudah tweet suruh SBY lapor. Dia rakyat biasa, kan? Dia tak punya hak untuk diwakilkan. Dia berani, enggak? Silakan dia mau bawa ke UU ITE, saya enggak masalah. Pengadilan kan bukan berarti habis. Kita masih ada banding dan kasasi. Saya bertahan pada posisi saya sebagai pendidik. Saya punya sumber bacaan kuat,” jelas Yusuf.

Menurutnya, dirinya dengan SBY sama-sama memiliki kapasitas sebagai profesor. Postingan itu juga seharusnya dapat ditanggapi, kemudian diberikan klarifikasi kesalahan dari postingan tersebut.

“Kalau saya salah, saya minta maaf. Tapi kan sampai sekarang dia hilang, dan malah menyuruh Demokrat menghantam saya. Kemudian ingat USU sudah klarifikasi bahwa itu masalah pribadi. Berarti Demokrat harus tahu bahwa itu masalah pribadi. Saya enggak kaitkan Demokrat di dalam itu. Kami dua aja (SBY). Sedangkan AHY saya punya referensi kan jelas,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Istri dan Anak Gubernur Papua Lukas Enembe Tolak Pemeriksaan KPK

Petrus Bala Pattyona menyampaikan istri Lukas, Yulce Enembe bersama anak menolak pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 5 Oktober 2022

Polisi Telah Terima Hasil Visum Lesti Kejora Buntut Aksi KDRT Rizky Billar

Polisi telah menerima hasil visum Lesti Kejora buntut aksi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang diduga dilakukan Rizky Billar.

NEWS | 5 Oktober 2022

Dukung Penuh Presidensi G-20, Mendag AS: Indonesia Mitra Penting

Pemerintah Amerika Serikat (AS) menegaskan dukungan untuk Indonesia dalam Presidensi G-20, yang akan digelar di Bali pada November mendatang.

NEWS | 5 Oktober 2022

KIB Disarankan Usung Capres dan Cawapres dari Hasil Konvensi

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) disarankan mengusung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari hasil konvensi.

NEWS | 5 Oktober 2022

Indra Kenz Dituntut 15 Tahun Penjara, Korban: Kami Puas

Terdakwa Indra Kesuma alias Indra Kenz dituntut 15 tahun penjara oleh JPU, Rabu (5/10/2022), di PN Kota Tangerang

NEWS | 5 Oktober 2022

Rizky Billar Pernah Lempar Lesti Kejora dengan Bola Biliar

Polisi mengungkap Rizky Billar pernah melempar bola biliar ke Lesti Kejora. Hal itu diungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Endra Zulpan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Bareskrim Tetapkan 2 Tersangka Kasus Gagal Bayar KSP Sejahtera Bersama

Penyidik Tipideksus Bareskrim Polri menetapkan ketua pengawas dan anggota pengawas KSP Sejahtera Bersama berinisial IS dan DZ sebagai tersangka.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pekan Ini Airlangga Akan Bertemu Puan Maharani

Ketua DPP PDIP Puan Maharani melanjutkan safari politik dalam pekan ini dengan mengunjungi Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto

NEWS | 5 Oktober 2022

Aster Kasad Berharap Jajaran TNI AD Mampu Adaptif, Aktual dan Responsif

Aster Kasad, Mayjen TNI Karmin Suharna meminta Apkowil TNI AD tidak terlalu buta dengan perkembangan ekonomi secara global.

NEWS | 6 Oktober 2022

Bertemu Ketua Parlemen Ukraina, Puan Dorong Perdamaian dengan Rusia

Bertemu Ketua Parlemen Ukraina, Puan Maharani mendorong agar terciptanya perdamaian antara Ukraina dan Rusia yang hingga kini masih berperang.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Istri dan Anak Gubernur Papua Lukas Enembe Tolak Pemeriksaan KPK

Istri dan Anak Gubernur Papua Lukas Enembe Tolak Pemeriksaan KPK

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings