Satgas Covid-19: Keputusan Libur Panjang Harus Utamakan Keselamatan Rakyat
Logo BeritaSatu

Satgas Covid-19: Keputusan Libur Panjang Harus Utamakan Keselamatan Rakyat

Kamis, 26 November 2020 | 22:00 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / YUD

Jakarta, Beritasatu.com – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan pemerintah pusat akan terus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait pengambilan keputusan libur akhir tahun. Pemerintah masih mengkaji keputusan libur panjang, karena harus mengutamakan keselamatan rakyat.

"Saat ini pemerintah masih mengkaji keputusan yang akan diambil terkait dengan libur panjang pada akhir tahun ini," kata Wiku Adisasmito dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (26/11/2020).

Dijelaskan, masyarakat perlu mengetahui apapun keputusan yang diambil pemerintah, akan selalu mengutamakan, keselamatan masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Sehingga pemerintah tidak boleh lengah dalam mengambil keputusan libur panjang. Mengingat pada periode libur sebelumnya, terdapat peningkatan kasus positif.

"Keputusan yang diambil pemerintah akan selalu mengutamakan, keselamatan masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19, karena kita tidak boleh lengah," ujar Wiku Adisasmito.

Menurutnya, masyarakat harus belajar dari pengalaman libur panjang pada bulan-bulan sebelumnya, seperti pada periode libur panjang Idul Fitri, hari kemerdekaan indonesia serta libur pada akhir Oktober dan awal November. Dari data yang Satgas peroleh terdapat peningkatan kasus positif pasca libur panjang tersebut.

Selain itu, lanjut Wiku, Satgas Covid-19 memahami kondisi pelaku usaha di sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19 ini terutama mendekati akhir tahun. Namun demikian peningkatan kasus juga berdampak di berbagai sektor pariwisata.

"Perlu diketahui bahwa peningkatan kasus positif yang tidak terkendali juga dapat berdampak buruk terhadap kelangsungan kegiatan usaha di berbagai sektor termasuk sektor pariwisata," terang Wiku Adisasmito.

Karena itu, Wiku menegaskan pemerintah akan berusaha untuk dapat meminimalisasi peningkatan kasus positif sehingga dapat lebih dikendalikan. Kebijakan yang akan diambil tentunya sudah mempertimbangkan berbagai dampak termasuk terhadap sektor pariwisata.

"Kami mohon pengertian dari seluruh pihak agar kondisi aman dari Covid-19 betul-betul dapat terjaga meskipun nanti kita akan melalui libur akhir tahun ini," tutur Wiku Adisasmito.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pendidikan Berkualitas dan Merata Jadi Tantangan Pembangunan Berkelanjutan

Menurut Save The Children, pandemi berpotensi mengakibatkan 9,7 juta anak yang terkena dampak penutupan sekolah beresiko putus sekolah secara permanen.

NASIONAL | 26 November 2020

637.048 Guru Agama Honorer Dapat Subsidi Upah

Apalagi di lingkungan Kementerian Agama, hampir 84% guru masih berstatus honorer.

NASIONAL | 26 November 2020

Protokol Kesehatan Covid-19 Bisa Cegah Kerugian Negara Rp 500 T

Kerugian negara sebesar Rp 500 triliun bisa dihemat apabila masyarakat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan disiplin.

NASIONAL | 26 November 2020

Jerinx Divonis Satu Tahun Dua Bulan, JPU dan Penasihat Hukum Ajukan Banding

Baik jaksa maupun penasehat hukum sama-sama mengajukan banding terhadap vonis satu tahun dua bulan yang dijatuhkan kepada Jerinx.

NASIONAL | 26 November 2020

Libur Akhir Tahun, Pemkot Bandung Bentuk Tim untuk Atasi Penyebaran Covid-19.

Tugas tim itu memastikan. tak ada kerumunan serta penerapan prokotol kesehatan di berbagai tempat seperti pusat perbelanjaan sampai hotel.

NASIONAL | 26 November 2020

Bupati Situbondo Meninggal karena Covid-19, Khofifah Sampaikan Dukacita

Almarhum menghembuskan nafas terakhir di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo.

NASIONAL | 26 November 2020

Komjen Listyo Sigit Raih Top 10 Most Outstanding People

Komjen Listyo Sigit dinilai berhasil membenahi institusi Bareskrim secara profesional.

NASIONAL | 26 November 2020

LAN Kembali Raih Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020

Village Preneurship bawa LAN kembali raih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020

NASIONAL | 26 November 2020

Turunan UU Ciptaker Diharapkan Beri Kemudahan Izin RS Swasta

ARSSI berharap dengan adanya aturan turunan dari UU Cipta Kerja (Ciptaker) bisa memberikan kemudahan dalam hal perizinan operasional RS.

NASIONAL | 26 November 2020

Pengunggah Foto Megawati Gendong Jokowi Ditangkap di Deli Serdang

Welly ditangkap di rumahnya di Kecamatan Galang, Deli Serdang. Dia diduga melakukan ujaran kebencian melalui foto yang diposting-nya di media sosial (medsos).

NASIONAL | 26 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS