Pasien Lansia 95 Tahun di Pontianak Sembuh dari Covid-19
Logo BeritaSatu

Pasien Lansia 95 Tahun di Pontianak Sembuh dari Covid-19

Jumat, 4 Desember 2020 | 07:30 WIB
Oleh : HS

Pontianak, Beritasatu.com - Tadjeri Soelaiman (95) satu di antara tujuh pasien lanjut usia yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah, setelah menjalani isolasi dan dirawat di Rumah Isolasi Rusunawa Nipah Kuning di Pontianak sejak dua pekan lalu.

Sebelum kepulangan mereka ke rumah masing-masing, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Kamis (3/12/2020), menyempatkan diri untuk memberikan bingkisan dan dukungan moril kepada mereka yang baru sembuh dari Covid-19 itu. "Kesembuhan tidak hanya bagi pasien yang berusia muda, bahkan yang berusia lanjut seperti Bapak Tadjeri bisa sembuh," ujarnya saat berkunjung ke Rumah Isolasi Rusunawa Pontianak.

Saat ini yang masih diisolasi dan dirawat di Rusunawa tercatat sebanyak 40 pasien, dan rata-rata mereka menjalani isolasi antara 10 hingga 14 hari, terkecuali bagi mereka yang bergejala. "Kita harapkan mereka yang telah sembuh ini bisa menjadi duta dalam menyampaikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Ia berharap tingkat kesembuhan lebih cepat. Dengan memberikan perawatan yang teratur, mulai dari pengobatan, menu makanan, olahraga seperti senam dan berjemur di bawah sinar matahari pagi.
Edi mengimbau kepada warga agar tetap semangat bahwa virus ini bisa dilawan dengan menerapkan protokol kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh. "Saya harapkan warga Kota Pontianak tetap waspada dan patuh pada protokol kesehatan supaya tidak muncul kluster-kluster baru," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu mengatakan kunci kesembuhan pasien Covid-19 adalah daya tahan tubuh atau imunitas, dan daya tahan tubuh tersebut dipengaruhi dari pikiran. "Sehingga jika tidak stres, selalu bergembira dan tidak pernah takut maka diyakini bisa menjadi faktor terbesar terjadinya kesembuhan. Tentunya dengan pikiran yang baik maka perilaku seperti makan dan aktivitas lainnya tidak terganggu," katanya.

Dia menerangkan, saat pertama kali datang, pasien berusia 95 tahun itu dengan kondisi lemah, kemudian meminta untuk dijemput di rumah untuk dirawat di Rusunawa Nipah Kuning hingga kondisi terus membaik. "Pada saat masuk ke Rusunawa, pasien berbaring kurang lebih dua pekan yang lalu," jelas Sidiq.

Dirinya menambahkan, faktor usia memang menjadi penting terhadap risiko, akan tetapi bila faktor usia tersebut tidak disertai komorbid, misalnya penyakit kegemukan, kencing manis dan hipertensi, maka risikonya rendah. "Pasien ini jika dari aspek fisik tidak gemuk, bapak ini (pasien sembuh) sepertinya dia enjoy aja, jadi tidak stres dan tidak takut," katanya.

Salah satu penyebab menurunnya daya tahan tubuh adalah pikiran. Sidiq menyebut, dari aspek pencegahan, setiap pasien terkonfirmasi positif Covid-19 harus dilakukan isolasi. "Kemudian bagi yang telah dikarantina baik di rumah maupun tempat isolasi maka yang harus diperhatikan adalah tidak boleh stres," pesannya.

Dia menambahkan, selama belum ada vaksin untuk mencegah virus corona, maka yang paling kuat untuk melawan adalah daya tahan tubuh. "Karena dengan imunitas maka akan timbul kekebalan untuk melawan virus," katanya.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Urban Farming Tumbuhkan Jiwa Entrepreneurship

Program Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Urban Farming merupakan komitmen PT PII dalam memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar proyek.

NASIONAL | 4 Desember 2020

DPRD Klungkung Sarankan Pinjaman PEN untuk Pembangunan Rumah Sakit

Namun, disarankan pihak eksekutif merancang dan menyusun pinjaman PEN sesuai dengan skema kebutuhan masyarakat.

NASIONAL | 3 Desember 2020

Pembelajaran Tatap Muka Dituntut Disiplin Tinggi

Pembelajaran tatap muka di perguruan tinggi menuntut kedisiplinan tinggi dari para mahasiswa.

NASIONAL | 2 Desember 2020

Difitnah Berperan Penjarakan Edhy Prabowo, Ali Mochtar Ngabalin Lapor Polisi

Dikatakan Ali Ngabalin, dirinya merasa difitnah karena disebut memiliki konstribusi sebagai orang yang berperan memenjarakan Edhy Prabowo.

NASIONAL | 3 Desember 2020

Kontribusi Kelompok Separatis untuk Masyarakat Papua Dipertanyakan

Kontribusi tokoh-tokoh separatis Papua terhadap masyarakat dipertanyakan.

NASIONAL | 3 Desember 2020

Covid-19 Meningkat, Pemkot Bandung Kembali Terapkan PSBB Proporsional

Pembatasan berkaitan dengan kapasitas serta jam operasional dari berbagai kegiatan. Antara lain, hotel, restoran, tempat hiburan, tempat ibadah, pariwisata.

NASIONAL | 3 Desember 2020

Golkar Pastikan Kemenangan Pilkada Serentak di Sumut

Hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 23 kabupaten/kota di Sumut, akan menentukan peta politik Golkar saat pesta demokrasi selanjutnya.

NASIONAL | 3 Desember 2020

Kejar MIT, Pimpinan DPR Dukung Perintah Tembak di Tempat

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mendukung perintah tembak di tempat yang dilontarkan Kapolri Idham Azis jika kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) melawan.

NASIONAL | 3 Desember 2020

Misbakhun: Jokowi Tak Kurangi Dana Desa

Dampak pandemi Covid-19 telah memaksa pemerintahan semua negara mencari strategi baru dalam pengelolaan anggaran.

NASIONAL | 3 Desember 2020

SDM Unggul Disebut Kunci Indonesia Jadi Negara Maju 2045

Indonesia disebut dapat menjadi salah satu negara maju atau high income pada 2045.

NASIONAL | 3 Desember 2020


TAG POPULER

# Sepeda Motor Masuk Tol


# Pemerasan Wali Kota


# KRI Nanggala


# Universitas Nusa Mandiri


# Larangan Mudik



TERKINI

Satgas Tak Anjurkan WNI Pulang ke Indonesia pada Masa Pandemi

KESEHATAN | 19 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS