Bamsoet: Jangan Jadikan Perbedaan Sebagai Sumber Perpecahan

Bamsoet: Jangan Jadikan Perbedaan Sebagai Sumber Perpecahan
Bambang Soesatyo. (Foto: Antara)
Markus Junianto Sihaloho / CAH Jumat, 3 Juli 2020 | 20:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan deradikalisasi terhadap pelaku, korban, maupun orang-orang yang berada dalam lingkaran terorisme, bukan hanya tugas negara. Melainkan perlu didukung dan melibatkan berbagai kelompok organisasi masyarakat dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebagai leading sektornya.

Kata Bamsoet, sapaan akrabnya, MPR senantiasa mendukung upaya kontraradikalisasi yang dilakukan BNPT melalui berbagai cara. Dari mulai narasi, sosialisasi, tindakan, maupun menyusup ke dalam jaringan teroris.

Baca Juga: Bamsoet: Gaungkan Kembali Ekonomi Pancasila

Dukungan itu diwujudkan lewat program Empat Pilar MPR yang juga senantiasa menggugah kesadaran kolektif bangsa. Bahwa kemajemukan Indonesia adalah berkah dari Tuhan Yang Maha Esa yang perlu dirawat bersama.

"Jangan memutarbalikan agama sebagai sumber perpecahan, maupun menjadikan perbedaan sebagai sumber pertikaian," ujar Bamsoet, Jumat (3/7/2020).

Pada kesempatan itu, Bamsoet mengatakan para pelaku, korban, maupun orang-orang yang berada dalam lingkaran terorisme untuk di deradikalisasi sebaiknya tak ditolak. Karena bisa jadi mereka menjadi radikal salah satunya karena tak mengenal Pancasila. 

Baca JugaHUT Bhayangkara, Ketua MPR Dorong Polri Kedepankan Pendekatan Humanisme

Apalagi kini penyebaran paham radikal kini sudah sangat gampang dijangkau masyarakat, yang salah satunya melalui media sosial. Karena itu, BNPT bersama aparatur pemerintahan lainnya harus senantiasa giat melakukan patroli siber.

"Atas dasar itu jugalah, kini saya pribadi menggunakan media sosial Youtube melalui akun Bamsoet Channel untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI kepada para netizen dari mulai millenial, Gen Z, hingga baby boomer. Sehingga bisa turut membanjiri media sosial dengan konten kebangsaan," pungkas Bamsoet.



Sumber: BeritaSatu.com