Logo BeritaSatu

Ganjar: Perlu Sinkronisasi Data agar Jaring Pengaman Sosial Tidak Tumpang Tindih

Jumat, 10 April 2020 | 09:03 WIB
Oleh : Stefi Thenu / FMB

Semarang, Beritasatu.com - Pemerintah Pusat hingga pemerintahan di level desa saat ini telah melakukan relokasi dan realokasi anggaran secara besar-besaran untuk menangani virus corona (Covid-19).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, saat ini yang diperlukan adalah sinkronisasi pendataan agar bantuan yang bakal dikucurkan tidak overlap atau tumpang tindih.

Dari hasil refocusing APBN, Pemerintah Pusat telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 405 triliun. Di level pemerintah provinsi, Jawa Tengah misalnya telah mengalokasikan Rp 2 triliun. Dana tersebut masih ditambah dengan hasil relokasi dan realokasi anggaran yang dilakukan pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah desa.

"Masing-masing pemerintah yang punya APBD mereka melakukan rasionalisasi, realokasi dan relokasi. Selanjutnya adalah menghitung bagaimana bantuan diberikan dari pemerintah pusat hingga level desa," kata Ganjar, Kamis (9/4/2020).

Hal tersebut Ganjar sampaikan saat mengikuti konferensi video selama 3 jam bersama sejumlah menteri dan pimpinan daerah dalam mengantisipasi Covid-19.

Dalam pembahasan jaring pengaman ekonomi, dia berpendapat, mesti ada data siapa saja yang menerima bantuan Pemerintah Pusat melalui kementerian agar masyarakat yang belum masuk data tersebut bisa dilindungi oleh pemerintah daerah.

"Itu pun akan kita (Pemprov Jateng) sinkronisasi dengan kabupaten kota agar tidak overlap. Sehingga yang saya tawarkan, desa dihitung dulu, Kemensos dimasukkan dulu, jadi kami bisa menambahi kabupaten kota mana yang kurang. Sehingga nanti proporsionalitasnya berdasarkan kebutuhan yang memang tidak sama," katanya.

Selain itu, dengan pendataan tersebut dimaksudkan agar warga yang saat ini berada di luar wilayah turut ter-cover. Menurut Ganjar, untuk kasus itu mesti juga didukung dengan koordinasi antar wilayah.

"Saya menyampaikan, apakah orang yang tidak ber-KTP Jabodetabek akan mendapat jaminan? Tapi jawabannya hanya akan didata. Maka saya memerintahkan dinsos menghubungi dinsos Jabar dan DKI Jakarta," katanya.

Selain bantuan kepada masyarakat, pembahasan nasib pekerja serta keberlangsungan koperasi simpan pinjam juga masuk dalam pembahasan jaring pengaman ekonomi tersebut.

Khusus untuk pemerintah desa, lanjut Ganjar, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal kembali menegaskan bahwa dana desa bisa digunakan dalam penanganan Covid-19, khususnya untuk dukungan logistik.

"Untuk koperasi simpan pinjam nanti Menteri Koperasi segera turun. Sementara untuk tenaga kerja, tadi Menteri Tenaga Kerja mengatakan agar buruh dan pengusaha komunikasi intens. Sehingga diharapkan kondisi perusahaan bisa dipahami kedua pihak, dan Jawa Tengah sudah membicarakan itu," kata Ganjar.

Salah satu menteri yang turut dalam konferensi video tersebut adalah Juliari Batubara. Politisi PDIP yang sekarang menjabat Menteri Sosial tersebut menyampaikan agar antarprovinsi intens berkoordinasi. Untuk bantuan sosial, Juliari mengatakan saat ini pihaknya tengah mematangkan pendataan.

"Saat ini kami masih mengucurkan bantuan untuk wilayah Jabodetabek. Nanti pada tanggal 20 April akan kita lakukan serentak," tandasnya.

Selain Juliari Batubara, turut serta pula Menkopolhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Mendagri Tito Karnavian, Menkeu Sri Mulyani, Menakertrans Ida Fauziah dan Mendes PDT. Selain itu ikut juga Ketua Gugus Tugas Doni Monardo.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pekan Ini Airlangga Akan Bertemu Puan Maharani

Ketua DPP PDIP Puan Maharani melanjutkan safari politik dalam pekan ini dengan mengunjungi Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto

NEWS | 5 Oktober 2022

Aster Kasad Berharap Jajaran TNI AD Mampu Adaptif, Aktual dan Responsif

Aster Kasad, Mayjen TNI Karmin Suharna meminta Apkowil TNI AD tidak terlalu buta dengan perkembangan ekonomi secara global.

NEWS | 6 Oktober 2022

Bertemu Ketua Parlemen Ukraina, Puan Dorong Perdamaian dengan Rusia

Bertemu Ketua Parlemen Ukraina, Puan Maharani mendorong agar terciptanya perdamaian antara Ukraina dan Rusia yang hingga kini masih berperang.

NEWS | 6 Oktober 2022

TerateCash Wadahi Jutaan Pesilat PSHT dalam Aplikasi

PT Infesta Teknologi Indonesia merilis aplikasi TerateCash sebagai wadah anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

NEWS | 5 Oktober 2022

Nasdem Capreskan Anies, Airlangga Sebut Golkar Fokus KIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara soal langkah Partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024

NEWS | 5 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Mulai Terjun ke Malang

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) mulai terjun ke lapangan dalam rangka mengusut tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Pesparani Katolik II Siap Digelar di Kupang

Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional II siap digelar di Kupang pada 28 - 31 Oktober 2022 mendatang

NEWS | 5 Oktober 2022

Segera Disidang, Pengacara Harap Bharada E Bisa Bebas

Pengacara Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ronny Talapessy mengungkapkan harapannya menjelang persidangan yaitu bisa bebas

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi: MK Pilar Utama Penegakan Keadilan Konstitusional

Jokowi mengatakan, Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan pilar utama dalam menegakkan constitutional justice (keadilan konstitusional)

NEWS | 5 Oktober 2022

Deputi Pencegahan KPK Diadukan ke Dewas, soal Apa?

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan diadukan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pekan Ini Airlangga Akan Bertemu Puan Maharani

Pekan Ini Airlangga Akan Bertemu Puan Maharani

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings