KPK Minta MA Perhatikan Fenomena Koruptor Ajukan PK
Logo BeritaSatu

KPK Minta MA Perhatikan Fenomena Koruptor Ajukan PK

Rabu, 6 Januari 2021 | 22:10 WIB
Oleh : Fana Suparman / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Mahkamah Agung (MA) memberikan perhatian khusus atas maraknya terpidana perkara korupsi yang mengajukan Peninjauan Kembali (PK). Hal ini disampaikan Plt Jubir KPK, Ali Fikri menanggapi PK yang diajukan sejumlah koruptor, seperti mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah dan mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola.

"Dengan banyaknya para koruptor mengajukan upaya hukum PK akhir-akhir ini seharusnya pihak MA dapat membacanya sebagai fenomena yang harus menjadi perhatian khusus," kata Ali melalui keterangan tertulis, Rabu (6/1/2021).

Ali mengatakan, KPK memahami PK merupakan hak terpidana yang diatur dalam hukum acara pidana.Sebagai penegak hukum, KPK juga tentu menghormati setiap putusan majelis hakim baik di tingkat pertama sampai upaya hukum luar biasa PK. Namun, yang menjadi persoalan, sebagian besar PK yang diajukan narapidana kasus korupsi pada akhirnya dikabulkan MA dengan mengkoreksi terhadap putusan sebelumnya baik pertimbangan fakta, penerapan hukum maupun amar putusannya.

KPK khawatir, jika hukuman koruptor terus 'disunat' akan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan. Imbasnya, upaya pemberantasan korupsi tidak akan berjalan maksimal.

"Jika ini tetap berlanjut, kami khawatir tingkat kepercayaan masyarakat atas lembaga peradilan akan semakin menurun sehingga upaya pemberantasan korupsi yang sedang kita lakukan bersama tidak membuahkan hasil yang maksimal," kata Ali.

Untuk itu, KPK meminta MA menaruh perhatian serius terhadap pembinaan teknis peradilan bagi para hakim tipikor di tingkat pertama maupun banding. Hal ini untuk mencegah terus berulangnya koreksi yang dilakukan MA melalui putusan PK terhadap putusan perkara korupsi di tingkat pertama hingga Kasasi.

"Karena itu jika memang banyak koreksi terhadap putusan perkara Tipikor sebelumnya maka kami memandang bahwa soal pembinaan teknis peradilan bagi para hakim Tipikor di tingkat bawahnya sudah seharusnya juga menjadi perhatian serius pihak MA," kata Ali.

Dalam kesempatan ini, Ali memastikan, KPK selalu siap menghadapi setiap upaya PK yang diajukan para koruptor, termasuk PK Zumi Zola yang sidang perdananya digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta pada hari ini. KPK memastikan, tim Jaksa Penuntut Umum segera menyusun dan menyerahkan kontra memori PK Zumi Zola ke MA melalui Pengadilan Tipikor Jakarta.

"Zumi Zola hari ini sidang PK perdana, dilanjutkan tanggal 22 Januari 2021 dengan acara bukti dari pemohon dan dilanjutkan penyampaian pendapat Jaksa. KPK tentu siap menghadapi Permohonan PK yang diajukan oleh pihak terpidana tersebut. Tim JPU akan segera menyusun pendapatnya dan menyerahkan kontra memori PK tersebut kepada MA melalui Majelis Hakim PK di PN Tipikor Jakarta Pusat," kata Ali.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Banjir Masih Rendam Delapan Kecamatan di Aceh Timur

8 kecamatan di kabupaten Aceh Timur masih terendam banjir akibat curah hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa hari lalu.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Wali Kota Batu Tidak Tahu Alasan KPK Geledah Tiga Kantor Dinas

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengaku tidak mengetahui tujuan penggeledahan yang dilakukan tim penyidik KPK.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Kebangkitan Pariwisata, GIPI: Sandiaga Gerak Cepat

Komitmen Sandiaga menjadikan wisatawan nusantara sebagai andalan sangat tepat.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Banjir Rendam Sejumlah Wilayah di Kota Kediri

Sejumlah daerah di Kota Kediri, Jawa Timur, terendam banjir setelah hujan deras mengguyur daerah itu sejak Rabu (6/1/2021) sore.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Kepala Daerah di Jabar Diminta Bersiap Terapkan Pembatasan Aktivitas

Persiapan ini seiring keputusan pemerintah pusat yang meminta adanya pembatasan aktivitas per 11-25 Januari 2021 mendatang.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Masa Jabatan Akan Berakhir, Pasha "Ungu" Pamit Kepada Warga Kota Palu

Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah Sigit Purnomo Said berpamitan kepada warga Kota Palu jelang berakhirnya masa jabatannya pada 17 Februari 2021.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Pinangki Tegaskan Dapat Action Plan Djoko Tjandra dari Andi Irfan

Pinangki Sirna Malasari kembali mengklaim tak tahu-menahu mengenai action plan permintaan fatwa ke MA melalui Kejagung untuk membebaskan Djoko Tjandra.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Ini 8 Kegiatan Masyarakat yang Terkena Pembatasan Kegiatan

Pemerintah memastikan subsidi listrik untuk masyarakat tetap akan berlanjut pada tahun 2021.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Pemekaran Papua Harus Perhatikan Kebutuhan Masyarakat

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Papua Barat, Filep Wamafma mengatakan keliru kalau menilai pemekaran menjadi sebuah opsi dalam mencegah disintegrasi

NASIONAL | 6 Januari 2021

Rekening FPI Diblokir, Polri: Tunggu Hasil PPATK

Mabes Polri tidak mau berspekulasi terkait ada atau tidaknya unsur pidana yang akan ditemukan PPATK terkait rekening FPI.

NASIONAL | 6 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS