Rumah Sakit di Sumut Mulai Kewalahan Tangani Pasien Covid-19

Rumah Sakit di Sumut Mulai Kewalahan Tangani Pasien Covid-19
Paramedis menangani pasien terinfeksi virus "corona". (Foto: AFP / Alberto Pizzoli)
Arnold H Sianturi / JAS Kamis, 9 Juli 2020 | 17:43 WIB

Medan, Beritasatu.com - Kasus positif Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) mengalami penambahan 108 orang menjadi 2.085 orang dari sebelumnya sebanyak 1.977 orang. Peningkatan jumlah kasus yang melonjak ini mengakibatkan rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 menjadi penuh.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan mengatakan, Pemkot Medan mengoptimalkan penanganan pasien terkait Covid-19 dirawat di Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) dan Gedung Lions Club.

"Memang beberapa hari terakhir, rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 sudah penuh. Kapasitas penuh karena kita giat melakukan tracing dan langsung menangani warga yang dinyatakan positif. Jumlah positif corona di Medan yang menjalani perawatan, sedikitnya 1.156 orang. Ini belum termasuk jumlah orang yang dibawa dan dirawat di Medan," ujar Mardohar, Kamis (9/7/2020).

Mardohar mengatakan, GTPP Covid-19 Kota Medan sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah rumah sakit rujukan dalam penanganan Covid-19. Sehingga, setiap pasien yang baru masuk dapat dirujuk ke Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) dan Gedung Lions Club.

"Ada 250 kamar yang disiapkan di Gedung P4TK, termasuk alat dan fasilitas kesehatan sudah disiapkan. Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) kategori ringan bisa menjalani perawatan di rumah. Namun, mereka tetap berada dalam pengawasan dari gugus tugas kecamatan. Untuk koordinasi terus berjalan," jelasnya.

Secara keseluruhan, Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprov Sumut) menyiapkan 1.537 kamar untuk menangani pasien positif corona. Setiap kamar diisi oleh satu orang pasien. Kapasitas penuh karena perawatan terhadap pasien dalam pengawasan (PDP), yang hasil spesimen swab belum keluar dari laboratorium Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU).

Juru Bicara GTPP Covid-19 Sumut, Whiko Irwan menyampaikan, dari 2.085 kasus positif Covid-19 di Sumut, kesembuhan bertambah 11 orang menjadi 514 orang, meninggal dunia bertambah 5 orang menjadi berjumlah 115 orang dan selebihnya menjalani perawatan di rumah sakit.

"Untuk PDP berjumlah 252 Orang dan orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 1690 orang. Jumlah pasien positif meningkat karena masifnya pemeriksaan. Ini membuktikan bahwa penyebaran dan penularan Covid-19 masih terjadi di tengah masyarakat. Kunci dalam menekan penularan ini adalah menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Adapun rumah sakit di Sumut yang menangani pasien Covid-19, yang 10 di antaranya ada di Medan, sesuai laporan dari Pemprov Sumut yakni, RSU Bunda Thamrin, RS Martha Friska, RS GL Tobing, RS Columbia Asia, RS Elisabeth, RSUP Haji Adam Malik, RSUD Perdagangan, RSU Murni Teguh, RSU Pirngadi, RSU Siloam, RS Rondahalim Simalungun, RS Parapat dan RS Sultan Sulaiman.

Kemudian, RSUD Padang Sidimpuan, RSUD Kumpulan Pane Tebing, RSU Advent Medan, Rumkit Putri Hijau, RS USU, RSUD Sibuhuan, RSU Sari Mutiara Medan, RS Citra Medika, RS Sinar Husni, RSUD Djasamen Saragih dan RS Pertamina P Brandan. 



Sumber: BeritaSatu.com