Forkas Jatim Gandeng Kodam Brawijaya Salurkan Bantuan Covid-19

Forkas Jatim Gandeng Kodam Brawijaya Salurkan Bantuan Covid-19
Pangdam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, Ketua Pembina Forkas Jatim Alim Markus dan jajaran pengurus Forkas Jatim saat penyerahan donasi kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Makodam V Brawijaya, Surabaya, Kamis (9/7/2020). (Foto: Beritasatu Photo / Dok. Forkas Jatim)
Amrozi Amenan / FER Sabtu, 11 Juli 2020 | 16:21 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jawa Timur (Jatim) menggandeng Kodam V/Brawijaya menggelar aksi sosial dengan menyalurkan bantuan alat pelindung diri, vitamin dan perlengkapan kesehatan bagi masyarakat atau tenaga medis yang terdampak pandemi Covid-19. Baca Juga: Pengusaha di Jatim Keberatan dengan Perda Wajib Rapid Test

Ketua Umum Forkas Jatim, Nur Cahyudi mengatakan, aksi sosial ini merupakan lanjutan dari aksi sosial sebelumnya untuk membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Aksi sosial melalui Kodam V/Brawijaya berupa penyaluran bantuan alat pelindung diri (APD) berupa 10.000 masker medis, 12.000 masker non medis, 50.000 vitamin C, 500 pasang sepatu bot, 1.500 enzim dan 25 set disposable bed.

Penyerahan donasi Forkas Jatim kepada masyarakat terdampak Covid-19 melalui Kodam V/Brawijaya dilakukan di Makodam V Brawijaya, Surabaya, Kamis (9/7/2020), yang diterima langsung oleh Panglima Kodam (Pangdam) V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, dan dihadiri Ketua Pembina Forkas Jatim, Alim Markus serta pengurus Forkas Jatim.

Donasi tersebut merupakan tahap kelima setelah sebelumnya yang pertama berupa pembagian sembako ke masyarakat umum, lalu tahap kedua melalui Polres Sidoarjo, tahap ketiga melalui Polres Mojokerto, dan tahap keempat melalui Polda Jatim. Baca Juga: PMI Bantu Penanganan Covid-19 di Jatim

"Sekarang ini giliran ke Kodam V Brawijaya. Donasi ini siap dilakukan bertahap dengan target bisa mencapai 10 tahap. Harapannya, donasi ini menjadi bagian dari kontribusi para pengusaha melalui Forkas Jatim dalam hal mendukung upaya pemutusan penyebaran Covid 19 di Jatim," kata Nur Cahyudi kepada Beritasatu.com, di Surabaya, Sabtu (11/7/2020).

Sebelumnya, saat penyerahan donasi, Pangdam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, mengapresiasi bantuan Forkas Jatim. "Nantinya, akan kami salurkan ke jajaran anggota yang ada di lapangan," ungkap Widodo.

Selama ini, sambung Widodo, jajaran anggota Kodam V/Brawijaya selama pandemi Covid-19 juga menjadi garda depan di masyarakat. Terutama para Bintara Pembina Desa (Babinsa). Namun karena Babinsa ini rata-rata sudah cukup senior dengan umur diatas 40 tahun, yang menurut aturan kesehatan sangat rentan terhadap Covid-19, sehingga kemudian dilakukan pergantian dengan yang lebih muda. Selanjutnya anggota Babinsa yang usianya diatas 40 tahun, ditarik untuk dinas di dalam.

"Sementara yang di lapangan, kami tugaskan yang lebih muda, karena secara kesehatan, memiliki imunitas yang lebih baik," jelas Widodo. Baca Juga: BPIP Ingatkan Keluarga TNI Bijak Bermedia Sosial

Widodo menambahkan, donasi Forkas Jatim berupa APD dan vitamin akan segera disalurkan. "Ini tentu akan menjadi amunisi tambahan untuk kesehatan dan keamanan Babinsa di lapangan ditengah pandemi Covid-19," tandas Widodo.

 



Sumber: BeritaSatu.com