Kunjungi Beritasatu, Polri Siap Amankan Pilkada 2020

Kunjungi Beritasatu, Polri Siap Amankan Pilkada 2020
Direktur Pemberitaan Berita Satu Media Holdings (BSMH) Primus Dorimulu memperkenalkan jajaran redaksi BSMH saat menerima kunjungan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono dan tim ke Kantor Beritasatu Plasa, Jalan Gatot Subroto Kav 35-36 Jakarta, Rabu (8/7/2020). (Foto: Beritasatu Photo / Joanito de Soajoao)
Farouk Armaz / RSAT Rabu, 8 Juli 2020 | 20:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Polri siap mengamankan Pilkada serentak 2020. Sejumlah langkah telah disusun termasuk telegram Kapolri nomor 307 tanggal 16 Juni tentang rincian tahapan dan program jadwal yang dijadikan pedoman pengamanan Pilkada serentak 2020.

“Apapun kebijakan pemerintah maka kita bersama TNI akan selalu siap termasuk mengamankan Pilkada serentak 2020,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat kunjungan ke Berita Satu Media Holding, Rabu (8/7/2020).

Seperti diberitakan, Kapolri memang telah membuat perintah ke jajaran terkait Pilkada 2020. Pertama deteksi dini dan monitoring pasca turunnya aturan KPU nomor 5/2020 12 Juni. Kedua, koordinasi aktif dengan penyelenggara Pilkada dan lainnya serta menyusun rencana operasi di masing-masing wilayah dengan sandi operasi Mantap Praja 2020.

Menurut Argo, wilayah yang akan diamankan sebanyak 270  wilayah terdiri dari 224 kabupaten dan 36 kota di 9 provinsi. Khusus Pilkada Kota Makassar diulang pelaksanaannya sebab yang menang adalah kotak kosong.

Pelibatan pengamanan Polri sesuai dengan ketentuan yakni 2/3 personel Polri. Disamping itu akan dibantu oleh TNI dan Linmas amankan Pilkada

Pola pengamanan masih dalam perencanaan oleh Asisten Operasi. Ada indikator yang dikaji pertama dimensi penyelenggaran, kontestan, potensi gangguan kamtibmas, dan dimensi ambang gangguan.

Pola pengamanan juga dipengaruhi hasil pemetaan pengamanan Pilkada 2020. Seperti potensi konflik berdasar Pilkada sebelumnya. Adanya praktik politik uang, politik identitas, ujaran kebencian, dan kampanye hitam.

 



Sumber: BeritaSatu.com