Presiden Sebut Pembebasan Lahan Hambat Proyek Tol Cisumdawu

Presiden Sebut Pembebasan Lahan Hambat Proyek Tol Cisumdawu
Presiden Jokowi. (Foto: istimewa)
Lenny Tristia Tambun / DAS Selasa, 7 Juli 2020 | 11:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) terkendala karena proses pembebasan lahan yang terhambat.

“Terkait pembangunan jalan tol Cisumdawu, ini jalan tol penting sekali, tetapi terhambat. Saya melihat ada proses pembebasan lahannya yang terhambat,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas tentang Percepatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Trans-Sumatera dan Tol Cisumdawu secara virtual di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Tidak hanya itu, Jokowi melihat pengembalian dana talangan tanah juga terhambat karena urusan administrasi. Ia ingin permasalahan ini segera diselesaikan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)

Permasalahan lain yang ditemui, lanjut Jokowi, adalah masih belum lengkapnya peraturan teknis, baik di Kementerian ATR/BPN maupun Kementerian Keuangan. Karena itu Presiden  menugaskan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil dan Menteri Keuangan Sri Mulyani segera merampung seluruh regulasi yang dibutuhkan untuk proyek jalan tol Cisumdawu ini.

“Saya melihat ini banyak kendala aturan teknis dan prosedur administrasi yang terus berulang-ulang kita alami dan tidak ada penyelesaian secara permanen. Penyelesaiannya secara kasus per kasus. Kita buat regulasi yang sederhana, yang ringkas, yang cepat. Sebetulnya solusinya itu,” tegas Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com