Gubernur Sumut Minta Petahana Berlaku Adil Saat Pilkada Serentak

Gubernur Sumut Minta Petahana Berlaku Adil Saat Pilkada Serentak
Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi. (Foto: ANTARA FOTO)
Arnold H Sianturi / JAS Jumat, 3 Juli 2020 | 14:27 WIB

Medan, Beritasatu.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi mengharapkan, kepala daerah yang maju sebagai petahana dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak pada 9 Desember 2020 mendatang, berlaku adil dan bertanggung jawab.

Harapan itu dikemukakan Edy Rahmayadi dalam rapat koordinasi penyelenggaraan pilkada serentak bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD di Hotel Grand Aston Medan, Jumat (3/7/2020).

Edy menyampaikan, pilkada serentak yang merupakan milik masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya tersebut, diharapkan dapat membawa kebahagiaan layaknya penyelenggaraan pilkada sebagai pesta demokrasi untuk rakyat.

"Saya tidak menginginkan pesta demokrasi ini justru berubah menjadi mencekam nantinya. Tugas kami hanya memfasilitasi penyelenggaraan pilkada dan membiarkan masyarakat menentukan hak pilihnya," kata mantan Pangkostrad ini.

Menurutnya, persiapan pilkada harus sudah disiapkan secara matang. Termasuk berkoordinasi dengan aparat dan penyelenggara pemilu, dalam mengantisipasi segala bentuk kecurangan menjelang dan saat pilkada dilaksanakan.

"Kita tidak mau di tengah pandemi Covid-19 ini ada suasana mencekam yang bisa menimbulkan kerumunan massa. Ini berpotensi menimbulkan klaster baru di tengah pandemi Covid-19. Saya tidak bisa membayangkan ini jika terjadi," sebutnya.



Sumber: BeritaSatu.com