Cegah Konflik, Warga Jambi Diminta Tak Terjebak Euforia Kemenangan Pilkada
Logo BeritaSatu

Cegah Konflik, Warga Jambi Diminta Tak Terjebak Euforia Kemenangan Pilkada

Jumat, 11 Desember 2020 | 12:01 WIB
Oleh : Radesman Saragih / JEM

Jambi, Beritasatu.com - Masyarakat Jambi diminta tidak terjebak euforia kemenangan calon kepala daerah hasil hitung cepat (quick count) yang diumumkan beberapa lembaga survei. Pengumuman hasil pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 yang dikeluarkan beberapa lembaga survei tersebut bisa memicu konflik antarpendukung pasangan calon kepala daerah karena hasilnya berbeda-beda. Hasil quick count yang berbeda antarlembaga survei membuat masyarakat bisa saling klaim kemenangan pasangan calon kepala daerah yang mereka dukung.

“Saya meminta seluruh warga masyarakat di Kabupaten Bungo menahan diri terkait pengumuman beberapa lembaga survei mengenai pemenang pilkada melalui hasil quick count. Segenap warga masyarakat Bungo kami harapkan menunggu hasil rekapitulasi resmi KPU Provinsi Jambi dan Kabupaten Bungo mengenai pemenang pilkada. Jangan hanya gara-garasaling klaim menang, warga menjadi ricuh,”kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, Muhammad Bisri, Jumat (11/12/2020).

Menurut Muhammad Bisri, suasana politik di Bungo masih tetap panas pascapemungutan suara menyusul tingginya publikasi mengenai hasil quick count pilkada di media sosial (medsos) dan media massa. Hasil quick count tersebut dinilai bisa menjadi acuan, tetapi tidak bisa dijadikan kepastian mengenai kemenangan calon kepala daerah karena masih ada penghitungan secara manual yang dilakukan KPU.

“Karena itu kami mengharapkan seluruh tim dan pendukung semua calon kepala daerah tidak merayakan kemenangan calon yang mereka dukung dengan mengumpulkan massa. Hal tersebut bisa menimbulkan konflikdan juga memicu terjadinya penularan Covid-19,”katanya.

Secara terpisah, Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo juga semua tim sukses dan pendukung calon kepala daerah di Jambi menahan diri terkait pengumuman lembaga survei mengenai kemenangan para pasangan calon kepala daerah. Warga masyarakat Jambi diharapkan tetap menunggu pasangan calon kepala daerah pemenang pilkada sesuai hasil penghitungan suara yang dilakukan KPU di Jambi.

“Saya mengimbau kepada segenap warga masyarakat Jambi, khususnya para pasangan calon dan tim sukses menunggu hasil pengitungan resmi dari KPU mengenai perolehan suara yang diraih setiap pasangan calon kepala daerah. Jangan sampai ada pengerahan massa untuk merayakan kemenangan pasangan calon kepala daerah yang dinyatakan unggul berdasarkan hasil quick count,”katanya.

A Rachmad Wibowo juga mengingatkan agar seluruh paangan calon kepala daerah di Jambi tetap komitmen terhadap pernyataan mereka sebelum pilkada, yaknisiap menang siap kalah. Untuk itu, para calon kepala daerah yang menang diharapkan tidak sampai melakukan kegiatan pengumpulan massa di tengah pandemic ini. Sebaliknya juga pasangan calon kepala daerahyang kalah tidak melakukan protes hasilpilkada dengan mengerahkan massa.

"Bila mana nanti ada yang tidak puas dengan hasil pilkada ini, kan sudah ada jalurnya yakni melalui Mahkamah Konstitusi. Jadi jalur hukum inilah yang harus ditempuh bila ada ketidak-puasan mengenai hasil pilkada,”katanya.

Saling Klaim

Sementara itu, dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jambi, pasangan nomor urut 1, Cek Endra-Ratu Munawaro dan pasangan nomor urut 2, Al Haris – Abdullah Sani saling klaim kemenangan menyusul pengumuman hasil quick count perolehan suara pilkada yang dilakukan beberapa lembaga survei.

Pasangan Al Haris - Abdullah Sani mengklaim kemenangan karena berdasarkan hasil quick count yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (Cikom-LSI), mereka meraih suara terbanyak, yakni 38,83 %. Sedangkan pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh meraih suara 36,88%.

Sedangkan pasangan Cek Endra - Ratu Munawarah mengklaim kemenangan karena hasik quick count yang dilakukan Charta Politica Indonesia menunjukkan mereka meraih suara 37,71%, mengalahkan pasangan Al Haris - Abdullah Sani yang meraih suara 36,97%. Hasil quick count yang dilakukan Pusat Polling Indonesia juga menempatkan pasangan Cek Enrda-Ratu Munawaroh peraih suara terbanyak, yakni 38,53%. Sedangkan pesaingnya, Al Haris - Abdullah Sani meraih suara 36,91%.

Menyikapi hasil survei tersebut, Calon Gubernur Jambi, AlHaris mengatakan, pihaknya tetap menunggu hasil resmi perolehan suara pilkada yang diumumkan KPU Provinsi Jambi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung perjuangan kami selama pilkada ini. Mengenai hasil quick count yang menyatakan kami meraih suara terbanyak, kami sambut dengan baik. Namun kami meminta segenap pendukung kami tetap menunggu hasil pengumuman pengitungan suara yang dilakukan KPU Jambi,”katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Geledah Rumah Eks Sekda Banjar, KPK Amankan Dokumen

Penggeledahan ini bagian dari proses penyidikan kasus dugaan korupsi proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar Tahun Anggaran 2012-2017.

NASIONAL | 11 Desember 2020

Rencana Karantina Pemudik, Pemkot Solo Diminta Buat Call Center

Masyarakat yang ingin masuk ke Solo lanjut Ganjar diminta melakukan komunikasi.

NASIONAL | 11 Desember 2020

Masyarakat Adat Minta KPK Turun Tangan terkait Dugaan Korupsi di Mimika

Indikasi korupsi yang dilakukan oleh Bupati Mimika menjadi perhatian serius bagi masyarakat adat setempat.

NASIONAL | 11 Desember 2020

Kejagung Periksa Tiga Saksi Kasus Korupsi Pembelian Gas Bumi Sumsel

pemeriksaan saksi dilakukan guna mencari fakta hukum serta mengumpulkan alat bukti guna membuktikan tindak pidana yang terjadi pada proses pembelian gas bumi.

NASIONAL | 11 Desember 2020

Dihadiri 333 Anggota DPR, Puan Tutup Masa Sidang II

Mulai 12 Desember 2020 sampai 10 Januari 2021 DPR memasuki Masa Reses Masa Persidangan II Tahun Sidang 2020-2021.

NASIONAL | 11 Desember 2020

Puan Harap Prolegnas 2021 Ditetapkan dengan Cermat

Tahun 2020, DPR bersama pemerintah dan melibatkan DPD telah menetapkan sebanyak 13 RUU menjadi Undang-Undang.

NASIONAL | 11 Desember 2020

Pemkot Jambi Izinkan Perayaan Natal dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Perayaan Natal di Jambi bisa dilakukan secara virtual maupun tatap muka.

NASIONAL | 11 Desember 2020

Raih Kemenangan 70 Persen di Pilkada, Golkar Sumut Siap Sambut Pemilu Presiden 2024

Ketua Dewan Pakar Golkar Sumut, RE Nainggolan menyampaikan, peluang Golkar sangat besar dalam meraih empati masyarakat.

NASIONAL | 11 Desember 2020

Berbelanja Produk UMKM, Klaster BUMN Pangan Akan Efektif?

Tidak perlu menimbun makanan di rumah

NASIONAL | 11 Desember 2020

Bantu Sesama dengan Belanja di Warung atau Toko Kelontong

Wujud kepedulian bersama untuk membantu tetangga yang tengah kesulitan.

NASIONAL | 11 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS