Pemprov Sumsel Akan Bangun Kembali Jembatan Putus Diterjang Banjir

Pemprov Sumsel Akan Bangun Kembali Jembatan Putus Diterjang Banjir
Ilustrasi banjir bandang. (Foto: Antara / Nazran)
/ YS Sabtu, 16 Mei 2020 | 18:31 WIB

Palembang, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan membangun kembali jembatan yang putus di Desa Pulau Negara, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, akibat diterjang banjir bandang beberapa waktu lalu.

Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Sabtu (16/5/2020) mengatakan, pembangunan kembali jembatan yang rusak ini dilakukan agar transportasi dapat berjalan lagi seperti biasa.

“Kita akan bangun kembali jembatan khusus roda dua di desa Pulau Negara Kecamatan Buay Pemuka Peliung yang saat ini porak poranda akibat diterjang derasnya arus sungai Komering," ujarnya.

Menurut dia, kondisi jembatan tersebut yang saat ini sudah hancur, membuat aktivitas masyarakat terhenti total sehingga mempengaruhi roda perekonomian masyarakat.

Jembatan itu saat ini merupakan sarana penghubung transportasi, baik yang biasa menggunakan untuk membawa hasil panen, maupun akses warga yang hilir mudik ke beberapa desa.

Herman memastikan pihaknya telah melakukan peninjauan sekaligus memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena banjir bandang tersebut.

Dengan adanya pembangunan kembali jembatan tersebut, ia mengharapkan aktivitas perekonomian masyarakat di daerah itu normal kembali.

Sebelumnya, Bupati Ogan Komering Ulu Timur HM Kholid Mawardi mengatakan banjir di kabupaten itu terjadi akibat luapan Sungai Komering yang terus meluas hingga delapan kecamatan dan berdampak kepada 6.637 KK.

Dalam menangani dampak banjir ini, Pemkab Ogan Komering Ulu Timur telah berupaya melakukan evakuasi warga yang terdampak paling parah, dan juga membagikan sejumlah sembako dan kebutuhan air bersih.



Sumber: ANTARA