Nadiem: Terima Kasih Guru Telah Menjadi Pelukis Masa Depan
Logo BeritaSatu

Nadiem: Terima Kasih Guru Telah Menjadi Pelukis Masa Depan

Rabu, 25 November 2020 | 18:14 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berterima kasih atas pengorbanan guru dalam mendidik generasi penerus bangsa.

“Terima kasih saya tak terhingga bagi bapak dan ibu guru yang telah mengorbankan waktu dan tenaga, bahkan bagian dari hidupnya sendiri demi murid-murid tercinta. Terima kasih telah menjadi pelukis masa depan dan peradaban Indonesia,” kata Nadiem di upacara peringatan Hari Guru Nasional 2020 di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Dalam pidatonya, Nadiem mengakui pandemi Covid-19 merupakan situasi yang sulit. Namun segala keterbatasan ini bisa dihadapi berkat gotong royong.

"Para orang tua begitu aktif mendampingi anaknya saat belajar di rumah. Jutaan guru turut serta dalam ribuan webinar dan pelatihan daring. Guru-guru Indonesia giat dan aktif mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran di masa pandemi. Semangat pantang menyerah dan gotong royong adalah sebuah keteladanan bagi murid-murid kita para penerus bangsa," kata Nadiem.

Lebih lanjut, Mendikbud pun mengaku terharu melihat perjuangan para guru untuk memastikan kegiatan pembelajaran tetap berlangsung di masa pandemi. Baik itu melalui pembelajaran daring hingga mendatangi rumah siswa satu per satu.

“Ini adalah bukti bahwa kita semua adalah pewaris semangat para pejuang yang tidak mau menyerah dengan keadaan. Kita mampu beradaptasi dengan terus belajar, berbagi dan berkolaborasi,” kata Nadiem.

Nadiem menambahkan, guru adalah profesi yang mulia dan terhormat. Untuk itu, Kemdikbud terus berupaya memperjuangkan hak para pendidik. Mulai dari rekrutmen guru aparatur sipil negara (ASN), mengembangkan pendidikan, meningkatkan profesionalisme, dan meningkatkan kesejahteraan guru.

Kemdikbud, lanjut Nadiem, berupaya memperjuangkan hak guru-guru honorer melalui seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pada seleksi ini, Kemdikbud telah mempersiapkan kapasitas formasi dan anggaran untuk 1 juta guru.

Di masa pandemi, Kemdikbud juga telah mengeluarkan kebijakan lainnya untuk membantu para guru. Di antaranya adalah pemberian bantuan kuota data internet serta fleksibilitas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

"Terdapat pula kebijakan pengalokasian BOS Afirmasi dan BOS Kinerja untuk penanganan Covid-19 di sekolah negeri dan sekolah swasta," kata Nadiem.

Beberapa waktu lalu, Kemdikbud juga telah meluncurkan bantuan subsidi upah bagi pendidik dan tenaga kependidikan non-PNS. Kemdikbud akan menyalurkan bantuan sebesar Rp 3,6 triliun secara bertahap hingga akhir November 2020. Sebanyak 2,03 juta orang akan menerima masing-masing sebesar Rp 1,8 juta.

"Serta kurikulum darurat dan program Guru Belajar. Ada juga laman Guru Berbagi, program Belajar dari Rumah di TVRI, serta seri webinar masa pandemi," kata Nadiem.

"Semua kebijakan ini tidak lain dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru, tenaga kependidikan dan orang tua agar mampu melanjutkan pembelajaran untuk anak-anak Indonesia," kata Nadiem.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Tangkap Menteri KPP, Gebrakan KPK Diapresiasi

Langkah KPK menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mendapat apresiasi dari sejumlah pihak.

NASIONAL | 25 November 2020

Penumpang Angkutan Umum Libur Akhir Tahun Diprediksi Turun 50%

Kemhub memperkirakan penumpang angkutan umum pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021 sebanyak 8,97 juta orang.

NASIONAL | 25 November 2020

Lulusan UPH Medan Siap Jadi Agent of Transformation

Wisuda UPH Kampus Medan diadakan menggunakan metode hybrid, di mana keluarga wisudawan mengikuti acara secara daring, sementara para wisudawan datang langsung.

NASIONAL | 21 November 2020

Edhy Prabowo Ditangkap, Mahfud: Pemerintah Dukung KPK

Dikatakan Mahfud, pemerintah belum tahu tindak pidana apa yang dilakukan atau diduga dilakukan Eddy Prabowo sehingga ditangkap dengan OTT oleh KPK.

NASIONAL | 25 November 2020

Hari Guru Nasional, Nadiem Apresiasi Perjuangan Guru di Masa Pandemi

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, Mendikbud Nadiem Makarim mengapresiasi perjuangan para guru di masa pandemi Covid-19.

NASIONAL | 25 November 2020

5 Irjen Berpeluang Jadi Kepala BNN

Jika 1 Desember nanti ada jenderal bintang dua yang masuk menjadi Kepala BNN, yang bersangkutan diperkirakan juga bakal meramaikan bursa calon Kapolri.

NASIONAL | 25 November 2020

Jateng Jadi Provinsi Terbaik Keterbukaan Informasi Publik

Provinsi Jawa Tengah dinobatkan sebagai provinsi paling informatif nasional, setelah meraih penghargaan keterbukaan informasi publik 2020, Rabu (25/11/2020).

NASIONAL | 25 November 2020

Jateng Dapat Alokasi 21 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menerima 21.525.000 dosis vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat.

NASIONAL | 25 November 2020

Petugas Pilkada di Jambi Terpapar Covid-19 Terus Bertambah

Dikatakan, pihaknya akan segera melakukan penggantian seluruh petugas KPPS yang dinyatakan positif Covid-19 di daerah tersebut.

NASIONAL | 25 November 2020

API Apresiasi Jaksa Agung Tuntaskan Berkas Kasus Impor Tekstil

Kejaksaan Agung telah melimpahkan berkas lima orang tersangka kasus dugaan korupsi importasi tekstil ke Pengadilan Tipikor Jakarta.

NASIONAL | 25 November 2020


TAG POPULER

# Penganiayaan Perawat


# Reshuffle Kabinet


# Vaksinasi Covid-19


# Larangan Mudik


# Vaksin Nusantara



TERKINI

Istri Ridwan Kamil Positif Covid-19

NASIONAL | 8 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS