GTPP Covid-19 Sumut Masih Gencar Lakukan Tes Swab

GTPP Covid-19 Sumut Masih Gencar Lakukan Tes Swab
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, memberikan keterangan kepada wartawan usai melaksanakan salat di Masjid Agung Medan, Kamis (22/8/2019). (Foto: Beritasatu Photo / Arnold Sianturi)
Arnold H Sianturi / CAH Rabu, 15 Juli 2020 | 16:07 WIB

Medan, Beritasatu.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menegaskan, lonjakan kasus positif Covid-19 karena pemeriksaan terhadap orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien positif masih terus dilaksanakan.

"Kasus Covid-19 ini mengalami peningkatan karena pemeriksaan swab dilakukan secara maksimal oleh petugas kita di tengah masyarakat. Setiap orang-orang terlibat kontak fisik langsung dikejar dan dilakukan test swab," ujar Edy Rahmayadi di Medan, Rabu (15/7/2020).

Mantan Pangkostrad ini mengatakan, pemeriksaan terhadap orang yang pernah kontak fisik dengan pasien terpapar tersebut, gencar dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Orang yang terkait dengan pasien langsung menjalani isolasi sampai kekuar hasil laboratorium. 

Baca Juga: Lonjakan Kasus Covid-19 di Sumut karena Pemeriksaan Masif

"Selain melakukan tracing secara ketat, penanganan terhadap pasien juga menjadi prioritas. Bisa dilihat dari jumlah pasien yang disembuhkan tenaga medis kita yang justru jauh lebih besar dari angka kematian akibat Covid-19 itu," katanya.

Menurutnya, kunci dalam melawan serangan virus corona ini adalah dengan meningkatkan disiplin dalam nenerapkan protokol kesehatan. Dengan mengikuti pedoman protokol kesehatan dapat memutus mata rantai Covid-19, paling tidak bisa meminimalisir terjadinya penularan virus tersebut.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Whiko Irwan menyampaikan, ada penambahan sebanyak 130 orang pasien positif dari hasil tracing petugas kesehatan yang diteliti di laboratorium Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU). "Penambahan ini dalam kurun waktu 24 jam, terhitung Senin (13/7/2020) sampai Selasa (14/7/2020).

Baca JugaKendalikan Covid-19, Jokowi Minta Masifkan 3T di 8 Provinsi

"Saat ini, jumlah pasien positif ditotal sebanyak 2.497 orang dari sebelumnya berjumlah 2.367 orang. Jumlah ini meliputibpasien meninggal 131 orang dan pasien sembuh bertambah 20 orang menjadi 597 orang," jelasnya.

Menurutnya, penambahan pasien positif dengan sebaran dari Kota Medan sebanyak 76 orang, Pematang Siantar 6 orang, Binjai 4 orang, Tebingtinggi 1 orang, Deli Serdang 16 orang, Langkat 4 orang, Tanah Karo 1 orang, Simalungun 3 orang, Labuhan Batu 1 orang, Samosir 1 orang, Serdang Bedagai 1 orang, Batubara 1 orang dan warga di luar Sumut sebanyak 15 orang. 



Sumber: BeritaSatu.com