Ratu Munawaroh Gagal Mengembalikan Kejayaan Dinasti Nurdin di Jambi
Logo BeritaSatu

Ratu Munawaroh Gagal Mengembalikan Kejayaan Dinasti Nurdin di Jambi

Jumat, 18 Desember 2020 | 10:45 WIB
Oleh : Radesman Saragih / JEM

Jambi, Beritasatu.com - Perjuangan Ratu Munawaroh,istri gubernur Jambi dua periode (1999-2004 dan 2005-2010) Zulkifli Nurdin, untuk mengembalikan kejayaan dinasti Nurdin dalam pentas pemerintahan dan perpolitikan dan Jambi, kandas. Dalam Pilkada Serentak 2020, Ratu Munawaroh yang juga ibu dari mantan Gubernur Jambi Zumi Zola ((2016-2018), gagal meraih kemenangan pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Jambi pada 9 Desember 2020.

Berdasarkan hasil penghitungan suara Pilgub Jambi melalui aplikasi Sistem Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (17/12/2020), Ratu Munawaroh yang mengikuti kontestasi Pilgub Jambi sebagai calon wakil gubernur bersama pasangannya Cek Endra sebagai calon gubernur Jambi, kalah tipis dari pesaing kuat mereka, pasangan Al Haris-bdullah Sani.

Pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh hanya meraih 585.436 suara atau 37,3% dari total 1.568. 266 suara sah. Mereka tertinggal 12.082 suara (2%) dibandingkan perolehan suara pasangan Al Haris-Abdullah Sani, sekitar 597.518 suara (38,1%).

Pasangan cagub Jambi nomor urut 1 tersebut pun sudah tidak bisa lagi mengejar ketertinggalan perolehan suara rivalnya karena suara hasil Pilgub Jambi yang masuk ke aplikasi Sirekap KPU hingga sudah mencapai 100%.

Pasangan cagub dan cawagub Jambi yang diusung koalisi Golkar dan PDIP tersebut hanya bisa membalikkan keadaan menjadi pemenang pilkada, jika ada kasus kecurangan pilkada dan berhasil memenangkan gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK), mengingat selisih kemenangan sangat tipis hanya 2%.

Direktur Tim Media Center Cek Endra-Ratu Munawaroh, Desy Arianto belum apakah mau menerima kekalahan sebelum ada penghitungan suara dan penetapan pemenang Pilgub Jambi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi.

“Berdasarkan aplikasi Sirekap KPU dengan data perolehan suara masuk 100%, Cek Endra-Ratu Munawaroh hanya kalah tipis, hanya sekitar 2%. Jadi kami menunggu hasil rekapitulasi perolehan suara Pilgub Jambi yang dilakukan KPU,” paparnya.

Secara terpisah, Ratu Munawaroh mengatakan, dirinya masih berharap ada keajaiban terkait hasil Pilgub Jambi karena kekalahan mereka dalam Pilgub Jambi sangat tipis. Selain itu berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan lembaga survei Puspol Indonesia dan Charta Politica, pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh unggul perolehan suara dibanding pasangan Al Haris-Abdullah Sani.

Demikian juga perolehan suara pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh pada Pilgub Jambi masih berpeluang bertambah jika rekapitulasi perolehan suara sudah dilakukan KPU Provinsi Jambi.

"Saya mengharap seluruh pendukung Cek Endra – Ratu Munawaroh terus berjuang mengawal perolehan suara hingga ke KPU Provinsi Jambi. Saya tidak ingin perjuangan para pendukung dan simpatisan kami sia-sia,”katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Arsitektur Hijau Mendukung Adaptasi Perubahan Perilaku

Arsitektur hijau dan ruang terbuka publik turut berkontribusi terhadap adaptasi perubahan perilaku dan protokol kesehatan di masa pandemi.

NASIONAL | 18 Desember 2020

Tuntaskan Kasus Kotak Amal, Baznas Dukung Penegakan Hukum oleh Polri

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mendukung penegakan hukum oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam kasus kotak amal yang disalahgunakan untuk kegiatan terorisme dan kriminal lainnya

NASIONAL | 18 Desember 2020

Aksi yang Bertujuan Pengaruhi Proses Hukum Tidak Boleh Dibiarkan

Rizieq sebelumnya ditahan atas tuduhan dugaan penghasutan dan pelanggaran protokol kesehatan (prokes).

NASIONAL | 18 Desember 2020

Peringati Hari Ibu, FFI dan Foodbank Gelar Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia

Program Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia yang mengajak para Ibu (Kader, PAUD, TBM) bergerak bersama memerangi kelaparan pada balita di 15 Kabupaten/Kota Indonesia.

NASIONAL | 18 Desember 2020

Polisi Tembak Mati Pengedar Narkoba di Surabaya

Polisi mengamankan senjata api jenis revolver yang sempat digunakan pelaku FP untuk melawan petugas.

NASIONAL | 17 Desember 2020

Pendatang ke Kota Malang Harus Tunjukkan Hasil Tes Negatif Covid-19

Masyarakat dari luar kota yang datang ke Kota Malang harus menujukkan hasil PCR atau rapid test negatif Covid-19 yang masih berlaku.

NASIONAL | 17 Desember 2020

Petugas KPPS Asmat Diduga Diintimidasi

Petugas KPPS diduga diintimidasi pihak terkait dari petinggi DPRD dan Kepala Kampung Omanasep, Distrik Betcbamu, Kabupaten Asmat.

NASIONAL | 17 Desember 2020

50 Persen Rumah Tangga Belum Mengelola Sampah Mandiri

Data survei mengungkapkan 50 persen rumah tangga belum mengelola sampah dengan benar.

NASIONAL | 17 Desember 2020

Oknum Petugas PPS dan KPPS di Asmat Diduga Coblos Surat Suara

Anggota PPS dan KPPS di Kampung Awok, Distrik Sirets, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua diduga melakukan kecurangan.

NASIONAL | 17 Desember 2020

DPP Organda Pertanyakan Kewajiban Rapid Test Keluar-Masuk Jakarta

DPP Organda mempertanyakan teknis pengecekan rapid test antigen bagi pengguna transportasi darat yang keluar-masuk Jakarta selama libur Natal dan Tahun Baru.

NASIONAL | 17 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS