Logo BeritaSatu

DPR Dukung TNI dan Polri Tegakkan Aturan di Papua dan Sigi

Kamis, 3 Desember 2020 | 14:03 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin bicara mengenai kondisi keamanan di Papua, Papua Barat, dan Sigi di Sulawesi Tengah. Azis menegaskan DPR mendukung penuh setiap kebijakan yang diambil pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Demikian halnya langkah yang diambil TNI dan Polri untuk menegakkan aturan sekaligus menciptakan stabilitas keamanan.

"Menyikapi perkembangan yang sama-sama ketahui di Papua, Papua Barat, dan Sigi, tentu kami dari DPR telah bicara dan support pemerintahan Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma'ruf, khususnya aparatur TNI dan Polri untuk tegakkan mekanisme dan aturan sesuai UU yang berlaku," kata Azis saat jumpa pers di Gedung Nusantara III, kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Pada kesempatan itu, Azis didampingi Anggota DPR dari daerah pemilihan (dapil) Robert J Kardinal. Azis menegaskan Papua dan Papua Barat merupakan wilayah NKRI.

"Dalam dalam konteks Papua dan Papua Barat, ini merupakan bagian dari NKRI. Kami harap TNI Polri untuk tegakkan aturan perundang-undangan yang berlaku secara objektif dan terukur. Hal ini untuk menjaga keutuhan NKRI, dan keselamatan seluruh warga negara," tegas Azis.

"Begitu juga kejadian yang ada di Sigi yang kita tahu bahwa DPR juga men-support pemerintah untuk melakukan pencegahan secara preventif dan menegakkan aturan secara tegas dan terukur."

Diketahui, aksi pembakaran rumah salah satu pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sempat terjadi di Boven Digoel. Di sisi lain, United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) mendeklarasikan pemerintahan sementara Papua Barat. Sementara di Sigi, aparat TNI dan Polri terus mengejar kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang belum lama ini membunuh satu keluarga.

Pilkada
Terkait Pilkada Serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020, Azis optimistis teknisnya sudah disiapkan KPU, Bawaslu, dan DKPP. Sementara menyangkut keamanan, Polri dibantu TNI pun tentu sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan keamanan.

"Kita harap pilkada dapat melahirkan pemimpin yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Sampai saat ini, kondisi pilkada berlangsung aman. Insyaallah bisa terlaksana dengan baik," ujar Azis.

Sementara itu, Robert menyatakan perkembangan Papua dan Papua Barat, menjelang pilkada memang perlu mendapat atensi khusus. "Mari kita sama-sama menjaga supaya hal-hal yang terjadi di Papua dan Papua Barat bisa diatasi dengan baik sehingga pilkada berjalan aman. Kebetulan saya baru sampai dari Papua Barat. Masyarakat semua antusias, secara baik dan tertib menerapkan protokol kesehatan," kata Robert.

Pada bagian lain, Robert menilai otonomi khusus (Otsus) menjadi solusi terbaik untuk pembangunan Tanah Papua ke depan semakin baik. "Teman-teman DPR Papua dan Papua Barat mendukung pemerintah. Kami juga terus mendengar aspirasi dari semua rakyat dan stakeholders. Hal-hal yang belum sempurna kita sempurnakan dan yang belum ada kita tambahkan," ujar Robert.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

TerateCash Wadahi Jutaan Pesilat PSHT dalam Aplikasi

PT Infesta Teknologi Indonesia merilis aplikasi TerateCash sebagai wadah anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

NEWS | 5 Oktober 2022

Nasdem Capreskan Anies, Airlangga Sebut Golkar Fokus KIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara soal langkah Partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024

NEWS | 5 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Mulai Terjun ke Malang

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) mulai terjun ke lapangan dalam rangka mengusut tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Pesparani Katolik II Siap Digelar di Kupang

Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional II siap digelar di Kupang pada 28 - 31 Oktober 2022 mendatang

NEWS | 5 Oktober 2022

Segera Disidang, Pengacara Harap Bharada E Bisa Bebas

Pengacara Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ronny Talapessy mengungkapkan harapannya menjelang persidangan yaitu bisa bebas

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi: MK Pilar Utama Penegakan Keadilan Konstitusional

Jokowi mengatakan, Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan pilar utama dalam menegakkan constitutional justice (keadilan konstitusional)

NEWS | 5 Oktober 2022

Deputi Pencegahan KPK Diadukan ke Dewas, soal Apa?

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan diadukan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK

NEWS | 5 Oktober 2022

Kesal Penggugat Tak Hadir, Artis Jessica Iskandar Ngamuk di PN Jaksel

Artis Jessica Iskandar tak bisa membendung kekesalannya kepada penggugatnya, Christopher Steffanus Budianto atau Stefan karena tak hadir di PN Jaksel

NEWS | 5 Oktober 2022

63,8 Juta Orang di Indonesia Terima Vaksinasi Dosis Ketiga

Sebanyak 63.823.506 orang Indonesia dari kelompok masyarakat umum sudah menerima vaksinasi dosis ketiga per hari ini.

NEWS | 5 Oktober 2022

Koperasi MMSI Ajak Anggotanya Wujudkan Transformasi Digital 4.0

Koperasi Maju Makmur Sejahtera Indonesia (MMSI) mengajak anggotanya untuk wujudkan transformasi digital 4.0.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
FIF Group dan RSU Hermina Dirikan Rumah Singgah

FIF Group dan RSU Hermina Dirikan Rumah Singgah

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings