Mendikbud: Mahasiswa Tetap Lakukan Pengabdian Masyarakat di Masa Pandemi

Mendikbud: Mahasiswa Tetap Lakukan Pengabdian Masyarakat di Masa Pandemi

Rabu, 28 Oktober 2020 | 17:13 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan(Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mengatakan, untuk mencegah penyebaran Covid-19, perguruan tinggi menjalankan perkuliahan berbasis pembelajaran jarak jauh(PJJ). Dengan begitu, kegiatan perkuliahan terus berinovasi.

Nadiem menuturkan, meski menjalankan PJJ secara dalam jaringan (daring), mahasiswa dan dosen tetap aktif melakukan penelitian dan pengembangan untuk mengatasi Covid-19. Dalam hal ini, para mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

“Sejak bulan April tak kurang dari 15.000 mahasiswa terjun sebagai relawan untuk memitigasi pandemi melalui program Relawan Covid Nasional,” kata Nadiem pada acara Peluncuran Buku KKN Tematik Covid-19 yang bertemakan; “Anak Muda Bawa Perubahan" secara daring pada Rabu (28/10/2020).

Nadiem menambahkan, inisiatif bergotong-royong juga ditunjukkan oleh ribuan mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar Perintis. Mereka membantu pembelajaran murid-murid SD serta program-program kuliah kerja nyata (KKN) Tematik yang telah berjalan sejak Juni 2020.

“Program KKN sebagai wujud kepedulian mahasiswa atas berbagai permasalahan pembangunan di desa maupun perkotaan telah menjadi tradisi perguruan tinggi sejak pertama dicanangkan tahun 1971,” ucapnya.

Nadiem menyebutkan, KKN menguatkan empati, kesetiakawanan sosial, sekaligus kemampuan untuk memahami dan memberikan solusi atas berbagai permasalahan. Untuk mewujudkan KKN Tematik ini, Nadiem menuturkan, Kemdikbud berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), dan berbagai pemangku kepentingan untuk menjalankan program kolaborasi nasional, yakni KKN Tematik Covid-19 yang melibatkan lebih dari 5.600 mahasiswa dari 200 perguruan tinggi.

Nadiem menyebutkan, fokus utama KKN Tematik ini adalah melakukan edukasi kepada masyarakat untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru sekaligus aktualisasi kebijakan Merdeka Belajar.

“Praktik baik dari implementasi KKN Tematik tertuang dalam buku yang diluncurkan pada Hari Sumpah Pemuda ini. Saya berharap buku ini dapat menginspirasi banyak orang. Khususnya generasi muda untuk terus memberikan kontribusi konkrit kepada masyarakat,” ucapnya.

Nadiem menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif dan semangat perguruan tinggi yang melakukan pengabdian untuk membantu masyarakat, bangsa dan negara dengan karya yang nyata, tidak sekedar wacana. “Saya juga bangga dengan kerelawanan mahasiswa. Kalian adalah contoh pemimpin dan generasi unggul harapan bangsa,” pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Libur Panjang, 305 Personel TNI Disiagakan di Objek Wisata Garut

305 prajurit Kodim 0611 Garut disiapkan guna melakukan pengamanan dan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Lewat Studi Banding, Kades Bisa Ikuti Contoh Pembangunan Desa yang Berhasil

Kemdes PDTT mengembangkan model studi banding desa untuk mempercepat pembangunan desa.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Aksi Unjuk Rasa Tingkatkan Potensi Penyebaran Covid-19

Aksi unjuk rasa di tengah pandemi sangat berpotensi menimbulkan lonjakan baru kasus positif Covid-19.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Perpres Terbit, KPK Yakin Tugas Supervisi Bisa Optimal

KPK menyambut baik keluarnya Perpres tentang Pelaksanaan Supervisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Agroindustri Kopi Kerinci, Bangkit di Tengah Pandemi

Kopi Kerinci menembus pasar Eropa. Ekspor perdana kopi 15,9 ton biji kopi kering Arabika Kerinci produksi KT Koerintji Barokah ke Belgia dilakukan Juli lalu.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Sumut Klaim Angka Kesembuhan Covid-19 di Atas Nasional

Kasus Covid-19 aktif menunjukkan tren penurunan, positivity rate sebesar 9,87 persen, recovery rate sebesar 80,17 persen, mortality rate 4,1 persen.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Banten Keluar dari Zona Merah Covid-19

Seluruh kabupaten/kota di wilayah Provinsi Banten saat ini sudah kembali ke zona oranye Covid-19, setelah sebelumnya Kota Tangsel berada di zona merah.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Hari Sumpah Pemuda, Seknas Jokowi Dorong Keterwakilan Perempuan Milenial dalam Pemerintahan

Seknas Jokowi berharap pemerintah secara konsisten dan masif melibatkan kaum perempuan Indonesia, untuk membangun negeri.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Masyarakat Diminta Tes PCR Saat Pulang Dari Perjalanan Wisata

Masyarakat diharapkan melakukan pemeriksaan kesehatan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) jika tetap berwisata.

NASIONAL | 28 Oktober 2020

Puan: Sumpah Pemuda Momentum Perkuat Persatuan dan Gotong Royong

Puan berharap generasi muda Indonesia dapat menjadi salah satu pilar yang melahirkan semangat kebangkitan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

NASIONAL | 28 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS