Doni Monardo Sebut Gugus Tugas Akan Prioritaskan Swab Test

Doni Monardo Sebut Gugus Tugas Akan Prioritaskan Swab Test
Doni Monardo. (Foto: BNPB)
Lenny Tristia Tambun / YUD Senin, 13 Juli 2020 | 14:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan untuk meningkatkan tes Covid-19 secara masif di tengah-tengah masyarakat, kedepannya tes Covid-19 akan langsung menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) test.

“Demikain juga PCR Test harus menjadi prioritas utama. Walaupun sudah ada ketentuan dari Menteri Kesehatan untuk dilakukan rapid test, tetap kita akan berupaya arahnya kedepan adalah untuk PCR Test,” kata Doni Monardo seusai ratas bersama Presiden Jokowi tentang Percepatan Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (13/7/2020).

Dengan alasan, tingkat keakuratan PCR test paling tinggi dibandingkan dengan hasil rapid test itu sendiri. “Karena memang ini menjadi tingkat akuratnya paling bagus, paling tinggi,” ujar Doni Monardo.

Namun, dikarenakan penggunaan PCR Test masih sangat terbatas, masih rata-rata menguji 15 ribu sampai 20 ribu spesimen per hari, maka untuk sementara ini, pihaknya masih mengandalkan rapid test untuk tes Covid-19 bagi masyarakat.

“Tetapi selama PCR ini belum terpenuhi, maka jalan tengahnya untuk sementara dulu adalah rapid test,” ungkap Doni Monardo.

Kemudian terkait langkah 3T (testing, tracing dan treatment) yang ditekankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam ratas hari ini, ditegaskan Doni Monardo tetap harus menjadi prioritas. Khusus untuk testing dan tracing, tidak hanya dilakukan untuk ODP dan PDP, tetapi juga orang yang berpotensi orang tanpa gejala (OTG).

“Yang tentunya kalau positif harus betul-betul disiplin untuk melakukan karantina atau isolasi mandiri, termasuk juga karantina atau isolasi yang disiapkan oleh pemerintah di daerah,” jelas Doni Monardo.



Sumber: BeritaSatu.com