Masyarakat Diminta Tidak Kucilkan Tenaga Medis Covid-19

Masyarakat Diminta Tidak Kucilkan Tenaga Medis Covid-19
Paramedis menangani pasien terinfeksi virus "corona". (Foto: AFP / Alberto Pizzoli)
Arnold H Sianturi / JAS Jumat, 10 April 2020 | 15:05 WIB

Medan, Beritasatu.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara meminta masyarakat untuk melakukan pengucilan apalagi penolakan terhadap paramedis yang pulang ke rumah untuk beristirahat setelah berjuang menangani pasien Covid-19.

"Kami sudah mendapatkan informasi bahwa ada masyarakat yang mengucilkan," ujar Koordinator Medis dan Paramedis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Restuti Hidayani Saragih, Jumat (10/4/2020).

Restuti menegaskan, sikap yang diperlihatkan sebagian masyarakat terhadap para medis justru bisa menurunkan semangat, soliditas dan persatuan tenaga medis, yang sedang berjuang memerangi virus corona atau Covid-19.

"Jika masih ada masyarakat yang melakukan penolakan atas kepulangan tenaga medis untuk beristirahat di rumahnya, maka ini bisa dikategorikan melanggar hukum. Mereka pulang setelah melakukan sterilisasi," katanya.

Restuti mengharapkan, masyarakat memberikan perlakukan yang positif terhadap tenaga medis. Sama seperti yang dilakukan warga di Tiongkok, yang menyambut kepulangan tenaga medis sebagai pahlawan.

"Saya mohon dengan sangat kesadaran kita semua, bahwa tim medis paramedis dan tenaga pendukung lainnya adalah yang memperjuangkan hidup anda, hidup kita semua warga Sumut," sebutnya. 



Sumber: BeritaSatu.com