Logo BeritaSatu

Perkuat Sinergi, BPK Teken MoU dengan Polri dan Kejaksaan

Selasa, 11 Agustus 2020 | 21:18 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memperkuat kerja sama dengan Kejaksaan dan Polri terkait pemeriksaan maupun non-pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Masing-masing pimpinan ketiga lembaga yakni Ketua BPK Agung Firman Sampurna, Jaksa Agung ST Burhanudin, serta Kapolri Idham Azis menandatangani nota kesepahaman atau MoU di Kantor Pusat BPK, Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Adapun MoU antara BPK-Polri berisi kesepakatan kerja sama dalam rangka pemeriksaan, tindak lanjut atas hasil pemeriksaan yang berindikasi kerugian negara/daerah dan/atau unsur pidana dan pengembangan kapasitas kelembagaan. Sementara itu, MoU Kejaksaan-BPK mencakup kerja sama dan koordinasi dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi.

Is

Penandatanganan nota kesepahaman antara BPK dan Kejaksaan.

Menurut Agung Firman Sampurna, kedua MoU merupakan pembaharuan dari MoU yang telah ditandatangani sebelumnya. Yakni MoU antara BPK dan Kejaksaan mengenai tindak lanjut penegakan hukum terhadap hasil pemeriksaan BPK yang diduga mengandung unsur tindak pidana pada tahun 2007.

MoU ini juga memperbarui kerja sama sebelumnya terkait pengembangan dan pengelolaan sistem informasi untuk akses data dalam rangka pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, atau terkait dengan e-audit yang ditandatangani di 2011.

iS

Penandatanganan nota kesepahaman antara BPK dan Polri.

Sementara itu, MoU antara BPK dan KPK mengenai kerja sama dalam upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi yang ditandatangani di tahun 2006 telah diperbarui pada bulan Januari lalu.

Agung menambahkan, MoU yang baru ditandatangani ini merupakan perluasan ruang lingkup kerja sama. Sebelumnya, kerja sama hanya fokus pada penegakan hukum terhadap hasil pemeriksaan yang berindikasi korupsi. Kini, ketiganya bersinergi dalam bidang penguatan bidang sumber daya manusia (SDM).

Perluasan lingkup ini juga dilakukan dalam MoU antara BPK-KPK.

Selain itu, pembaharuan juga meliputi masa berlaku, pola koordinasi dan monitoring pelaksanaan dari MoU, sehingga memberikan satu indikator pengukuran yang lebih jelas dan terukur dari sisi kinerja masing-masing instansi.

"Semoga nota kesepahaman antara BPK-Kejaksaan RI dan BPK-Kapolri menjadi langkah baru yang semakin memperkuat koordinasi dan sinergi instansi," tutup Agung.

Sebagai informasi, sejumlah jajaran BPK menghadiri penandatanganan nota kesepahaman ini.

Is

(Kiri ke kanan) Ketua KPK, Anggota VII BPK, Jaksa Agung, Wakil Ketua BPK, Anggota I BPK, Kepala Polri, Anggota V BPK, Kepala BPKP.

Di antaranya adalah Wakil Ketua BPK Agus Joko Pramono, Anggota I BPK Hendra Susanto, Anggota V BPK Bahrullah Akbar, Anggota VII BPK Daniel Lumban Tobing.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Ketua KPK Firli Bahuri, serta Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh.

Us

Salam sinergi juga dilakukan oleh Kepala BPK Perwakilan, Kepala Kejaksaan Tinggi dan Kepala Kepolisian Daerah di beberapa provinsi.

Selain peserta yang hadir secara fisik, acara ini diikuti secara virtual oleh anggota BPK, pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan BPK, Kejaksaan maupun Polri. Terdapat pula para Jaksa Agung Muda, serta Kajati dan Kapolda, serta perwakilan Kajari dan Kapolres dari 34 provinsi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA LAINNYA

Antisipasi Tsunami Terulang, BMKG Sempurnakan Sistem Peringatan Dini

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan pihaknya dan kementerian/lembaga terkait sedang menyempurnakan sistem gempabumi dan peringatan dini tsunami.

NASIONAL | 19 September 2021

Dirtipidum: Napoleon Pukuli dan Lumuri M Kece dengan Kotoran

Hasil pemeriksaan perkara penganiayaan yang dialami Muhammad Kece di Rutan Bareskrim Polri terungkap bahwa Napoleon Bonaparte memukuli dan melumuri kotoran

NASIONAL | 19 September 2021

Komisi I DPR Dukung Peremajaan Alutsista Koamarda II Surabaya

Komisi I DPR mendukung peremajaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) Koarmada II Surabaya.

NASIONAL | 19 September 2021

9 Nakes Korban Kekerasan KKB Jalani Pemulihan Trauma

Sebanyak sembilan tenaga kesehatan korban kekerasan d Kiwirok, Pegunungan Bintang, Provinsi Papua pada Senin (13/9/2021)saat ini menjalani pemulihan trauma

NASIONAL | 19 September 2021

Mulai 25 September, Denpasar Terapkan Ganjil Genap di Daerah Tujuan Wisata

Polrestra Denpasar akan menerapkan peraturan lalu lintas berupa penyekatan ganjil genap bagi kendaraan di Daerah Tujuan Wisata (DTW) mulai 25 September 2021.

NASIONAL | 19 September 2021

Wasekjen Demokrat Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Guru Honorer

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Irwan meminta pemerintah memperhatikan nasib para guru honorer.

NASIONAL | 19 September 2021

BNPT: Sikap Intoleran Sebabkan Bencana, Hargai Perbedaan

Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, sikap intoleran terhadap agama dapat menyebabkan bencana sehingga mengajak masyarakat untuk menghargai perbedaan

NASIONAL | 19 September 2021

Ini Isi Lengkap Surat Terbuka Irjen Napoleon Soal Penganiayaan M Kece

Irjen Napoleon Bonaparte menuliskan surat terbuka terkait dugaan penganiayaan terhadap Muhammad Kece atau Muhammad Kace. Ini isi lengkap surat tersebut.

NASIONAL | 19 September 2021

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Mukomuko

Sebanyak 108 rumah warga Desa Rawa Mulya Kecamatan XIV Koto, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, sejak Sabtu (18/9/2021) sampai Minggu (19/9/2021) terendam banjir.

NASIONAL | 19 September 2021

Tulis Surat Terbuka, Irjen Napoleon Bonaparte Bertanggung Jawab atas Penganiayaan Muhammad Kece

Dalam surat terbuka, Irjen Napoleon Bonaparte mengaku akan bertanggung jawab atas dugaan pemukulan terhadap Muhammad Kece di Rutan Bareskrim Polri.

NASIONAL | 19 September 2021


TAG POPULER

# Myanmar


# Mujahidin Indonesia Timur


# Napoleon Bonaparte


# Pengobat Alternatif Ditembak


# Manchester United



TERKINI
Bursa Australia Melemah di Tengah Liburnya Mayoritas Bursa Asia

Bursa Australia Melemah di Tengah Liburnya Mayoritas Bursa Asia

EKONOMI | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings