4 Tenaga Kesehatan di Seluma Positif Terjangkit Covid-19

4 Tenaga Kesehatan di Seluma Positif Terjangkit Covid-19
Ilustrasi penanganan pasien diduga terinfeksi virus "corona". (Foto: Antara)
Usmin / CAH Minggu, 2 Agustus 2020 | 19:29 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Sebanyak 4 dari 20 tenaga kesehatan di Kabupaten Seluma positf terjangkit covid-19 setelah menjalani uji swab. Ini menyusul satu orang bidan meninggal dunia karena terkonfirmasi Covid-19.

Bidan puskesmas yang meninggal dunia berinisial DS tersebut sempat menjalani perawatan di rumah sakit Yunus Bengkulu beberapa hari.

Empat tenaga kesehatan yang diduga terpapar dari bidan DS, yakni HD (26). YF (41). KD (45) dan E (47).

Salah satu dari 4 pasien positif adalah pimpinan puskesmas dan tiga lainya terdiri dari para medis,

"Berdasarkan informasi memang ada penambahan kasus positif sebanyak empat orang. Semuanya merupakan tenaga kesehatan," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Seluma Ahmad Tavip, di Bengkulu, Minggu (2/8/2020).

Dijelaskan, 2 dari 4 pasien positif saat ini menjalani perawatan di rumah sakit umum Yunus Bengkulu dan 2 orang lagi menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Dua orang yang dirawat di RSU Yunus Bengkulu karena memiliki gejala dan penyakit penyerta sehingga perlu penanganan intensif agar cepat sembuh," ujarnya.

Keempat pasien ini akan menjalani swab evaluasi setelah tujuh dari ke depan. Untuk dua orang yang dilakukan isolasi mandiri, jika selama tujuh hari tetap tidak ada gejala, maka tidak dilakukan swab evaluasi dan dinyatakan sembuh.

Untuk mengantisipasi bertambahnya kasus positif covid-19, maka puskesmas tempat bidan DS bertugas ditutup selama 14 hari guna memutus rantai penyebaran virus mematikan tersebut. 



Sumber: BeritaSatu.com