Logo BeritaSatu

Jelang Keruk Sampah Muara Cisadane, RIO Gelar Audiensi dengan Dinas Terkait

Selasa, 12 Januari 2021 | 23:28 WIB
Oleh : Chairul Fikri / JAS

Tangerang, Beritasatu.com - Perusahaan Internasional yang peduli lingkungan hidup dan sampah, RIO atau Restoring Integrity to The Ocean (PT Indonesia Oceans Integrity) yang berpusat di Amerika, beberapa waktu lalu mengumumkan akan membantu Indonesia dalam penanganan sampah di laut.

Sampah yang jadi perhatian RIO adalah yang menumpuk seperti sebuah pulau bermuara di ujung kali Cisadane, Tanjung Burung, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang.

RIO bersama tim relawan peduli sampah di Indonesia serta pemrakarsa Naila Novaranti, bersama stakeholder lainnya akan beraksi sosial dengan mengeruk sampah di lokasi Tanjung Burung di awal tahun ini.

Hal tersebut yang mendorong RIO menggelar audiensi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Tangerang yang tujuannya untuk mempersiapkan kegiatan ini.

"Audiensi ini merupakan langkah kita izin kepada pihak Kabupaten Tangerang yang punya wilayah yang akan kita jadikan tempat aksi sosial. Dan kami dari RIO sangat berterima karena akhirnya semua pihak mulai bergabung, karena sampah adalah masalah global termasuk di Indonesia. Ini juga menjadi kemajuan yang luar biasa bisa bekerja sama dengan pihak kami dan Indonesia," ungkap Chief Executive Officer RIO, Kieran Kelly, dalam keterangan persnya, Selasa (12/1/2021).

Ditambahkan Kieran, aksi sosial yang diprakarsai oleh atlet dan instruktur terjun payung internasional, Naila Novaranti ini diharapkan akan bisa membersihkan lingkungan dan juga nantinya bisa dijadikan tempat wisata penerjunan yang bagus.

"Yang pasti kita akan berupaya mengerahkan relawan-relawan pencinta lingkungan untuk bisa ikut serta dalam aksi ini. Dan karena ini akan banyak membutuhkan bantuan seperti alat berat, truk, dan sebagainya untuk mengangkut sampah yang jumlahnya berton-ton. Kami sangat terbuka sekali bila memang ada relawan dan pemerintah manapun yang mau membantu dalam aksi sosial ini," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DLHK Kabupaten Tangerang, Ahmad Taufik menyatakan rasa terima kasihnya kepada pihak RIO yang mau membantu pemerintah Kabupaten Tangerang untuk menangani masalah sampah.

"Kami berterima kasih atas ide pengerukan sampah di Muara Kali Cisadane, dan sangat menyambut baik dan mengapreasi dengan setinggi-tingginya. Kami Pemerintah Kabupaten Tangerang akan membantu, mendukung dengan sebaik-baiknya dan mudah-mudahan rencana ini berjalan dengan baik dan sukses," kata Ahmad Taufik.

"Dan kalau kegiatan ini berhasil, tentu artinya ada langkah-langkah berikutnya yang bisa saja lokasi tersebut akan bisa menarik dan bukan saja menjadi lokasi pariwisata tapi akan menjadi lokasi olahraga seperti bisa untuk olahraga air, terjun payung, joging, lari dan lain-lainya. Dan yang pasti Pemerintah Kabupaten Tangerang akan mendukung sepenuhnya aksi ini," tandas Taufik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Nasdem Capreskan Anies, Airlangga Sebut Golkar Fokus KIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara soal langkah Partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024

NEWS | 5 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Mulai Terjun ke Malang

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) mulai terjun ke lapangan dalam rangka mengusut tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Pesparani Katolik II Siap Digelar di Kupang

Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional II siap digelar di Kupang pada 28 - 31 Oktober 2022 mendatang

NEWS | 5 Oktober 2022

Segera Disidang, Pengacara Harap Bharada E Bisa Bebas

Pengacara Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ronny Talapessy mengungkapkan harapannya menjelang persidangan yaitu bisa bebas

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi: MK Pilar Utama Penegakan Keadilan Konstitusional

Jokowi mengatakan, Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan pilar utama dalam menegakkan constitutional justice (keadilan konstitusional)

NEWS | 5 Oktober 2022

Deputi Pencegahan KPK Diadukan ke Dewas, soal Apa?

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan diadukan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK

NEWS | 5 Oktober 2022

Kesal Penggugat Tak Hadir, Artis Jessica Iskandar Ngamuk di PN Jaksel

Artis Jessica Iskandar tak bisa membendung kekesalannya kepada penggugatnya, Christopher Steffanus Budianto atau Stefan karena tak hadir di PN Jaksel

NEWS | 5 Oktober 2022

63,8 Juta Orang di Indonesia Terima Vaksinasi Dosis Ketiga

Sebanyak 63.823.506 orang Indonesia dari kelompok masyarakat umum sudah menerima vaksinasi dosis ketiga per hari ini.

NEWS | 5 Oktober 2022

Koperasi MMSI Ajak Anggotanya Wujudkan Transformasi Digital 4.0

Koperasi Maju Makmur Sejahtera Indonesia (MMSI) mengajak anggotanya untuk wujudkan transformasi digital 4.0.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jumat, Polisi Panggil Baim Wong dan Paula Verhoeven

Polisi telah mengagendakan pemanggilan terhadap pasangan selebritas Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait kasus prank polisi

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Iklan Digital Menjadi Pengubah Ekosistem Industri <em>Startup</em><em></em>

Iklan Digital Menjadi Pengubah Ekosistem Industri Startup

EKONOMI | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings