Win Your Future 2020

Ajang Lomba Picu Kaum Muda Matangkan Rencana Bisnis

Ajang Lomba Picu Kaum Muda Matangkan Rencana Bisnis
Ilustrasi wirausaha muda (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Feriawan Hidayat / FER Sabtu, 4 Juli 2020 | 18:37 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat dan berperan untuk mendorong kemajuan ekonomi dan sosial. Salah satu yang harus didongkrak pertumbuhannya adalah kehadiran pengusaha yang adaptif dengan teknologi.

Baca Juga: Kempora Siap Cetak 5.000 Kader Wirausaha Muda

Kaum muda tentu memegang peranan yang sangat penting dalam hal ini, sebab masa depan bangsa ada di tangan mereka. Bagaimana respon dan kerja sama mereka akan menentukan kemajuan di Indonesia. Karena itu, sudah seharusnya kaum muda dibekali ilmu bisnis dan kewirausahaan yang tepat.

Berdasar pada hal tersebut, kompetisi Win Your Future 2020 bergulir untuk mencari anak muda yang visioner dan memiliki mimpi besar untuk sukses dalam bisnis.

Kompetisi yang diikuti 250 tim dari berbagai daerah ini, digelar eksklusif oleh Universitas Prasetiya Mulya dengan mengusung tema Business & Technology. Melalui tema tersebut, para peserta dapat mengembangkan kreasi dan inovasi di bidang apapun, namun tetap menggunakan unsur teknologi dalam menghasilkan produk bisnis.

"Kompetisi tahun ini sangat kompetitif. Dengan tingginya antusias peserta, berbagai proses pengembangan pengetahuan bisnis, kami desain untuk mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin bisnis masa depan," jelas Wakil Rektor I Bidang Pembelajaran Universitas Prasetiya Mulya, Prof Agus W Soehadi PhD, dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Sabtu (4/7/2020).

Baca Juga: Milenial Harus Mampu Ciptakan Peluang Usaha

Setelah proses seleksi, 80 tim semifinalis mendapat kesempatan workshop langsung dari para praktisi bisnis sekaligus faculty member Universitas Prasetiya Mulya.

Dalam salah satu sesi workshop, manager program S1 Business Universitas Prasetiya Mulya, Sonny Agustiawan ST MT, memberikan pengetahuan mengenai business plan yang berbasis pada inovasi dan orientasi pasar.

"Harapannya, peserta tidak hanya dapat membuat bisnis yang inovatif, namun juga memiliki keunggulan daya saing dalam jangka waktu yang panjang,” jelas Sonny Agustiawan.

Setelah melalui rangkaian seleksi, workshop, mentoring, hingga presentasi final, Win Your Future 2020 menetapkan tim Tovee (SMA Victory Plus Bekasi) sebagai juara I business plan competition kategori SMA. Disusul dengan Tim Helios (SMA Unggulan CT Foundation Deli Serdang) menduduki juara II dan tim Lehlang (SMA St Laurensia Alam Sutera) sebagai juara III.

Baca Juga: Tancorp Dorong Pertumbuhan Wirausaha Muda

Sedangkan untuk kategori universitas, tim Chem Bucket (Institut Teknologi Bandung) berhasil meraih juara I, tim Genesis (Universitas Gadjah Mada) menjadi juara II, dan tim Tridentist (Institut Teknologi Sepuluh November) sebagai juara III.

Perwakilan dewan juri Win Your Future 2020, Fredy Utama MM, menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya untuk energi dan semangat luar biasa dari seluruh partisipan di kompetisi ini.

"Melalui ide bisnis yang anda sampaikan, tidak diragukan Indonesia tidak akan kehabisan generasi muda dalam berinovasi, kreatif, dan tentunya memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi,” pungkas Fredy.

 



Sumber: BeritaSatu.com