Pemilih di Jambi Tak Perlu Bawa Keterangan Bebas Covid-19
Logo BeritaSatu

Pemilih di Jambi Tak Perlu Bawa Keterangan Bebas Covid-19

Kamis, 3 Desember 2020 | 16:05 WIB
Oleh : Radesman Saragih / LES

Jambi, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi tidak mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan pemilih membawa surat keterangan bebas Covid-19 pada pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak, 9 Desember 2020. Namun pemilih di daerah itu diwajibkan mematuhi protokol kesehatan secara ketat ketika datang dan melakukan pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Hal tersebut dikatakan Ketua KPU Provinsi Jambi, HM Subhan di Jambi, Kamis (3/12/2020) terkait peningkatan pencegahan penularan Covid-19 pada pemungutan suara Pilkada Serentak 2020.

Menurut HM Subhan, kewajiban membawa surat keterangan Covid-19 bagi pemilih yang akan menggunakan hak pilih mereka pada pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 berpotensi mengurangi partisipasi pemilih. KPU Jambi justru mengharapkan meningkatnya partisipasi pemilih dengan menciptakan kondisi pemungutan suara yang aman melalui penerapkan protokol kesehatan.

“Para pemilih di Jambi tidak perlu membawa surat keterangan Covid-19 untuk menggunakan hak suara mereka di TPS pada pemungutan suara nanti. Tetapi para pemilih diwajibkan mematuhi seluruh rangkaian protokol kesehatan mulai dari waktu keberangkatan dari rumah hingga penggunaan hak pilih di TPS,”katanya.

Dijelaskan, tahapan pertama yang harus dilakukan pemilih di Jambi untuk menghindari kerumunan di TPS, yakni mematuhi jadwal kedatangan ke TPS yang diberikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Seluruh KPPS di Provinsi Jambi telah memberikan jadwal kedatangan ke TPS kepada para pemilih untuk membatasi jumlah pemilih di TPS.

“Kemudian pemilih yang datang ke TPS wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjalani pengukuran suhu tubuh dan memakai sarung tangan. Jadi tidak ada kewajiban pemilih membawa surat keterangan bebas Covid-19. Pemilih yang memiliki suhu tubuh di atas 37,30 derajat clecius disediakan bilik khusus untuk memilih,”katanya.

HM Subhan mengatakan, untuk mengurangi jumlah pemilih di TPS, KPU Provinsi Jambi juga sudah menambah 700 TPS se-Provinsi Jambi. Melalui penambahan TPS tersebut, jumlah pemilih di setiap TPS maksimal 500 orang. Pemilih tidak bisa hadir secara serentak di TPS karena mereka sudah memiliki jadwal penggunaan hak pilih di TPS.

Sementara itu Kepala Perwakilan Ombudsman Ri Provinsi Jambi Jafar Ahmad mengatakan, pihaknya akan mengawasi penerapan protokol kesehatan di setiap TPS pada pemungutan suara Pilkada Serentak, 9 Desember 2020 di Provinsi Jambi. Fokus pengawasan tersebut antara lain, pemakaian masker, jaga jarak, ketersediaan sarana cuci tangan dan sabun, jaga jarak, ketersediaan sarung tangan dan adanya kerumunan pemilih.

"Kami sudah melakukan kajian dan pemantauan kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di Jambi. Sesuai aturan, pelaksanaan pilkada harus taat protokol kesehatan Covid-19. Kami akan tegur jika ada pelanggaran protokol kesehatan di TPS nanti. Warga juga kami imbau melapor ke Ombudsman Jambi jika terjadi pelanggaran protokol kesehatan pada pemungutan dan penghitungan suara di TPS,"katanya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pilkada di Sumut, Satgas Covid-19 Ditempatkan di Setiap TPS

Total ada sebanyak 19.919 TPS dikabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada di Sumut. Setiap TPS akan ditempatkan petugas satuan tugas.

NASIONAL | 3 Desember 2020

Presiden: Wujudkan Perlindungan Penyandang Disabilitas Berbasis Hak Asasi Manusia

Presiden Jokowi meminta agar semua pihak bekerja sama membantu mewujudkan perlindungan penyandang disabilitas berbasis hak asasi manusia.

NASIONAL | 3 Desember 2020

Lazismu Akan Sahkan RAPB Nasional 2021

RAPB juga menjadi peta bagi pergerakan Lazismu selama satu tahun ke depan.

NASIONAL | 3 Desember 2020

Kasus Suap Izin Benur, KPK Periksa Edhy Prabowo

Selain Edhy Prabowo, dalam mengusut kasus ini, tim penyidik juga memeriksa tersangka lainnya yakni, seorang swasta Amiril Mukminin.

NASIONAL | 3 Desember 2020

Ganjar Imbau Warga Jateng Libur Akhir Tahun di Rumah

Ganjar juga mengingatkan agar masyarakat yang melakukan libur akhir tahun agar tetap waspada.

NASIONAL | 3 Desember 2020

Kasus Dugaan Makar 2019, Eggi Sudjana Tidak Hadiri Panggilan Polisi

Eggi berulang tahun hari ini dan ada kegiatan dengan keluarga sampai malam sehingga tidak bisa hadir.

NASIONAL | 3 Desember 2020

DPR Dukung TNI dan Polri Tegakkan Aturan di Papua dan Sigi

Azis menegaskan Papua dan Papua Barat merupakan wilayah NKRI.

NASIONAL | 3 Desember 2020

Geledah Rumah Edhy Prabowo, KPK Sita 8 Sepeda dan Uang Rp 4 Miliar

Penggeledahan ini terkait penyidikan kasus dugaan suap izin ekspor benur yang menjerat Edhy Prabowo selaku Menteri Kelautan dan Perikanan.

NASIONAL | 3 Desember 2020

KPK Periksa Eks Petinggi Garuda Indonesia Tersangka Kasus Suap

KPK menetapkan mantan Direktur Teknik dan Pengelolaan Armada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Hadinoto Soedigno sebagai tersangka.

NASIONAL | 3 Desember 2020

Gubernur Lemhannas: Polri Tidak Boleh Kalah Hadapi Tekanan Ormas

Jika ada yang melanggar, maka aparat kepolisian diminta tidak ragu untuk menindak tegas.

NASIONAL | 3 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS