Logo BeritaSatu

Tahun Depan, Kemsos Kaji Perpanjangan Bansos Covid-19

Selasa, 27 Oktober 2020 | 20:00 WIB
Oleh : Ari Supriyanti Rikin / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Sosial (Kemsos) mengkaji rencana perpanjangan bantuan sosial (bansos) khusus dampak Covid-19 senilai Rp 200.000 per keluarga selama enam bulan pada 2021 untuk 10 juta keluarga.

Selama pandemi Covid-19, Kemsos diberi tugas untuk mengoptimalkan perlindungan sosial bagi warga terdampak Covid-19 di luar program bansos reguler Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako yang sebelumnya disebut Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Saat ini, bansos dampak Covid-19 diberikan kepada 1,9 juta keluarga di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) berupa sembako senilai Rp 300.000 per keluarga serta bansos tunai bagi 9 juta keluarga di luar Jabodetabek senilai Rp 300.000 keluarga.

Sekretaris Jenderal Kemsos, Hartono Laras mengatakan, perpanjangan bansos tambahan ini masih dikaji dan saat ini Kemsos masih konsentrasi pada penyaluran bansos tahun ini dengan alokasi Rp 134 triliun.

"Untuk 2021 sedang dibahas bansos tunai diperpanjang dan dilanjutkan selama enam bulan senilai Rp 200.000 per keluarga. Selain itu PKH dan Kartu Sembako juga masih diteruskan di tahun 2021," katanya dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Saat ini, Kemsos memiliki anggaran sebesar Rp 134,01 triliun, sementara awalnya hanya Rp 62,8 triliun. Adanya penambahan anggaran yang cukup signifikan ini dikarenakan adanya alokasi bansos dampak Covid-19.

Hingga hari ini, penyerapan anggaran Kemsos ini mencapai 86,74%. Hartono menyebut, realisasi penyerapan anggaran Kemsos ini tertinggi di antara kementerian lembaga lainnya. Penyerapan anggaran ini dilakukan tepat sasaran serta akuntabel.

"Program kita sudah on the track. Tinggal dua bulan lagi untuk menyelesaikan penyaluran baik program reguler dan dampak khusus Covid-19," ucapnya.

Sebelumnya, pada April-Juni 2020 indeks bansos khusus dampak Covid-19 senilai Rp 600.000 per keluarga. Kemudian pada Juli-Desember indeks bantuan menjadi Rp 300.000 per keluarga.

Bahkan untuk memperkuat ketahanan dari dampak Covid-19, 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) PKH diberikan bantuan beras 15 kilogram per bulan selama tiga bulan (Agustus-Oktober). Sedangkan 9 juta KPM Kartu Sembako diberikan bantuan tambahan Rp 500.000 pada periode yang sama.

"Bansos tambahan ini untuk memperkuat ketahanan dan menjaga stabilitas pangan di tengah Covid. Selain itu juga untuk menggerakkan roda ekonomi," ungkapnya.

Hartono menegaskan, penyaluran beras bansos ini dilakukan oleh Bulog. Sedangkan bansos tunai oleh Himpunan Bank Negara (Himbara).

Ia pun menambahkan, jika ada kualitas bansos yang buruk akan dikembalikan ke vendor.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kemsos, Asep Sasa Purnama mengatakan, untuk wilayah terdepan, terpencil, dan tertinggal, penyaluran bansos tunai diberikan sekaligus untuk periode tiga bulan (Oktober-Desember).

Antisipasi Bencana
Sementara itu, sebagai antisipasi potensi bencana akibat La Nina yang ditandai penambahan curah hujan, Kemsos sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemsos, Pepen Nazaruddin mengungkapkan, selain koordinasi, Kemsos juga menjaga buffer stock di sejumlah gudang Kemsos di Makassar, Palembang dan Bekasi.

"Kita juga menginventarisasi sumber daya manusia untuk penanganan bencana, kondisi sarana dan prasarana," imbuhnya.

Di tengah pandemi Covid-19, lokasi pengungsian juga disiagakan dengan memenuhi protokol kesehatan. Pepen menjelaskan, di DKI Jakarta sudah ditetapkan lokasi pengungsian sebagai langkah antisipasi bencana.

Penanganan bencana juga akan menerapkan protokol kesehatan, titik pengungsian diperbanyak dengan protokol kesehatan. Daya tampung tenda juga dikurangi dan diberi sekat serta dibagikan masker.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

MTsN 19 Jakarta Masih Dipasangi Garis Polisi

Garis Polisi masih terpasang di MtsN 19 Jakarta usai tembok sekolah roboh dan mengakibatkan tiga siswa meninggal dunia. 

NEWS | 7 Oktober 2022

Tembok MTsN 19 Jakarta Roboh karena Tak Mampu Tahan Volume Banjir

Tembok MtsN 19 Jakarta di Pondok Labu, roboh diduga karena fondasi bangunan tidak mampu menahan volume air saat banjir.

NEWS | 7 Oktober 2022

Kondisi Terkini MTsN 19 Jakarta yang Tembok Sekolahnya Roboh

Begini kondisi terkini MTsN 19 Jakarta di Pondok Labu yang tembok sekolahnya roboh dan meninggal tiga siswa hingga meninggal dunia. 

NEWS | 7 Oktober 2022

Kejagung Periksa Eks Menteri KKP Susi Pudjiastuti sebagai Saksi Kasus Garam

Penyidik Jampidsus Kejagung memeriksa mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti sebagai saksi kasus dugaan korupsi impor garam industri.

NEWS | 7 Oktober 2022

37 Tewas, Korban Penembakan Massal Thailand Dikunjungi Raja dan PM

Raja Maha Vajiralongkorn dan Perdana Menteri (PM) pada hari Jumat (7/10/2022) ini akan mengunjungi para penyintas dari penembakan massal di Thailand.

NEWS | 7 Oktober 2022

Biden Ampuni Warga AS yang Dihukum karena Miliki Ganja Jumlah Kecil

Joe Biden memutuskan untuk mengampuni ribuan orang AS yang dihukum karena miliki ganja jumlah kecil di bawah hukum federal.

NEWS | 7 Oktober 2022

Perluas Kerja Sama, Indonesia-Hungaria Tambah Kuota Beasiswa

Beasiswa Stipendium Hungaricum akan mendapatkan penambahan kuota menjadi sebanyak 110 bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di Hungaria.

NEWS | 7 Oktober 2022

Baim Wong dan Paula Verhoeven Akan Penuhi Panggilan Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven mengklaim bakal memenuhi panggilan polisi terkait kasus prank laporan KDRT.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Tak Bisa Gulingkan Kepemimpinan Iwan Bule di PSSI

Anggota TGIPF Tragedi Kanjuruhan, Akmal Marhali menyatakan tidak bisa merekomendasikan kepemimpinan Iwan Bule di PSSI diganti terkait tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 7 Oktober 2022

BMKG: Puncak Musim Hujan Desember 2022-Januari 2023

BMKG memprakirakan puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia terjadi pada Desember 2022 hingga Januari 2023.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Grup Salim Masuk, Saham BUMI Meroket 9,5% di Sesi Siang

Grup Salim Masuk, Saham BUMI Meroket 9,5% di Sesi Siang

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings