Pimpinan DPR Minta Mahfud MD Libatkan Komisi III di Tim Pemburu Koruptor

Pimpinan DPR Minta Mahfud MD Libatkan Komisi III di Tim Pemburu Koruptor
Penangkapan Maria Pauline Lumowa (tengah) tersangka kasus pembobolan Bank BNI 1,7 Triliun Rupiah, Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Kamis, 9 Juli 2020. (Foto: AFP / Fajrin Raharjo)
Markus Junianto Sihaloho / WBP Rabu, 15 Juli 2020 | 16:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta agar Menko Polhukam Mahfud MD melibatkan berbagai lembaga lain termasuk Komisi III DPR yang membidangi hukum sebagai pengawas di Tim Pemburu Koruptor.

Dasco mengatakan pihaknya mengapresiasi niat Menko Polhukam membentuk Tim Pemburu Koruptor tersebut. Sebab tim ini berupaya memulangkan uang negara yang sekarang dibawa koruptor. Namun dia menilai bahwa implementasinya harus transparan.

"Kalau saya lihat di media Ketua KPK juga sudah bilang bahwa KPK boleh mensupervisi atau minta dilibatkan untuk melakukan supervisi terhadap tim itu. Kami di parlemen juga akan meminta supaya mitra yang berhubungan dalam penegakan hukum, dalam hal ini Komisi III untuk dilibatkan," kata Dasco, Rabu (15/7/2020).

Baca juga: Ketua MPR Minta Tim Pemburu Koruptor Kembali Dikaji

Menurut Dasco, dalam implementasi dan mekanisme di lapangan, seringkali kurang terbuka. Sehingga biaya yang dikeluarkan dalam mengejar penjahat, kadang lebih besar dibanding hasil anggaran yang diperoleh negara. "Karena itu kalau memang mau dilakukan serius, libatkan semua pihak termasuk KPK dan DPR," pungkasnya.

Diketahui, Menko Polhukam, Mahfud MD telah mengaktifkan kembali Tim Pemburu Koruptor untuk memburu aset para tersangka atau terpidana yang melarikan diri atau yang bersembunyi atau yang disembunyikan. Tim ini pernah ada sebelumnya tetapi tidak diperpanjang karena masa kerjanya habis. Dengan munculnya buronan Djoko Tjandra bulan Juni lalu, tetapi kemudian hilang lagi, maka tim itu perlu dibentuk kembali. Salah satunya menangkap buronan sekaligus koruptor Djoko Tjandra.



Sumber: BeritaSatu.com