Ini Kata Kabid Advokasi Gerindra Soal Video Affiati DPRD Cirebon

Ini Kata Kabid Advokasi Gerindra Soal Video Affiati DPRD Cirebon
Habiburokhman. (Foto: Antara)
Markus Junianto Sihaloho / JAS Jumat, 10 Juli 2020 | 19:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra, Habiburokhman, menyatakan seharusnya Ketua DPRD Cirebon Affiati tak perlu membacakan sumpah kesetiaan pada NKRI yang videonya kini viral di media sosial. Di sumpah itu di hadapan sejumlah anggota masyarakat itu, Affiati menyebut sumpah setia pada NKRI, anti-PKI, namun tidak anti-khilafah.

"Sumpah kesetiaan tak perlu. Karena anggota DPRD Kabupaten sudah mengucapkan sumpah jabatan pada saat pelantikan," kata Habiburokhman melalui layanan pesan elektronik, Jumat (10/7/2020) sore.

Menurutnya, sumpah jabatan itu sebagaimana diatur Pasal 369 UU nomor 13/2019 tentang Susunan dan Kedudukan MPR, DPR, DPD dan DPRD. Diapun membeberkan isi sumpah jabatan tersebut, seperti pasal yang termuat di UU dimaksud.

Ketika ditanya lebih jauh apakah Gerindra akan mengambil langkah terhadap Affiati karena video itu menjadi kontroversial, Habiburokhman mengatakan sejauh ini belum ada langkah ke sana. Sebab Gerindra meyakini masyarakat Cirebon yang akan mengoreksi bila tindakan yang bersangkutan dianggap kurang tepat.

"Tidak juga. Kalau tindakan dia tak tepat, ya biar dia dikoreksi masyarakat Cirebon," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com