Menko PMK: Penyaluran Bansos Disertai Pembagian Masker
Logo BeritaSatu

Menko PMK: Penyaluran Bansos Disertai Pembagian Masker

Selasa, 25 Agustus 2020 | 20:19 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, untuk mensukseskan sosialisasi penggunaan masker khususnya untuk masyarakat kelas menengah ke bawah, penyaluran bantuan sosial (bansos) stimulus pandemi Covid-19 akan disertai dengan pembagian masker.

Hal itu dikatakan Muhadjir dalam rapat koordinasi tingkat menteri membahas progres penyaluran bantuan sosial yang dihadiri oleh Mensos Juliari Batubara, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, Kepala BNPB Doni Monardo, dan perwakilan Kementerian dan Lembaga terkait, di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Muhadjir menyebutkan, penyediaan masker dalam bansos, akan bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Pasalnya, kesadaran penggunaan masker merupakan hal paling esensial dalam protokol pencegahan penularan Covid-19, namun masih banyak masyarakat yang menganggap enteng penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Dalam penyaluran bansos disertai dengan kampanye protokol pencegahan Covid-19 dan penggunaan masker. Pada saat pemberian bansos diupayakan adanya pemberian masker,” ujar Muhadjir.

Muhadjir menuturkan, pemerintah terus mempercepat pemulihan ekonomi. Berbagai skema bantuan sosial digelontorkan pemerintah, mulai dari bantuan program sembako, Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan khusus sembako Jabodetabek, Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), dan terbaru yaitu bantuan tambahan beras.

Muhadjir mengatakan, penyaluran berbagai skema bantuan sosial yang dilakukan oleh Kementerian Sosial (Kemsos) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemdes PDTT) agar ditindaklanjuti dan sudah harus tersalur dengan baik sesuai dengan target dan waktu yang ditentukan.

“Berbagai skema bantuan selesai disalurkan paling lambat November 2020, kecuali BST tetap ada bantuan di bulan Desember, guna stimulus di akhir tahun,” terang Muhadjir.

Muhadjir menyebutkan untuk progres BLT-DD, terdapat 550 desa yang masih kekurangan anggaran sebesar Rp 53 miliar untuk menyelesaikan penyaluran BLT-DD hingga Desember 2020.

Muhadjir menambahkan, agar tidak merusak struktur anggaran dana desa, maka 550 desa tersebut dapat menerima bantuan melalui BST dari Kementerian Sosial. “Agar seluruh BLT DD tetap tersalur hingga Desember 2020, sebanyak 550 desa tersebut dapat menerima bantuan melalui BST dari Kemsos,” ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Empat Bulan, Zona Hijau Turun Drastis Jadi 30 Kabupaten/Kota

Zona hijau Covid-19 di mana tidak terdapat kasus positif pada bulan Mei tercatat sebanyak 102 kabupaten/kota.

NASIONAL | 25 Agustus 2020

Politik Dinasti Picu Perilaku Koruptif

Harus ada perbaikan regulasi untuk menghindari dinasti politik.

NASIONAL | 25 Agustus 2020

Panitera dan Pegawai Honorer di PN Serang Positif Covid-19

Seorang panitera pengganti dan salah satu tenaga honorer di PN Serang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil "swab test".

NASIONAL | 25 Agustus 2020

Pandemi Covid-19, IDI: Jumlah Dokter Meninggal Dunia Capai 97 Orang

Berdasarkan data yang dikumpulkan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia mencatat hingga Minggu (23/8/2020) sudah sebanyak 97 dokter yang meninggal dunia.

NASIONAL | 25 Agustus 2020

Menaker Targetkan 2,5 Juta Rekening Bansos Pekerja Cair Akhir Agustus

Menaker Ida Fauziah menargetkan bantuan sosial tahap pertama untuk 2,5 juta pekerja karyawan swasta dan kelompok pekerja lainnya cair akhir Agustus 2020.

NASIONAL | 25 Agustus 2020

Puluhan SMA dan SMK di DIY Diduga Lakukan Pungli

Aliansi Masyarakat Peduli Pendidikan Yogyakarta melapokan dugaan pungkutan liar (Pungli) dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru di sejumlah sekolah di DIY.

NASIONAL | 25 Agustus 2020

K Martono: Kaji Kembali Perjanjian Penerbangan RI dengan Asing

Penetapan bandara internasional di Indonesia berdasarkan perjanjian timbal balik, perjanjian penyelenggaraan haji udara, atau multilateral.

NASIONAL | 25 Agustus 2020

Kasus Djoko Tjandra, Polisi Periksa Dua Jenderal

Napoleon Bonaparte dan Prasetijo Utomo diperiksa penyidik terkait hilangnya red notice Djoko Tjandra.

NASIONAL | 25 Agustus 2020

Menpora Harap Rakernas KONI Bahas Pembinaan Olahraga Prestasi

Menpora Zainudin Amali berharap Rakernas KONI 2020 bisa merumuskan kebijakan strategis untuk mencetak prestasi cabang olahraga.

NASIONAL | 25 Agustus 2020

Jokowi: Jangan Biarkan Kasus Covid-19 di Aceh Membesar

Hingga 24 Agustus 2020, jumlah kasus Covid-19 di Aceh sebanyak 1.241 kasus.

NASIONAL | 25 Agustus 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS