Banjir Masih Rendam Delapan Kecamatan di Aceh Timur
Logo BeritaSatu

Banjir Masih Rendam Delapan Kecamatan di Aceh Timur

Rabu, 6 Januari 2021 | 21:34 WIB
Oleh : YUD

Banda Aceh, Beritasatu.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Timur menyatakan delapan kecamatan di kabupaten setempat masih terendam banjir akibat curah hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa hari lalu hingga ketinggian air hingga satu meter.

"Benar hingga Rabu (6/1/2021) sore di delapan kecamatan di Aceh Timur masih terendam banjir dengan ketinggian air 20-80 centimeter. Namun di sejumlah titik lainnya banjir mulai surut," kata Kepala BPBD Aceh Timur Ashadi, Rabu.

Dia menjelaskan delapan wilayah yang masih terendam banjir meliputi Desa Paya Bili Sa, Paya Bili Dua dan Buket Seulamat di Kecamatan Birem Bayeun. Desa Paya Palas, Seumanah Jaya dan Seumali di Kecamatan Rantau Peureulak.

Kemudian Desa Alue Lhok, Paya Awe, Seuneubok Buya dan Paya Gaboh di Kecamatan Idi Tunong. Desa Blang Rambong, Uram Jalan, Benteng, Pango, Paya Laman, Jalan Dua dan Panton Rayeuk di Kecamatan Banda Alam.

Selanjutnya Desa Teupin Breuh, Kecamatan Simpang Ulim, Desa Beusa Seberang, Kecamatan Peureulak Barat, Desa Cek Mbon Kecamatan Peureulak dan Desa Pante Rambong Kecamatan Pante Bidari.

"Selain rumah terendam, banjir juga merusak satu unit rumah warga seperti di Desa Paya Awe Kecamatan Idi Tunong. Kondisinya rusak berat akibat terjadi tanah longsor," kata Ashadi.

Di samping itu juga terjadi kerusakan jalan akibat longsor tebing 15 dan 30 meter seperti di Desa Alue Sentang dan Desa Alue Gadeng, Kecamatan Birem Bayeun, serta Desa Seunebok Cina Kecamatan Indra Makmur dan Desa Keude Kecamatan Darul Aman.

"Untuk kerugian yang terdampak di bidang pertanian, perkebunan dan kerusakan fasilitas pendidikan hingga saat ini masih dalam pendataan instansi terkait," kata Ashadi.

Pemerintah Aceh Timur, lanjut dia, juga telah menyalurkan bantuan logistik kepada warga yang berada di sejumlah titik pengungsian sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan banjir sejak awal 2021 itu tidak hanya melanda Aceh Timur, tetapi juga daerah lain seperti Kota Lhokseumawe, Aceh Utara dan Kota Langsa.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Wali Kota Batu Tidak Tahu Alasan KPK Geledah Tiga Kantor Dinas

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengaku tidak mengetahui tujuan penggeledahan yang dilakukan tim penyidik KPK.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Kebangkitan Pariwisata, GIPI: Sandiaga Gerak Cepat

Komitmen Sandiaga menjadikan wisatawan nusantara sebagai andalan sangat tepat.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Banjir Rendam Sejumlah Wilayah di Kota Kediri

Sejumlah daerah di Kota Kediri, Jawa Timur, terendam banjir setelah hujan deras mengguyur daerah itu sejak Rabu (6/1/2021) sore.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Kepala Daerah di Jabar Diminta Bersiap Terapkan Pembatasan Aktivitas

Persiapan ini seiring keputusan pemerintah pusat yang meminta adanya pembatasan aktivitas per 11-25 Januari 2021 mendatang.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Masa Jabatan Akan Berakhir, Pasha "Ungu" Pamit Kepada Warga Kota Palu

Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah Sigit Purnomo Said berpamitan kepada warga Kota Palu jelang berakhirnya masa jabatannya pada 17 Februari 2021.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Pinangki Tegaskan Dapat Action Plan Djoko Tjandra dari Andi Irfan

Pinangki Sirna Malasari kembali mengklaim tak tahu-menahu mengenai action plan permintaan fatwa ke MA melalui Kejagung untuk membebaskan Djoko Tjandra.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Ini 8 Kegiatan Masyarakat yang Terkena Pembatasan Kegiatan

Pemerintah memastikan subsidi listrik untuk masyarakat tetap akan berlanjut pada tahun 2021.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Pemekaran Papua Harus Perhatikan Kebutuhan Masyarakat

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Papua Barat, Filep Wamafma mengatakan keliru kalau menilai pemekaran menjadi sebuah opsi dalam mencegah disintegrasi

NASIONAL | 6 Januari 2021

Rekening FPI Diblokir, Polri: Tunggu Hasil PPATK

Mabes Polri tidak mau berspekulasi terkait ada atau tidaknya unsur pidana yang akan ditemukan PPATK terkait rekening FPI.

NASIONAL | 6 Januari 2021

Ini Alasan Djoko Tjandra Kembali ke Indonesia

Djoko Tjandra memutuskan kembali ke Indonesia karena tidak lagi mendapatkan dukungan dari Pemerintah Malaysia.

NASIONAL | 6 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS