Anggota KPU dan Bawaslu di Sumut Wajib Rapid Test Covid-19

Anggota KPU dan Bawaslu di Sumut Wajib Rapid Test Covid-19
Petugas kesehatan menunjukkan sampel saat diagnostik cepat COVID-19 atau Rapid Test. (Foto: Beritasatu Photo / Uthan A Rachim)
Arnold H Sianturi / JEM Senin, 29 Juni 2020 | 13:10 WIB

Medan, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mewajibkan seluruh petugas penyelenggara pemilu di daerah ini untuk mengikuti rapid test sebelum pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumut, Alwi Mujahit mengatakan, upaya rapid test ini diwajibkan kepada petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di tingkat [provoinsi, kabupaten dan kota, supaya pemilu berjalan dapat lancar.

"Sudah ada kesepakatan dari semua pihak yang terkait, mulai dari pemerintah, penyelenggara pemilu, petugas kesehatan, pemuka agama dan tokoh masyarakat, rapid test Covid-19 mutlak dilakukan," ujar Alwi Mujahit, Senin (29/6/2020).

Alwi menyampaikan, rapit test terhadap penyelenggara pilkada ini dilakukan untuk memastikan mereka tidak terpapar virus corona. Sehingga, penyelenggaraan pilkada tidak sampai menimbulkan penularan virus dan mengantisipasi klaster baru.

"Setiap petugas KPU, Bawaslu, aparat keamanan sampai petugas di tempat pemungutan suara (TPS), juga diwajibkan menggunakan alat pelindung diri saat pesta demokrasi itu berjalan," katanya.

Selain itu, pelaksanaan pilkada juga harus menerapkan protokol kesehatan. Setiap TPS juga harus dilengkapi dengan tempat menyuci tangan, hand sanitizer, thermo gun, penerapan physical distancing dan semua harus pakai masker.

Adapun 23 kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang meliputi, Kota Medan, Binjai, Pematang Siantar, Sibolga, Gunung Sitoli dan Tanjung Balai.

Untuk pilkada di kabupaten yakni, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Simalungun, Asahan, Tanah Karo, Pakpak Bharat, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan. Kemudian, Kabupaten Toba, Samosir, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Nias, Nias Utara, Nias Barat dan Nias Selatan. 

 



Sumber: BeritaSatu.com