Warga Bengkulu Positif Covid-19 Bertambah 2 Orang

Warga Bengkulu Positif Covid-19 Bertambah 2 Orang
Ilustrasi penanganan pasien terinfeksi "corona". ( Foto: Antara )
Usmin / JAS Jumat, 10 April 2020 | 19:15 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Warga Bengkulu yang positif terjangkit virus corona bertambah 2 orang, sehingga warga daerah ini yang positif terpapar Covid-19 menjadi 4 orang.

"Warga Bengkulu positif terpapar Covid-19 bertambah 2 lagi, sehingga jumlahnya menjadi 4 orang. Mereka kini menjalani perawatan intensif dan isolasi di RSUD M Yunus Bengkulu," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, di Bengkulu, Jumat (10/4/2020).

Ia mengatakan, pada 31 Maret dan 4 April 2020 lalu, Dinkes Bengkulu mengirim 7 sampel swab ke Laboratorium Kesehatan di Palembang, Sumsel dan hasilnya 2 positif dan 5 negatif.

Pasien yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 langsung diisolasi dan dirawat di RSUD M Yunus Bengkulu. Bagi pasien negatif tetap dipantau selama 14 hari guna memastikan mereka benar-benar aman dari terangkit virus corona.

Selain itu, Dinkes Bengkulu juga melakukan penyusuran orang-orang yang kontak langsung dan berinteraksi dengan 2 pasien positif terkangkit Covid-19 tersebut. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut kepada orang lain.

"Jika orang yang pernah kontrak langsung dengan pasien Covid-19 tersebut, ditemukan langsung menjalani pemeriksaan cepat menggunakan rapid test dan uji sampelnya akan kita kirimkan ke laboratorium kesehatan di Palembang guna memastikan mereka terjangkit atau tidak," ujarnya.

Herwan menambahkan, bila hasil rapid test menyatakan positif, maka orang bersangkutan langsung dirujuk ke RSUD M Yunus Bengkulu bagi yang tinggal di Kota Bengkulu. Bagi mereka yang menetap di luar Bengkulu akan menjalani perawatan di RSUD setempat," ujarnya.

Dua pasien yang positif terpapar virus corona ini sebelumnya memiliki riwayat perjalanan ke daerah zona merah Covid-19, salah satu di Pulau Jawa. "Dia pasien Covid-19 ini terjangkit bukan di Bengkulu, tetapi di daerah zona merah yang mereka kunjungi," ujarnya.

Dijelaskan, hingga Jumat (10/4/2020) sore, warga Bengkulu berstatus orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 tercatat sebanyak 34 orang. Dari jumlah itu, satu PDP masih berusia 14 tahun. Sedangkan warga positif Covid-19 tercatat 4 orang dan kini menjalani perawatan di RSUD Yunus Bengkulu.

Sedangkan warga yang meninggal terjangkit virus corona di Bengkulu, sampai saat ini tercatat 5 orang, 2 orang di antaranya merupakan warga Palembang dan Lampung. Sedangkan 3 orang lagi warga Bengkulu.



Sumber: BeritaSatu.com