Logo BeritaSatu

Tol Kayu Agung-Palembang Siap Diresmikan Presiden

Jumat, 25 September 2020 | 18:32 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / YUD

Pekanbaru, Beritasatu.com - Jalan Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 40 Km dijadwalkan siap diresmikan Presiden Joko Widodo. Tol tersebut telah beroperasi sejak awal April lalu dan peresmiannya sempat tertunda akibat pandemi virus corona (Covid-19).

"Setelah beberapa waktu lalu presiden meresmikan pengoperasian Jalan Tol Bakauheni, Terbanggi, Kayu Agung, saat ini telah siap diresmikan Jalan Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 40 Km," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam videonya di acara peresmian Tol Pekanbaru-Dumai, Jumat (25/9/2020).

Bersamaan dengan itu, lanjut dia, pada 29 September nanti juga akan dimulai ground breaking untuk pekerjaan pembangunan Tol Palembang-Betung sepanjang 70 Km serta penandatangan perjanjian kerja antara PUPR dan BUJT untuk ruas Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi sepanjang 190 Km.

Lebih jauh, PUPR juga akan menandatangani perjanjian kerja PUPR dengan BUJT untuk Ruas Jalan Rengat Pekanbaru ke arah Selatan menuju Jambi sepanjang 175 Km. Kemudian dari Jambi menuju Rengat sepanjang 190 Km, PUPR juga sedang mengupayakan percepatannya.

Berdasarkan data Kempupera, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang terdiri dari 2 seksi. Seki 1A Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,50 Km dan Seksi 1B Jakabaring-Jalintim sepanjang 9,00 Km.

Sedangkan Tol Palembang-Betung terdiri dari Seksi 2 Jalintim-Musilindas sepanjang 24,90 Km dan Seksi 3 Musilindas-Betung sepanjang 44,29 Km. Sehingga total panjang dari Tol Kayu Agung menuju Betung sepanjang 111,69 Km.

Adapun kontraktor yang mengerjakan Tol Kayu Agung-Palembang yaitu PT Prima Indojaya Andiri, PT Chungma Engineering and Construction, PT Yasa Patria Perkasa, dan PT Waskita Karya (Persero). Tarif Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung untuk Golongan 1 diperkirakan akan dihitung Rp 833 per kilometernya.

Dumai sebagai Kota Pelabuhan

Dalam kegiatan peresmian Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Km ini, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar mengatakan bahwa jalan bebas hambatan itu akan melintasi Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis dan Dumai.

Dijelaskan Syamsuar bahwa Kota Dumai merupakan pelabuhan utama di Provinsi Riau yang menjadi pintu masuk komoditi ekspor dan impor baik yang berasal dari Provinsi Riau maupun provinsi tetangga menuju Selat Malaka seperti Malaysia dan Singapura.

Pelabuhan Dumai dikembangkan sebagai pelabuhan penyeberangan antarnegara menyusul dioperasikannya pelabuhan Roro Dumai-Malaka sebagai hasil dari kesepakatan kerjasama Indonesia-Malaysia-Thailand growth triangle.

Terlebih, beroperasinya Jalan Tol Pekanbaru-Dumai juga akan semakin memperlancar akses menuju Pelabuhan Dumai sekaligus memperlancar arus ekspor dan impor sehingga pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah menjadi meningkat.

Menurut Syamsuar, kehadiran Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan sangat bermanfaat untuk pembangunan kepariwisataan di Pulau Rupat yang merupakan pulau terluar dan ditetapkan pemerintah sebagai Kawasan Startegis Pariwisata Nasional (KSPN) karena terdapat pantai pasir yang indah sepanjang 24 Km yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka.

"Kami pun mengharapkan kiranya presiden berkenan membantu untuk pembangunan infrastruktur Pulau Rupat dan pengembangan kepariwisatannya sehingga Pulau Rupat menjadi destinasi pariwisata nasional," tutupnya, Jumat (25/9/2020).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA

Waspadai 27 Wilayah Ini Akan Dilanda Cuaca Ekstrem

Cuaca ekstrem dengan curah hujan sedang hingga lebat diperkirakan terjadi di 27 wilayah di Tanah Air pada hari Jumat (24/9/2021).

NASIONAL | 24 September 2021

IDI dan PHRI Gelar Vaksinasi untuk Pelajar dan Masyarakat di Tanjung Lesung

IDI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan PHRI Pandeglang, menggelar vaksinasi.

NASIONAL | 24 September 2021

Dari Bumi Dukung Penyebaran Hasil Tani untuk Masyarakat

Dari Bumi lahir untuk menjadi jembatan antara hasil tani yang terkurasi, petani sebagai pelaku industri dan masyarakat Indonesia.

NASIONAL | 24 September 2021

Mengenang Ki Ageng Gribig Leluhur Airlangga Hartarto, Penasihat Sultan Agung dan Pejuang Islam

Ki Ageng Gribig atau yang bernama asli Wasibagno Timur adalah ulama besar yang menyebarkan Islam di Desa Krajan, Jatinom, Klaten, dan sekitarnya.

NASIONAL | 24 September 2021

Passing Grade P3K Ketinggian, P2G Minta Pemerintah Pertimbangkan Afirmasi untuk Guru

Seleksi kompetensi untuk pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) Guru akan segera digelar

NASIONAL | 7 September 2021

Presiden Nyeker dan Naik Sampan di Cilacap, Begini Penampakannya

Presiden Jokowi nyeker alias berjalan tanpa alas kaki saat melepasliarkan tukik ke laut, di Pantai Pantai Kemiren, Cilacap, Jateng, Kamis (23/9/2021).

NASIONAL | 23 September 2021

MRPTNI: PTM Terbatas untuk Cegah Learning Loss

Jamal Wiwoo mengatakan, menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas adalah untuk mencegah learning loss

NASIONAL | 23 September 2021

Angkat Produk Papua, Sandiaga Uno Disebut Pemimpin Masa Depan

Mama Marice yang merupakan penjual es krim sagu tersebut menyambut kedatangan Menparekraf Sandiaga.

NASIONAL | 23 September 2021

Polres Yahukimo Periksa ASN Diduga Pemasok Senjata KKB

Barang bukti yang diamankan di antaranya 26 butir amunisi 5,6 5TJ, 8 Butir amunisi 38 SPC, satu magazine M-16, satu pasang pakaian loreng KNPB,

NASIONAL | 23 September 2021

Presiden Jokowi Tanam Mangrove untuk Pemulihan Lingkungan dan Mitigasi Iklim

Keberadaan ekosistem mangrove yang baik di kawasan pesisir juga dapat meningkatkan ketahanan masyarakat.

NASIONAL | 23 September 2021


TAG POPULER

# PON Papua


# Tukul Arwana


# Toko Obat Ilegal


# Piala Sudirman


# Suap Pejabat Pajak



TERKINI
IHSG Berpeluang Menguat, Cermati Saham-saham Ini

IHSG Berpeluang Menguat, Cermati Saham-saham Ini

EKONOMI | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings